TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Festival Karya Raya Dukung Literasi Anak Indonesia, Ajak Berkarya!

Acara diselenggarakan untuk mendorong anak-anak mengekplorasi kreativitasnya, terutama dalam menulis

Popmama.com/Sania Chandra

Festival Karya Raya diadakan sebagai upaya untuk menginspirasi anak-anak dalam menulis dan bercerita. Kegiatan diadakan selama tiga hari pada 27-29 September 2024 di Gedung Teater Kecil Taman Ismail Marzuki. 

Lewat acara ini, anak-anak dapat mempromosikan hasil karya mereka melalui berbagai aktivitas menarik, seperti Tell-a-tale Storytelling Contest, Lakukaryaku Booth, dan masih banyak lagi.

Untuk pembahasan selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum informasi seputar Festival Karya Raya dukung literasi anak Indonesia

1. Acara dibuat untuk mendorong anak-anak mengeksplorasi kreativitasnya

Popmama.com/Sania Chandra

Terhitung ini menjadi tahun kedua Festival Karya Raya digelar. Tema yang diangkat bertajuk Page of Possibilities. Sebelumnya, Karya Raya mendapatkan pengakuan dan penghargaan MURI untuk rekor muri ‘Pameran Karya Anak Terbanyak’ pada 2023. 

“Tujuan kami adalah mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas serta  mengoptimalkan potensi mereka sebagai penulis, pencipta, dan pembuat perubahan. Kami berharap program ini dapat membuka wawasan mereka tentang berbagai potensi yang dapat dikembangkan, sehingga dapat menciptakan generasi muda Indonesia berkualitas di masa depan,” kata Ernest Junius Wiyanto, Co-Founder Bookabook.id, Jumat (27/9/2024). 

2. Tiga area utama dalam acara Karya Raya

Popmama.com/Sania Chandra

Acara terasa semakin seru karena terdiri dari rangkaian kegiatan edukatif yang berfokus pada tiga area utama, yakni:

  1. Pemberdayaan kreativitas anak dengan menyediakan bimbingan dan platform untuk menuangkan ide-ide ke dalam karya buku, serta kesempatan untuk mempublikasikannya.
  2. Pengembangan kreativitas dan kemampuan kognitif anak melalui kelas-kelas kreatif, sesi storytelling, dan talkshow
  3. Apresiasi dan motivasi melalui penghargaan, pameran, pemberian hak cipta dari hasil penjualan buku serta aksi sosial melalui donasi dari penjualan karya. 

3. Total peserta yang berpartisipasi mencapai 1.018

Popmama.com/Sania Chandra

Di tahun ini, acara berhasil menarik lebih banyak partisipan anak-anak untuk menciptakan karya bukunya sendiri. 

Jumlah peserta dan karya buku yang dikumpulkan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibanding tahun pertama penyelenggaraan. 

Totalnya, terdapat 1.018 dan lebih dari 600 karya buku anak-anak dipamerkan di Perpustakaan Jakarta dari tanggal 7-27 September 2024. 

4. Tips menjadi penulis anak ala Marcella Simon selaku penulis buku anak

Popmama.com/Sania Chandra

Festival menghadirkan berbagai aktivitas menarik, mulai dari pameran, meet and greet dengan para penulis muda, hingga talkshow bertema ‘Menulis untuk Masa Depan: Pentingnya Kreativitas Anak di Era Digital’ yang sayang untuk dilewatkan. 

Dalam sesi talkshow tersebut, Marcella Simon selaku aktris sekaligus penulis buku anak membeberkan tips menjadi penulis di usia muda. Menurutnya, menulis harus disertai dengan kesabaran dalam menjalani prosesnya. 

“Kalau mau jadi penulis harus sabar, karena menulis itu lama. Penulis harus menganalisa situasi, harus mau terjun langsung. Jadi penulis harus mau keliling untuk melakukan promosi buku, harus punya temen banyak alias koneksi,” ujar Marcella Simon. 

Demikian informasi seputar Festival Karya Raya dukung literasi anak Indonesia. Inspiratif sekali acaranya ya, Ma? Terutama, bagi anak-anak yang tertarik dengan dunia tulis menulis.

Baca juga: 

The Latest