TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara agar Papa Tetap Dekat dengan Anak Meski Sedang Sibuk

Quality time bersama anak tetap hal penting yang perlu dilakukan

Pexels/Vlada Karpovich

Sebagai sosok kepala keluarga, seorang papa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk bekerja demi menafkahi kebutuhan keluarganya. Disibukkan dengan kewajiban tersebut, tak sedikit yang akhirnya jarang menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

Padahal tak hanya kedekatan anak dengan Mama saja yang diperlukan, kedekatan antara Papa dan anak pun sama pentingnya, Ma, Pa. Sebab dalam berbagai teori pun disebutkan, mengasuh anak itu harus dari kedua belah pihak antara Mama dan Papanya.

Tak harus dalam jumlah waktu yang banyak, tetapi kualitas kebersamaan antara Papa dalam mengasuh dan bermain dengan anak juga menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembangnya.

Untuk itu, berikut Popmama.com telah merangkum 5 cara yang bisa Papa lakukan agar tetap dekat dengan anak di tengah kesibukan. Yuk, simak dan coba terapkan di rumah, Pa!

1. Perhatikan kualitas jika tidak bisa kuantitas

Pexels/monsterwa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dekat dengan anak tak harus dalam waktu yang berkepanjangan kok, Pa. Tetapi perhatikan juga kuaitas yang terjalin ketika Papa tengah menghabiskan waktu bersama dengan si Kecil.

Sehingga saat kesibukan Papa menyita waktu untuk keluarga, masih ada kualitas kebersamaan yang harus lebih diperhatikan. Cara yang bisa dilakukan misalnya membacakan dongeng atau menemani anak bermain.

Cara seperti ini cukup sederhana, namun sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak dan juga meningkatkan bonding antara Papa dengan si Kecil.

2. Cintai anak apa adanya

Freepik/drobotdean

Selanjutnya adalah memberikan rasa cinta dan sayang apa adanya pada anak. Tidak hanya saat anak melakukan seseuatu yang baik, apapun kondisinya pastikan Papa selalu memberikan cinta kepadanya dengan sepenuh hati.

Dalam kondisi seperti apapun, pastikan bahwa cinta Papa kepada si Kecil tidak berubah dan jangan sampai rasa stres yang menghampiri justru membuat anak menjadi pelampiasan ya, Pa.

3. Beri perhatian saat anak bangun dan akan tidur

Freepik/Tirachardz

Mama dan Papa perlu mengetahui bahwa ucapan lembut yang positif akan memengaruhi suasana hati anak sepanjang hari, lho!

Sehingga dengan cara membangunkan si Kecil sebelum Papa berangkat bekerja, maka ini bisa jadi suatu cara meningkatkan kedekatan antara Papa dan anak. Misalnya mengucapkan, "Selamat pagi anak papa, yuk bangun kita sarapan bareng."

Melalui kata-kata sederhana seperti itu, anak akan lebih bersemangat menjalani harinya dan juga memberikan pengertian kepada anak bahwa Papanya setiap pagi harus pergi bekerja demi ia dan keluarga.

Begitu pula saat anak akan tidur di malam hari. Jika pekerjaan Papa sudah selesai, cobalah luangkan waktu untuk mengantarkan si Kecil pergi ke tempat tidurnya.

Sebelum tidur, Papa juga bisa membacakan dongeng atau saling bertukar cerita terkait kegiatan harian yang dilakukan. Jika ia melakukan sesuatu yang positif pada hari itu, jangan segan untuk memberikan apresiasi ya, Pa.

4. Pahami terlebih dahulu anak papa

Pexels/cookie_studio

Dalam mengasuh anak, tentunya tidak bisa disamaratakan, Ma, Pa. Baik dengan anak tertua, maupun anak paling kecil. Untuk itu, yang perlu Papa dan Mama lakukan dalam memberikan pengasuhan adalah dengan memahami anak terlebih dahulu sesuai rentang usianya.

Untuk anak usia 0-10 tahun, orangtua harus memberikan perhatian lebih dengan aktif mengajak bicara sebagai bentuk stimulasi perkembangan mereka. Selain itu, coba untuk mendengarkan apa yang anak inginkan dan butuhkan.

Dengan begitu, Papa menjadi lebih paham bagaimana caranya menyikapi si Kecil di tengah kesibukan kerja yang dijalani.

5. Luangkan waktu akhir pekan untuk anak

Freepik

Ketika memasuki akhir pekan, pastikan Papa memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan bersama anak-anak. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti waktu yang tidak dimiliki Papa selama jam kerja.

Jadi saat akhir pekan tiba, pastikan Papa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan ajak anak untuk bermain bersama. Tak selalu keluar rumah, Papa dan Mama bisa memanfaatkan apapun yang ada di rumah untuk dijadikan kegiatan seru bersama. Misalnya seperti masak atau menonton film bersama.

Melalui beberapa cara di atas, diharapkan Papa akan tetap memiliki kedekatan yang baik dengan anak meski harus disibukan dengan pekerjaan. Jadi, pastikan waktu bersama si Kecil tidak terlewatkan ya, Pa.

Baca juga:

The Latest