TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bahaya Game Roblox bagi Anak-anak yang Jarang Diketahui!

Ternyata game-game yang populer dikalangan anak-anak seperti Roblox sangat berbahaya!

roblox.com

Dunia teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat, banyak sekali jenis hiburan digital yang dapat diakses dengan mudah oleh anak-anak. Mulai dari film, musik, hingga video game. Saat ini, banyak sekali game-game yang beredar dan sangat populer dikalangan anak-anak. Sebut saja Roblox, Five Night at Freddy's, Sakura School Simulator, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, ternyata kebanyakan dari game-game tersebut sangat berbahaya dan sebenarnya tidak diperuntukan bagi anak-anak karena terdapat konten-konten kekerasan yang dapat menyebabkan trauma, dan maraknya kasus child grooming yang berawal dari pertemuan dengan anak-anak pada game-game tersebut.

Seorang Mama bernama Mawar Firdausi melihatkan anaknya yang sedang bercerita sebuah video yang diunggah pada akun Instagram pribadinya @mawarf6. Dalam video tersebut anak Mama Mawar yang bernama Faruq sedang menceritakan nama-nama game yang populer di kalangan anak-anak dan yang ia ketahui.

Kali ini Popmama.com akan memberikan informasi tentang bahaya game Roblox bagi anak-anak yang jarang diketahui. Simak informasinya berikut ini.

1. Game-game populer yang ternyata memiliki konten yang tidak cocok untuk anak-anak

Instagram.com/mawarf6

Faruq menyebutkan nama-nama game populer yang ternyata memiliki konten-konten sadis dan menyeramkan yang tidak cocok untuk anak-anak. Ia menyebutkan banyak game seperti Roblox, Doors, SCP Roleplay, Sakura School Simulator, Survival Piggy, FNAF dan masih banyak yang lainnya. Ia menjelaskan bahwa pada game-game tersebut memiliki konten-konten yang menyeramkan dan sadis.

"Doors, SCP Site Roleplay, Sakura Shool Simulator, ada violancenya ternyata ada pedang tembakan isinya itu **** orang. Ada juga Survival Piggy dia babi tapi pemb*nuh." kata Faruq.

Mendengar hal tersebut, tentu saja membuat Mawar kaget dan langsung bertanya pada sang anak apakah ia pernah memainkan game-game tersebut.

"Faruq penasaran gak?"

"Penasaran, tapi nggak pernah main kok di Ipad dan komputer. BTW di Roblox juga ada game skibidi gitu tapi aku nggak pernah main," kata Faruq saat ditanya Mamanya.

2. Game-game tersebut sangat berbahaya apabila dimainkan oleh anak-anak

roblox.com

Lebih lanjut Mawar mengatakan bahwa game-game yang memiliki konten-konten kekerasan sangat tidak disarankan untuk anak-anak karena menimbulkan banyak efek negatif. Misalnya Roblox yang telah dimainkan oleh lebih dari 120 juta pengguna di seluruh dunia, menurutnya Roblox merupakan game yang sangat tidak cocok untuk anak-anak karena konten-konten yang disajikannya terlalu berbahaya. Meskipun Di satu sisi Roblox bagus untuk melatih imajinasi dan kreativitas anak.

"Roblox memungkinkan pengguna mendesain game sendiri, juga memainkan game buatan orang lain. Di satu sisi Roblox bagus untuk melatih imajinasi dan kreativitas, namun di sisi lain, kebebasan berekspresi ini justru membahayakan. Di Roblox ada banyak game horor dan sad*s, yang sayangnya sangat populer di kalangan anak-anak. Tadi aku baca-baca. Selain banyaknya konten game yang menimbulkan trauma dan konten dewasa, beberapa kasus gr**ming dan predator juga dimulai dari interaksi di roblox. Naudzubillah," tulisnya dalam caption pada unggahan yang sama.

3. Orangtua sangat berperan penting

Freepik/pressfoto

Mawar menjelaskan bahwa ia sangat bersyukur karena telah melakukan percakapan tentang game-game bersama anaknya Faruq. Ia mengatakan, sebagai orangtua ia masih sangat tertinggal jauh dan banyak tidak mengerti dengan dunia yang anak-anaknya rasakan. Namun, ia bersyukur karena ia dan sang suami memiliki hubungan yang sangat dekat dengan anak-anaknya. Sehingga, anak-anaknya bisa bercerita dan sebagai orangtua ia bisa mengarahkan.

"Kedekatan dengan ortu dan Allah inilah yang akan jadi benteng terbaik anak menghadapi dunia sekarang. Kita pupuk kedekatan, agar anak bisa bebas cerita dan meminta bimbingan tanpa takut dihakimi. Kita tanamkan pondasi iman dan ilmu yang kuat sejak dini, jadi saat anak sudah terjun di masyarakat dan ketemu teman baru, dia bisa membentengi diri sendiri," lanjutnya.

4. Apa yang harus orangtua lakukan?

Freepik/our-team

Game-game yang populer di kalangan anak-anak seperti yang sudah disebutkan oleh Faruq ternyata memang sangat berbahaya apabila dimainkan oleh anak-anak. Oleh karena itu, Mama dan Papa harus selalu waspada dan terus mengawasi serta memfilter game-game yang anak mainkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Mama dan Papa lakukan:

Membatasi Waktu Bermain Anak

Mama dan Papa bisa membatasi anak dengan cara mengganti aktivitas anak dengan aktivitas yang lain seperti mengajak anak untuk belajar bersama, bermain atau aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh orangtua dan anak 

Mengatur Jam Tidur Anak

Mama dan Papa juga dapat membiasakan anak untuk tidur lebih awal agar pola tidurnya tidak berantakan dan malah bermain game hingga begadang.

Arahkan, Awasi, Dampingi

Mama dan Papa harus selalu mengarahkan, mengawasi, dan mendampingi anak dalam penggunaan gadgetnya. Beritahu anak tentang isi dari konten-konten pada game yang mereka mainkan.

Update Tentang Game-game Terkini

Mama dan Papa juga harus selalu update dan ikut mencari tahu tentang game-game yang sedang populer dikalangan anak-anak beserta isi konten dari game tersebut. Sehingga, jika terdapat konten yang tidak sesuai Mama dan Papa bisa segera memberitahu anak untuk tidak memainkan game tersebut.

Berkolaborasi dengan Guru di Sekolah

Orangtua dan guru dapat bekerja sama dengan memberikan pemahaman kepada anak apa saja pengaruh negatif yang dapat timbul dari game-game yang memiliki konten-konten yang tidak diperuntukan bagi mereka.

Itulah informasi seputar bahaya game Roblox bagi anak-anak yang jarang diketahui. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Mama dan Papa untuk mengetahui bahaya dari game-game yang sedang populer di kalangan anak-anak. Salah satunya Roblox.

Baca juga:

The Latest