TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Titik Pijat untuk Menenangkan Anak yang Tantrum, Bisa Dicoba di Rumah

Beberapa teknik pijat ini bisa membantu mengatasi anak yang rewel atau tantrum

Pexels/nataliyavaitkevich

Menghadapi anak yang sedang tantrum bisa menjadi tantangan besar bagi para orangtua. Ternyata, ada lho metode alami yang dapat membantu menenangkan anak saat tantrum, yaitu melalui pijat. 

Teknik pijat yang tepat di titik-titik tertentu dapat memberikan rasa rileks, sehingga membantu anak merasa lebih tenang. Caranya terbilang sederhana, sehingga bisa ditiru para orangtua di rumah.

Bagi yang penasaran, yuk simak pembahasan selengkapnya telah Popmama.com rangkum mengenai titik pijat untuk menenangkan anak yang tantrum

1. Memberikan pijatan lembut namun kuat dari kaki hingga lengan

Pada dasarnya, anak yang mengalami tantrum membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menenangkan diri. Sebab, si Kecil belum tahu bagaimana caranya untuk mengatur emosi yang dimiliki. 

Melalui akun Instagram @ot.devotee, Akilina selaku Terapis Okupasi Pediatrik membagikan tips seputar teknik pijat yang bisa dilakukan untuk menenangkan anak tantrum. 

Mama bisa memberikan pijatan lembut namun kuat dari telapak kaki hingga naik ke kedua lengannya. Pijatan tersebut dapat membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang bisa membantu tubuh anak rileks. 

Teknik pijat ini adalah cara sederhana yang ampuh untuk menyeimbangkan kembali pikiran dan tubuh. Mama juga bisa menggunakannya di malam hari untuk membuat anak tertidur dengan nyenyak. 

2. Fokus pada titik pijat di tangan (hegu)

Freepik/jcomp

Titik Hegu terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Pijat lembut di area ini diyakini dapat membantu mengurangi ketegangan dan menenangkan sistem saraf. 

Pada anak yang tantrum, memijat titik ini secara perlahan dapat memberikan efek menenangkan, membantu meredakan amarah atau kecemasan.

Caranya,gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memberikan tekanan lembut pada titik ini. Pijat dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit pada setiap tangan. Pastikan tekanan yang diberikan tidak terlalu keras agar anak merasa nyaman.

3. Pusat titik pijat di telapak kaki (Yongquan)

Freepik/user18526052

Titik Yongquan terletak di bagian tengah telapak kaki, tepat di bawah jari-jari kaki. Pijat di titik ini dianggap dapat merangsang relaksasi mendalam dan mengurangi kegelisahan. 

Memijat telapak kaki anak dapat membantu menenangkan sistem saraf mereka, khususnya saat mereka merasa cemas atau marah.

Caranya, tekan lembut bagian tengah telapak kaki dengan ibu jari. Lakukan gerakan melingkar selama beberapa menit sambil memastikan anak dalam posisi yang nyaman, misalnya saat sedang duduk atau berbaring.

4. Titik pijat di dahi (Yintang) untuk mengurangi kecemasan anak

freepik/shurkin-son

Titik Yintang terletak di antara alis, di tengah-tengah dahi. Pijat lembut di area ini sering digunakan untuk meredakan stres, menenangkan pikiran, dan mengurangi kecemasan.

Pada anak yang tantrum, memijat titik ini dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan terkendali. Mama bisa melakukannya menggunakan jari telunjuk atau ibu jari untuk memberikan tekanan lembut pada area ini. 

Pijat dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit atau hingga anak terlihat mulai lebih tenang.

5. Pijat bahu (Jianjing) untuk meredakan ketegangan emosional

Pexels/KseniaChernaya

Titik Jianjing berada di bagian bahu, tepat di tengah antara leher dan bahu. Pijat di titik ini dapat meredakan stres dan ketegangan otot. Ketika anak tantrum, memijat bagian bahu bisa membantu meredakan ketegangan fisik dan emosional.

Cara memijatnya dengan memberikan tekanan lembut menggunakan ibu jari pada area bahu. Pijat dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Lakukan pijatan di kedua sisi bahu anak.

Itu dia beberapa titik pijat untuk menenangkan anak yang tantrum. Semoga bisa membantu Mama untuk mengatasi anak yang tantrum atau rewel di rumah. 

Baca juga:

The Latest