TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rafathar Kena Alergi, Nagita Slavina Curhat Pengalaman Mengatasinya

Mama Gigi: Penting untuk mencari tahu penyebab alergi pada anak

Nagita Slavina baru-baru ini berbagi cerita tentang pengalaman putra pertamanya, Rafathar, yang terkena alergi. Sebagai seorang mama, perempuan yang akrab disapa Mama Gigi itu membagikan berbagai tantangan dan langkah yang diambil untuk mengatasi kondisi sang anak.

Ditemui dalam acara peluncuran Cessa Personal Care – Hair & Body Wash dan Hair Lotion, pada (26/07/2024) di Mal Kota Kasablanka, ia menyebutkan bahwa sebelumnya sang putra tidak pernah mengalami alergi, kondisi ini baru diketahui saat usianya menginjak 7 tahun.

Berikut Popmama.com rangkumkan cerita Mama Gigi yang membagikan pengalamannya menghadapi Rafathar saat kena alergi. Bisa jadi inspirasi untuk menghadapi alergi anak di rumah, Ma.

1. Ketahui penyebab anak alergi

Popmama.com/Sarah

Memiliki pengalaman anak yang pernah kena alergi membuat istri dari Raffi Ahmad itu harus lebih aware terhadap apapun yang anaknya konsumsi. Ya, Rafathar sendiri diketahui mengalami alergi makanan, yaitu udang.

"Aku tuh akhirnya setelah bertahun-tahun (baru tau), alerginya baru keluar. Jadi alergi udang lah, yang kayak biduran gitu. Sebelumnya makan udang dari dulu gapapa," ujar Nagita Slavina menjelaskan.

Salah satu tips yang dibagikan oleh Mama Gigi dalam mengatasi anak yang alergi adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. 

Nah, setelah mengetahui bahwa putra sulungnya alergi udang, maka sebagai Mama ia akan menghindari pemberian udang yang berpotensi memicu munculnya alergi pada sang anak.

2. Konsultasi dengan dokter

Pexels/Karolina Grabowska

Perlu diketahui bahwa alergi yang muncul pada tiap anak bisa berbeda-beda, Ma. Mulai dari yang ringan, sampai yang berat tergantung dari jenis alergan yang memicunya.

Pada kasus alergi yang dialami Rafathar, putra pertama pasangan Mama Gigi dan Papa Raffi ini rupanya alergi dengan makanan udang yang membuat reaksi pada tubuhnya timbul biduran dan gatal-gatal.

Masih dalam pengalaman yang dibagikan oleh Mama Gigi, ia menjelaskan bahwa penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengedukasi diri demi menjaga kesehatan anak-anak.

Selain menghindari makanan udang untuk diberikan kepada putranya, Mama Gigi juga menyebutkan bahwa konsultasi dengan dokter kini bisa lebih mudah dilakukan secara online, sehingga orangtua bisa lebih mudah menangani anak saat mengalami suatu kondisi tertentu, termasuk saat alergi.

"Jadi ya penting banget sih kita cari tau, jadi handphone tuh nggak cuma dipake buat foto-foto anak doang atau socmed buat liat gosip aja. Apalagi sekarang semua dokter tuh kan udah punya Instagram, carilah tau yang lebih baik buat anak yang mana," sambung Mama Gigi menjelaskan.

3. Berbagai cara atasi alergi makanan pada anak

freepik

Saat anak mengalami alergi karena suatu makanan tertentu, salah satu reaksi atau gejala yang ditimbulkan adalah biduran seperti yang dialami oleh Rafathar.

Nah, ketika anak mama mengalami kondisi serupa, maka ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, berikut di antaranya:

  • Hentikan konsumsi makanan pemicu alergi.
  • Gunakan pakaian yang longgar agar anak lebih nyaman.
  • Kompres dingin biar kulit yang biduran atau gatal lebih mereda.
  • Konsumsi obat atau gunakan salep alergi yang diresepkan dokter.

Gatal alergi makanan sebenarnya tidak akan terjadi selama Mama bisa menghindari pemberian makanan pemicu pada anak. Tapi jika memang anak terlanjur memakannya, maka cara-cara di atas bisa membantu meredakan gejalanya.

Jika cara di atas masih belum juga ampuh meredakan alergi yang dialami anak mama, atau bahkan kondisinya lebih buruk, maka segera bawa anak mama ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

The Latest