TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Atasi Screen Time pada Anak, Playground Asal Singapura Buka di Jakarta

Playground asal Singapura yang hadir dengan gerai pertama di Indonesia

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Dengan semakin meningkatnya ketergantungan anak-anak pada layar gawai, orangtua seringkali menghadapi tantangan untuk mengelola screen time pada anak. 

Sebagai solusi, sebuah playground inovatif asal Singapura, Kiztopia telah membuka gerai pertama di Indonesia untuk memberikan alternatif bermain yang lebih sehat bagi anak-anak.

Kiztopia merupakan pusat edutainment anak asal Singapura yang telah memenangkan penghargaan di Asia Tenggara, hal ini menandai pencapaian terbaru Kiztopia di tengah perjalanan memperkenalkan standar baru dalam mendukung perkembangan holistik anak.

Menurut data dari Active Healthy Kids Indonesia tahun 2022, menunjukkan hanya 20% anak-anak di Indonesia yang aktif secara fisik.

Oleh karena itu playground asal Singapura ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi kegiatan screen time pada anak.

Terdapat banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan oleh si Kecil untuk mendukung perkembangannya di Kiztopia dengan tempat yang juga nyaman untuk keluarga, selengkapnya di Popmama.com.

Alasan Kiztopia Membuka Gerai di Indonesia

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Tony Ma, Co Founder & Chief Development Kiztopia mengatakan bahwa alasan Kiztopia membuka gerai di Indonesia dikarenakan ia melihat bahwa Indonesia memiliki pangsa pasar yang besar.

Ia juga mengatakan bahwa hanya sekitar 20% anak di Indonesia yang aktif secara fisik, dan tidak banyak orangtua yang terlibat aktivitas fisik bersama anak-anaknya dikarenakan kesibukan dan lain hal.

Tony mengatakan pada media briefing yang digelar pada Jumat (13/09/2024) bahwa Kiztopia merupakan sarana edutainment untuk anak yang juga difasilitasi dengan kafe tematik yang menyajikan makanan lokal dan camilan ringan agar orangtua dapat menunggu anaknya bermain dengan nyaman.

“Visi kami adalah membuat Kiztopia mudah diakses oleh keluarga-keluarga di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Menyadari kebutuhan akan edutainment keluarga berkualitas tinggi, Kiztopia menawarkan pengalaman unik yang menggabungkan pembelajaran dengan kekuatan bermain dalam lingkungan yang menyenangkan dan interaktif”, ungkapnya.

Playground Sebagai Solusi Mengatasi Screen Time

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Playground ini dirancang untuk menjadi tempat yang aman dan menyenangkan, dimana anak-anak bisa berinteraksi secara fisik dengan permainan yang memicu kreativitas dan aktivitas fisik. 

Dengan memberikan kesempatan bermain yang menarik, playground ini menjadi cara efektif untuk mengurangi ketergantungan anak pada gawai.

Saskhya Aulia Prima, M.Psi., juga mengatakan pada media briefing bahwa zaman dulu anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan kegiatan fisik, berbeda dengan anak-anak pada masa sekarang, sehingga orangtua harus sesekali membawa anaknya ke tempat yang mengharuskan mereka untuk berkegiatan secara fisik, salah satunya dengan membawa anak ke tempat playground.

Saskhya juga menambahkan bahwa anak-anak sekarang banyak yang mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial, sehingga bermain di playground dapat membuat mereka lebih rileks untuk berinteraksi sambil bermain.

Aktivitas Fisik yang Mendukung Perkembangan Anak

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Playground ini menawarkan berbagai wahana yang mendukung perkembangan motorik kasar dan halus anak. 

Permainan seperti wall climbing, trampolin, hingga wahana interaktif lainnya memungkinkan anak untuk beraktivitas secara fisik sambil belajar, tanpa perlu terpapar layar dalam waktu yang lama. 

Ini membantu mereka tetap aktif, sehat, dan mengembangkan keterampilan sosial.

Pendekatan Edutainment, Belajar Sambil Bermain

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Selain menyenangkan, playground ini menggabungkan konsep edutainment, yakni mengedukasi anak-anak melalui permainan. 

Ada berbagai kegiatan interaktif yang mengajarkan konsep-konsep dasar sains, teknologi, dan seni. 

Anak-anak belajar memecahkan masalah, bekerjasama, serta mengasah kreativitas melalui permainan yang dirancang secara khusus.

Seperti contohnya Raby’s Clinic, anak-anak akan secara tidak langsung belajar mengenai kesehatan dengan pendekatan yang kreatif.

Fasilitas Ramah Keluarga

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Playground ini juga menyediakan fasilitas yang ramah keluarga. Ada ruang istirahat untuk orangtua, kafe, serta area yang aman bagi anak-anak balita. 

Untuk mendorong tumbuh kembang anak, peran keluarga juga sangat penting. Menyadari hal tersebut, Kiztopia juga menawarkan tiket masuk yang sudah berlaku untuk satu anak dan satu orang dewasa sebagai pendamping.

Hal ini bertujuan agar orangtua terlibat dalam waktu bermain yang berkualitas bersama dengan anak-anak, memperkuat ikatan keluarga, meningkatkan kepercayaan diri anak serta menciptakan kenangan yang tidak terlupakan.

Dengan suasana yang aman dan nyaman, para orangtua bisa lebih tenang membiarkan anak-anak mereka bermain sambil menikmati waktu bersantai.

Membawa Tren Playground Modern ke Indonesia

Popmama.com/Anggia Ramadhani Fitri

Dengan kehadiran playground asal Singapura ini, Indonesia kini mengikuti tren global yang mendorong pendekatan modern dalam memberikan alternatif bermain bagi anak-anak. 

Para orangtua bisa menggunakan fasilitas ini untuk mengurangi screen time dan memberikan pengalaman bermain yang lebih bermakna.

Nah, itu tadi merupakan rangkuman mengenai playgorund asal Singapura yang hadir di Jakarta sebagai solusi untuk mengatasi screen time pada anak.

Mama tertarik untuk coba?

Baca juga:

The Latest