TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Alasan Main Hp Sambil Makan Ternyata Kebiasaan yang Buruk

Yuk hentikan kebiasaan ini dari sekarang!

Waktu makan bersama si Kecil seringkali membuat Mama dan Papa pusing bukan main. Anak-anak sulit sekali mau duduk diam dan menikmati santapannya. 

Mengatasi ini biasanya Mama mengijinkan mereka makan sambil memgang Hp atau menonton film kesukaan mereka di Tv. Cara ini seringkali berhasil bukan? Anak-anak jadi mau diam dan makannya pun banyak membuat hatimu bahagia. 

Ternyata ini bukanlah kebiasaan yang baik lho. Makan sambil melakukan aktivitas lain dapat membuat anak tidak fokus makan dan akan menjadi kebiasaan yang buruk. 

Pada kesempatan kali ini, Popmama.com akan membahas 6 alasan mengapa makan sambil main Hp atau nonton Tv bukanlah hal yang baik. Mama penasaran?

1. Menyebabkan obesitas

Freepik/Vgstockstudio

Mama jangan heran, ternyata kebiasaan makan sambil melakukan kegitan lain itu merupakan salah satu alasan anak obesitas lho. 

Ada banyak penelitian sosial yang membuktikan bahwa kebiasaan nonton Tv atau bermain Hp selama waktu makan membuat anak makan kebanyakan dan akhirnya menjadi obesitas. 

Hal ini terjadi karena anak-anak akan lebih memperhatikan apa yang ada di layar ketimbang makanan mereka. 

2. Kebiasaan makan yang buruk

Freepik

Melakukan hal lain selama makan membuat anak memiliki kebiasaan makan yang buruk. Bagaimana bisa?

Bukankah lebih baik bagi si Kecil duduk makan di meja makan bersama Mama dan Papa. Di sana kalian dapat memiliki obrolan hangat yang mempererat hubungan antar anggota keluarga. 

Sedangkan jika anak mama memilih makan bersama gadget mereka, waktu anak bersama keluarga otomatis tidak dapat digunakan dengan baik. 

3. Metabolisme yang rendah

parenting.firstcry.com

Tahu tidak Ma, ternyata makan sambil nonton Tv atau bermain Hp dapat menurunkan metabolisme anak lho.

Turunnya metabolisme si Kecil berdampak pada pencernaan mereka yang bekerja lebih lama dan makanan yang di bakar secara perlahan. 

Ini terjadi karena duduk di depan televisi atau Hp bukanlah aktivitas yang membakar banyak energi. Sehingga tubuh anak menumpuk lebih banyak bahan makanan yang telah dikonsumsi daripada membakarnya. 

4. Cepat lapar

Thespinoff.co.nz

Ketika makan sambil melakukan hal lainnya, anak akan lebih fokus ke aktivitas yang lebih menyenangkan daripada makan itu sendiri. 

Hasilnya, anak seringkali lupa dengan porsi makan mereka. Bisa saja mereka makan kebanyakan atau sebaliknya. Bisa juga karena anak bosan dan merasa makanannya di piring tidak habis-habis, padahal film yang ditonton sedang seru. 

Tentunya anak mama akan merasa cepat laapr ketika makan sedikit saja. Kebiasaan ini juga akan mengakibatkan keinginan anak ngemil di siang hari, yang mana ini dapat menyebabkan obesitas. 

5. Kemungkinan anak makan makanan tidak sehat

Pexels/Caleb Oquendo

Otak mudah dipengaruhi dengan keiginan makan beragam makanan enak ketika tubuh merasa lapar. 

Ini pun terjadi ketika anak makan sambil menonton Tv. Seringkali Tv menayangkan iklan makanan-makanan cepat saji yang kurang begitu sehat bagi tubuh mereka. 

Karena rasa lapar anak tidak segera dipenuhi, iklan snack atau junk food tersebut akan lebih mudah menempel di kepala mereka. 

6. Tidak merasa puas

Freepik/freepik

Seperti yang sempat disinggung di atas. Makan sambil melakukan aktivitas lain mengaburkan daya konsentrasi anak. Menyebabkan anak kebingungan dengan rasa puas mereka sendiri. 

Ini terjadi karena pikiran anak lebih fokus pada apa yang mereka lihat daripada makanan di hadapan mereka. 

Anak mama akan tetap merasa kurang kenyang bahkan setelah mereka makan dalam jumlah besar. Anak-anak akhirnya makan berlebihan. 

7. Bagaimana cara mengatasinya?

Freepik/user6014584

Sekarang kita belajar cara mengatasi kebiasaan buruk selama makan tadi yuk, Ma! Mengutip dari health.clevelandclinic.org ada beberapa cara yang dapat Mama terapkan untuk mengatasi masalah ini. Diantaranay alah:

1. Tidak melakukan kedua aktivitas tersebut bersamaan

Tegaskan anak-anak jika makan harus selalu dilakukan tidak sambil menonton. Bukan hanya untuk makan berat tetapi juga untuk camilan. Anak bisa pergi terlebih dahulu menikmati kudapan lalu kembali nonton. 

2. Pastikan anak makan di meja makan bersama keluarga

Biasakan anak untuk melepas aktivitas mereka sejenak ketika hendak makan. Apapun itu, ajak mereka untuk selalu makan di meja makan, bukan di kamar atau di ruangan lain. 

3. Biasakan tidak ada Hp di meja makan

Hp seringkali menjadi alasan lainnya anak makan lama atau tidak konsen. Tetapkan aturan yang tegas bagi anak-anak untuk tidak makan sambil membawa Hp. Jika mau, Hp harus ditaruh di kantong tidak di atas meja. 

4. Beri makan anak ketika mereka benar-benar lapar

Ketika anak merasa lapar mereka tidak akan terlalu mengutamakan game seru di Hp atau tayangan kesukaan mereka di Tv. Ini membantu anak untuk makan lebih fokus dan cepat. 

Mengubah kebiasaan anak memang tidaklah mudah Ma. Untuk itu tetap jaga ekspektasimu dan mulai secara perlahan. Kamu bisa membiasakan si Kecil makan 5 menit tanpa televisi atau Hp lalu meningkat nantinya. Semoga bermanfaat ya. 

Baca juga:

The Latest