TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Istilah Sehari-hari Bahasa Inggris Gen Alpha yang Viral

Gen Alpha mengikuti perkembangan kata-kata di internet dari meme, gambar atau media sosial

Pexels/Norma Mortenson

Generasi Alpha, atau biasa dikenal sebagai generasi yang lahir mulai tahun 2010-an hingga awal 2020-an ternyata punya tren bahasa yang unik dan segar. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka sering menggunakan istilah-istilah baru yang dipengaruhi oleh dunia digital dan budaya pop.

Berbeda dari generasi sebelumnya, kosakata mereka kaya akan frasa yang terinspirasi dari meme, platform media sosial, hingga video game.

Saat ini sedang viral istilah sehari-hari bahasa InggrisGen Alpha slang yang beredar di media sosial. Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya!

Kumpulan Slang Words Gen Alpha

1. Bursting

Freepik

Bursting berasal dari kata "burts" (verb). Meski begitu penggunaan dan arti kata antara bursting dan burts sangat berbeda.

Burts diartikan sebagai pecah, jebol, meluap atau meledak. Di sini "burts" berperan sebagai verb atau kata kerja. Sementara "bursting" memiliki makna lain.

Bursting mengubah kata "burst" menjadi kata sifat karena ada tambahan 'ing di bagian akhirnya. Artinya pun berbeda yakni penuh dengan..., tidak sabar, penuh hingga diartikan sebagai menahan pipis.

Istilah bursting yang digunakan untuk mengungkapkan rasa ingin ke toilet segera banyak dipakai oleh generasi Alpha lho. Ini menjadi kata kekinian yang sedang tren.

2.  A pickle

Freepik/jcomp

Kata "a pickle" jika diartikan secara langsung yakni bermakna acar. Namun, kata ini ternyata bisa dimaknai hal lain lho. Malah artinya sangat berbeda dari arti aslinya.

Misalnya kalimat "I’m in a pickle" maknanya bisa menyiratkan saya dalam masalah atau sedang dalam keadaan tertekan. Ini merupakan frasa-frasa yang umum digunakan dalam kehidupan sehari dalam bahasa Inggris.

3.  Stuffed

Freepik/benzoix

Mirip seperti "a pickle", satu ungkapan lain yang kerap digunakan untuk mengungkapkan perasaan yakni "stuffed". Kata "stuffed" memiliki arti diisi atau terisi, atau penuh.

Namun jika ada "I am stuffed" maka artinya cukup berbeda. Kalimat ini digunakan untuk mengungkapkan rasa kenyang. Kamu bisa memakainya untuk menolak ajakan makan seseorang atau pemberian makanan dari orang lain.

4. Pissed of

Freepik/YuliiaKa

Apa kata yang mengungkapkan kita sedang marah dalam Bahasa Inggris? Biasanya ungkapan angry biasa digunakan. Namun, ada kata lain yang membuat kata atau ungkapan marah bisa level up.

Kata itu adalah "pissed off" yang biasanya digunakan sebagai ungkapan saat jengkel atau marah. Contoh kalimatnya yakni "I am pissed off" (saya jengkel/ marah) atau "Lena is pissed off by her friends behavior (Lena merasa jengkel dengan tingkah laku teman-temannya).

5. Wrecked

Freepik/user17067123

Dalam Bahasa Inggris, arti kata "wrecked" yakni hancur. Namun, jika dirangkai dalam satu kalimat bisa mengungkapkan makna lain.

Dalam kalimat "I am wrecked" misalnya, ini bisa mengungkapkan rasa lelah yang dialami. Bukan hancur seperti makna aslinya.

6. GOAT

Freepik

Sekilas, kata goat ini berarti kambing. Namun, penulisan yang menggunakan huruf kapital yaitu "GOAT" menunjukkan makna lain.

Singkatan dari "GOAT" artinya "greatest of all time". GOAT berarti sesuatu yang sangat bagus. Dalam dunia olahraga, istilah ini sudah lama digunakan. Namun, bagi generai Alpha kata GOAT baru viral belakangan karena kerap berseliweran di media sosial.

7. Ate

Freepik

Sering menemukan komentar "he ate and left no crumbs"? Jika iya, secara harfiah, "ate" memang bentuk kata kerja lampau bahasa Inggris yang berarti makan.

Namun, dalam kamus istilah sehari-hari Bahasa Inggris gen Alpha, kata "ate" berarti sudah melakukan sesuatu dengan baik. Kadang "ate" disandingkan dengan "left no crumbs'" atau tidak meninggalkan sisa. Hal ini berarti seseorang telah melakukan sesuatu yang luar biasa baik.

8. Negative aura

Freepik

Mirip dengan perkembangan istilah sehari-hari Bahasa Inggris sebelumnya, setiap generasi pasti akan ada perubahan. Salah satunya di generasi Alpha ada istilah "negative aura".

Arti dari dua kata tersebut bukan karena mereka bisa membaca aura negatif seseorang. Arti dari "negative aura" lebih ke bad vibes atau punya aura yang kurang baik. Ini disandingkan dengan sifat, karakter atau pembawaan orang tersebut kepada sekitarnya.

9. Flexing

Freepik

Kata "flexing" dalam bahasa Inggris awalnya berasal dari istilah "flex", yang artinya menunjukkan kekuatan atau kemampuan. Dalam konteks saat ini di generasi Alpha, kata "flexing" merujuk pada perilaku memamerkan sesuatu, seperti kekayaan, prestasi, atau barang mewah, dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian atau menunjukkan status sosial.

Di media sosial kata ini sering digunakan dalam konteks negatif, merujuk pada orang yang terlalu berlebihan dalam memamerkan hal-hal yang mereka miliki atau capai, sehingga terlihat sombong atau tidak tulus.

10. Periodt

Freepik/shurkin_son

Kata "periodt" adalah versi slang dari kata period dalam bahasa Inggris, yang digunakan untuk menegaskan pernyataan atau argumen. Ini memberikan penekanan bahwa tidak ada lagi yang perlu didiskusikan atau diperdebatkan. 

Tambahan huruf “t” di akhir kata ini digunakan untuk memberikan penekanan ekstra dan sering kali dikaitkan dengan ekspresi tegas atau sikap percaya diri.

Biasanya, kata periodt dipakai di akhir kalimat untuk menutup pernyataan dengan tegas, mirip dengan mengatakan "itu sudah final" atau "tidak ada bantahan lagi".

Istilah ini sering digunakan di kalangan Gen Alpha karena banyak meme di media sosial menggunakan kata ini.

Itulah tadi istilah sehari-hari bahasa Inggris Gen Alpha Slang yang viral. Mana kata yang sering diungkapkan nih?

Baca juga:

The Latest