TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Jagung untuk Anak, Baik untuk Meningkatkan Berat Badan

Meskipun harganya murah meriah, manfaat jagung untuk anak sangat baik lho, Ma

Pixabay/ulleo

Jagung adalah salah satu makanan sehat yang mudah ditemukan di Indonesia. Dengan harganya yang terjangkau, jagung mengandung serangkaian gizi penting yang penting untuk tumbuh-kembang anak.

Manfaat jagung untuk anak pun beragam sehingga sumber karbohidrat ini baik sebagai salah satu sumber energi si Kecil.

Berikut ini Popmama.com merangkum serba-serbi manfaat jagung untuk anak, dilansir dari Solid Starts.

1. Mengandung vitamin B kompleks

Freepik/Jcomp

Vitamin B kompleks atau thiamin adalah salah satu komponen yang terkandung di dalam jagung. Vitamin B kompleks menunjang perkembangan saraf dan otak, serta meningkatkan metabolisme anak.

2. Menunjang perkembangan sel baru

Pixabay/Buntysmum

Tubuh memerlukan regenerasi sel. Jagung yang kaya akan vitamin B kompleks mengandung asam lemak dan folat yang dipercaya menunjang perkembangan sel baru pada anak.

3. Menambah berat badan yang sehat

Freepik/Azerbaijan_stockphoto

Tahukah mama, jagung adalah sumber karbohidrat yang sehat? Dalam 100 gram jagung mengandung kurang lebih 350 kalori. Jumlah kalori ini cukup untuk menjadi sumber energi yang menyehatkan untuk anak menambah berat badannya.

4. Meningkatkan fungsi saraf dan otot

Pixabay/keem1201

Di dalam tiap butir biji jagung yang mungil mengandung kalium, magnesium, dan zat besi. Kesemuanya ini adalah nutrisi yang diperlukan tubuh anak untuk meningkatkan fungsi saraf dan otot.

5. Antioksidan

Pexels/NEOSiAM 2021

Jagung juga mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi tubuh anak dari kerusakan sel. Kandungan asam fenolik senyawa ferulic-nya adalah anti karsinogenik yang mencegah terbentuknya sel kanker.

6. Memperlancar pencernaan

Freepik/jcomp

Serat di dalam jagung cukup tinggi sehingga baik untuk memperlancar pencernaan anak. Apabila si Kecil mengalami sembelit, mama bisa memberikan bubur jagung atau jagung manis rebus agar buang air besarnya lebih lancar.

7. Sumber beta karoten

Freepik/Topntp26

Beta karoten bukan hanya terdapat di wortel saja lho, Ma. Jagung pun mengandung beta karoten karena tinggi vitamin A. Beta karoten yang terkandung di dalam jagung bermanfaat untuk penglihatan dan kesehatan kulit yang lebih baik. 

8. Menunjang kesehatan tulang

Pexels/catscoming

Di dalam jagung terdapat kandungan fosfor. Fosfor adalah zat yang membantu mengoptimalkan kesehatan tulang anak. Ini sangat penting, terutama bagi anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

9. Sumber vitamin C

Freepik/jcomp

Jangan salah, Ma, jagung ternyata adalah sumber vitamin C yang tinggi lho. Vitamin C bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Selain itu apabila kulit anak bermasalah, jagung dapat melindungi lapisan kulit anak.

10. Meningkatkan fungsi otak

Freepik

Kehebatan jagung semakin komplit berkat kandungan asam folat yang tinggi di dalamnya. Asam folat ini penting untuk anak karena meningkatkan fungsi otak. Dengan konsumsi jagung secara teratur, maka fungsi otak anak semakin baik sehingga mendukung kecerdasan anak.

Demikian beberapa manfaat jagung untuk anak. Mama dapat memasukkan aneka makanan berbahan dasar jagung ke dalam menu makanan anak sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

The Latest