TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Blade Race Cup, Ajang Balap Balance Bike untuk Anak-Anak

Si Kecil bisa jadi pembalap di ajang ini!

Perkembangan si Kecil tentu bisa diwarnai dengan berbagai aktivitas yang menarik dan seru. Salah satunya adalah dengan Balance Bike.

Balance Bike atau kick bike adalah sepeda tanpa rantai dan pedal yang memang dirancang untuk anak kecil. Dalam hal ini komunitas Balance Bike Depok (BLADE) akan mengadakan kompetisi Balance Bike yang dapat diikuti anak-anak.

Abdul Razak, Pengurus Balance Bike Depok menerangkan bahwa kompetisi ini nantinya dapat diikuti siapapun. Ia juga menceritakan bagaimana komunitas Blade berawal.

Berikut ini Popmama.com akan mengulas mengenai komunitas Balance Bike Depok (BLADE) yang akan segera diadakan bulan Mei ini. 

Berawal dari Race Kecil, Lalu Makin Banyak Peminat

Popmama.com/Krisnaji Iswandani

Sebelum menggelar Blade Race Cup yang akan diadakan 18 Mei nanti, Razak menjelaskan bahwa ajang balap Balance Bike memang sudah pernah diadakan pada 2023. 

"Ini series pertama, di 18 Mei ini untuk di tahun 2024. Kalau di tahun 2023 kita bikin race-race kecil, sekarang kita bikin race lebih besar lagi," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa Blade Race Cup diadakan karena adanya banyak peminat yang berasal dari banyak tempat. Selain itu, ia juga termotivasi untuk membuat lebih banyak kategori yang lebih beragam. 

"Kita buat series lebih besar dari 2023 karena kita bikin kategori yang berbeda, terus banyak peminat, terus banyak yang ayo kapan blade (nanya), terus kita juga bikin banyak piala yang lebih besar, hadiah yang lebih banyak. Itu akhirnya yang kita lebih pede bikin se-Jabodetabek," lanjutnya.

Anak 1 Tahun 8 Bulan Boleh Ikut

Popmama.com/Krisnaji Iswandani

Dalam ajang ini, peserta yang diizinkan untuk mengikuti Blade Race Cup adalah anak yang lahir di tahun 2022. 

"Kita buka di tahun kelahiran 2022 yang mungkin sekarang 1 tahun 8 bulan atau 2 tahun sudah ikut," jelasnya.

Razak menjelaskan bahwa dalam beberapa ajang sebelumnya, jumlah peserta juga lumayan banyak. Ia juga menyebut ratusan peserta yang turut mengikuti ajang balap Balance Bike berasal dari banyak daerah.

"Kita kurang lebih selama bikin race itu 300 sampai 400 peserta. Itu kita relatife se-Indonesia, beberapa ada yang dari Lampung, Kalimantan, ada yang dari Bali, terus ada yang dari Surabaya dating semua, Surabaya, Jogja, Solo," ungkapnya.

Manfaat Balance Bike

Popmama.com/Krisnaji Iswandani

Soal manfaat Balance Bike bagi si Kecil, Razak menjelaskan bahwa manfaat utama dari kegiatan ini adalah melatih motorik kasar. Selain itu, semangat untuk menyelesaikan sesuatu sampai akhir juga menjadi hal yang ditanamkan lewat ajang balap Balance Bike ini.

“Manfaat itu sangat banyak, untuk motorik kasar, mandiri, saya selalu menanamkan ke anak saya juga selesaikan apapun yang kamu mulai. Biar apapun yang dia kerjakan biar sampai finish, race itu sampai finish dia bisa punya sifat itu. Baru nanti hadiah,” jelasnya.

Razak menyebut bahwa pada Balance Race Cup yang akan ia adakan nanti, akan ada piala bergilir yang disediakan untuk pemenangnya. 

“Untuk Juara I sampai Juara VI ada piala yang besar yang sudah kita siapin untuk juara I, tiap seriesnya harus dipertahanin sama Juara I itu tuh, karena nanti di akhir dia yang boleh milikin satu piala. Piala bergilir. Hadiah lainnya ada baju, jersey,” pungkasnya.

Demikian informasi mengenai Blade Race Cup yang akan jadi kompetisi tumbuh kembang anak melalui Balance Bike. Jangan sampai ketinggalan karena akan banyak hadiah menarik untuk para peserta yang menang maupun yang belum beruntung. 

Baca juga:

The Latest