TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa itu Lubang Hitam? Dapat Lempar Planet Keluar Dari Orbit!

Lubang hitam merupakan objek misterius yang berada di ruang angkasa

Banyak sekali objek-objek yang terdapat di ruang angkasa, mungkin yang paling dikenal adalah bintang, meteorid, asteroid, ataupun komet. Namun, ternyata terdapat sebuah objek misterius yang bernama lubang hitam. 

Bayangkan sebuah tempat di ruang angkasa di mana gravitasi begitu kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak bisa lolos darinya. Bahkan, lubang hitam dikatakan dapat melempar sebuah planet keluar dari orbitnya.

Meski terdengar menyeramkan, lubang hitam adalah bagian penting dari kosmos yang membantu kita memahami bagaimana alam semesta bekerja.

Kali ini Popmama.com akan memberikan informasi tentang apa itu lubang hitam atau blackhole? Simak informasinya di bawah ini.

1. Proses terjadinya lubang hitam

nasa.gov

Mengutip dari laman NASA black hole atau lubang hitam adalah  konsentrasi materi yang sangat besar yang dikemas dalam ruang yang sangat kecil. Lubang hitam sangat padat sehingga gravitasi tepat di bawah permukaannya cukup kuat sehingga tidak ada apa pun, dan bahkan cahaya tidak dapat lolos.

Lubang hitam berasal dari runtuhnya bintang besar yang kehabisan bahan bakar nuklirnya, menyebabkan intinya kolaps dan menciptakan tarikan gravitasi ekstrem dan membentuk sebuah event horizon atau cakrawala peristiwa. Cakrawala peristiwa inilah yang nantinya akan membentuk sebuah lubang hitam.

2. Benarkah lubang hitam dapat melempar sebuah planet

nasa.gov

Lubang hitam merupakan objek yang masih sangat misterius. Para peneliti menemukan bahwa gravitasi dari lubang hitam dapat membuat sebuah planet terlempar dari orbitnya. Planet-planet yang terlempar ini akan bergerak dengan kecepatan dari 11 - 48 juta kilometer per jam.

Avi Loeb, peneliti di Harvard Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusets, Amerika Serikat mengatakan bahwa planet yang terlempar oleh lubang hitam akan menjadi objek yang bergerak paling cepat se galaksi. Perlu diketahui, kecepatan dari lemparan tersebut 450 kali lebih cepat daripada kecepatan revolusi Bumi.

Dengan kecepatan itu manusia bisa pergi dari negara London ke New York dalam waktu kurang dari 1/2 detik saja. Bahkan, dengan kecepatan itu manusia dapat bolak-balik ke Bulan karena hanya butuh waktu 30 detik - 1 menit.

3. Apakah planet di dalam tata surya dapat terlempar oleh lubang hitam?

exploratorium.edu

Mengutip dari laman Info Astronomi, planet-planet yang dapat terlempar oleh lubang hitam adalah planet yang berada di sistem orbit ganda atau memiliki dua bintang.  Apabila terdapat sebuah orbit dengan dua bintang di dekat lubang hitam, maka lubang hitam akan mamakan salah satu bintangnya. Sementara itu, bintang lainnya atau bintang pendampingnya itu akan terlempar jauh dengan kecepatan super tinggi.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa planet kita bumi, dan planet lainnya yang ada pada tata surya tidak dapat terlempar oleh lubang hitam. Seperti kita tahu, planet di tata surya terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet tersebut bergerak pada sebuah orbit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Sehingga, kecil kemungkinan untuk planet-planet di tata surya keluar dari orbitnya.

Itulah informasi tentang apa itu lubang hitam? Masih terdapat banyak hal yang tidak diketahui tentang lubang hitam, seperti bentuk materi di dalam cakrawala peristiwanya. Namun, hingga saat ini para peneliti masih berusaha untuk meneliti lebih lanjut tentang lubang hitam.

Baca juga:

The Latest