TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024, Diperingati 1 Oktober

Jadi peringatan penting dalam sejarah Indonesia, ini tema Hari Kesaktian Pancasila 2024

Freepik

Setiap tanggal 1 Oktober, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen penting untuk merefleksikan sejarah bangsa.

Hal ini tentunya bisa jadi ajang pembelajaran bagi para orangtua untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada anak sejak dini.

Nah, di tahun 2024 ini, tema yang diangkat kembali menekankan pentingnya Pancasila sebagai landasan ideologis dalam menjaga kesatuan dan kedaulatan negara.

Untuk informasi lebih lanjut terkait tema Hari Kesaktian Pancasila 2024, berikut Popmama.com rangkumkan dalam artikel berikut ini.

1. Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024

Unsplash/Lintang Drestanta

Hari Kesaktian Pancasila 2024 ini diperingati sebagai peringatan ke-59. Untuk peringatan tahun ini, tema upcara Hari Kesaktian Pancasila 2024 adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Tema tersebut sebagaimana dilansir dari situs resmi Kembikbud, yang mana mengandung makna mendalam bagi perjalanan bangsa Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

Secara keseluruhan, tema ini merupakan ajakan untuk bergotong royong mewujudkan visi besar Indonesia di tahun 2045, di mana Pancasila berperan sebagai pedoman utama dalam meraih kemajuan dan kesejahteraan.

2. Diadakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Unsplash/Mufid Majnun

Sama seperti peringatan hari sejarah lainnya, Hari Kesaktian Pancasila 2024 juga akan dilaksanakan upacara bendera yang dilakukan tepat di hari peringatan tersebut, yaitu 1 Oktober 2024/

Puncak peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 sendiri akan diselenggarakan dengan upacara bendera di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur, mulai pukul 08.00 - 08.31 WIB.

Selain itu, berbagai instansi termasuk sekolah pun biasanya akan menyelenggarakan upcara peringatan tersebut untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada seluruh muridnya.

Upacara ini merupakan momen penting untuk mengenang kembali perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

3. Bedanya Hari Kesaktian Pancasila dengan Hari Kelahiran Pancasila

Freepik/jcomp

Selain Hari Kesaktian Pancasila, masyarakat Indonesia juga setiap tahunnya memeringati dua peringatan nasional tentang Pancasila yaitu Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada setiap 1 Juni.

Lalu, apa yang membedakan kedua hari besar tersebut? 

Dalam sejarahnya, hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni menjadi momen penting perumusan dasar negara dalam sidang BPUPKI. Nah, hasil perumusan dasar inilah yang melahirkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Sementara Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober berkaitan dengan momen pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh PKI (G30S/PKI), yang mana pada tahun ini sudah masuk pada peringatan ke-59 dalam sejarahnya.

Itu dia tema Hari Kesaktian Pancasila 2024, yang mana peringatannya dilakukan setiap tahun pada tanggal 1 Oktober. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan terkait sejarah bangsa untuk anak-anak kita, ya.

Baca juga:

The Latest