TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gaya Parenting Babeh Seiji agar Anak Tidak Alami Fatherless

Salah satunya beri pengertian kepada anak bahwa tidak semua kegiatan harus dilakukan bersama Mama

Tak bisa dipungkiri, peran seorang Papa tidak kalah penting dari peran Mama dalam keluarga. Babeh Seiji alias pemilik akun Instagram @babeheji menjadi salah satu publik figur yang menerapkan pola asuh modern. 

Gaya parenting yang diterapkannya menekankan pentingnya kehadiran Papa secara emosional, lakukan komunikasi terbuka, dan menerapkan perhatian penuh dalam setiap interaksi. Cara tersebut membuat anak merasa dicintai dan diprioritaskan. 

Nah, kali ini Popmama.com siap membahas gaya parenting Babeh Seiji agar anak tidak alami fatherless melansir dari akun Instagramnya.

1. Mendengarkan perasaan yang diungkapkan anak

Fatherless bukan hanya soal ketiadaan fisik, tetapi juga berkaitan dengan ketidakadaan emosional dari seorang papa. Ketika seorang papa mendengarkan perasaan anak dan merespons dengan empati, anak merasa dihargai, didukung, dan dicintai. 

Hal ini diterapkan oleh Babeh Seiji saat putranya merasa sedih usai dilarang naik mobil-mobilan oleh mamanya. Bukan tanpa alasan, Mama dari Seiji melarangnya karena saat itu sedang ada orang yang salat. 

Saat Seiji mengutarakan perasaan sedihnya, Babeh Seiji menanggapinya dengan memberikan nasihat yang baik. Cara sederhana ini tanpa disadari membuat anak memiliki sosok papa yang hadir untuknya.

2. Ajarkan anak kalau semua hal tidak bisa orangtua turuti

Penting untuk membiasakan anak untuk mampu belajar dari situasi yang ada di sekitar mereka. Tidak semua hal yang mereka inginkan bisa dituruti oleh orangtua dengan mudah. 

Ketika anak sudah mulai rewel karena permintaannya tidak dituruti, cobalah untuk menyuruh anak menarik napas dalam-dalam untuk membantu menenangkan emosinya. Berikan alasan yang jelas mengapa orangtua tidak bisa menuruti kemauan si Kecil.

Contohnya, ketika anak meminta gendong saat berada di ruang publik, berikan pengertian “Adek, Papa lagi nggak bisa gendong kamu karena Papa bawa belanjaan mama,”

3. Beri pengertian kepada anak tidak semua kegiatan harus dilakukan bersama Mama

Jelaskan kepada anak bahwa tidak semua kegiatan harus dilakukan bersama Mama. Sosok Papa juga mampu menemani atau membimbing si Kecil melakukan hal yang menyenangkan. 

Dengan begitu, anak belajar bahwa kebersamaan dengan Mama bukan satu-satunya cara untuk bersenang-senang. Ini juga akan membantu anak mengembangkan hubungan emosional dengan Papanya. 

4. Tanyakan perasaan anak sebelum tidur

Sederhana namun bermakna, Babeh Seiji rupanya membiasakan diri untuk menanyakan perasaan putranya itu sebelum tidur. Menanyakan perasaan anak sebelum tidur adalah cara yang baik untuk membangun kedekatan emosional. 

Cara tersebut juga memberikan ruang bagi anak untuk berbagi cerita tentang kegiatan apa saja yang sudah dilakukan di hari itu. Meski sederhana, cara ini dipastikan dapat membekas di hati anak. 

5. Anak bisa karena mencontoh, bukan disuruh

Orangtua menjadi panutan pertama dalam hidup anak. Apa yang dilakukan, baik dari sikap, kata-kata, hingga kebiasaan sehari-hari, akan menjadi contoh yang diikuti oleh anak.

Ketika mengajarkan sesuatu kepada anak, Papa perlu tahu bahwa anak perlu proses untuk mampu melakukannya dengan baik. Ajarkan hal tersebut secara perlahan, lalu berikan contoh langsung agar si Kecil mempunyai gambaran yang harus dilakukannya. 

Itu dia beberapa gaya parenting Babeh Seiji agar anak tidak alami fatherless. Yuk, Pa coba terapkan hal-hal di atas dalam kehidupan sehari-hari demi kebaikan si Kecil . 

Baca juga:

The Latest