TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Cara Efektif Mengurangi Screen Time Anak dengan Cara Menyenangkan

Biasakan sejak dini, ini cara agar anak tidak terlalu sering terpapar gadget

Freepik/pch.vector

Di era digital ini, screen time atau waktu layar menjadi salah satu tantangan utama bagi orangtua. Bukan begitu, Ma?

Meski saat ini banyak para pendidik yang memanfaatkan teknologi dari gadget untuk belajar, tetapi terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan gadget juga bisa berdampak negatif bagi perkembangan anak, baik secara fisik maupun emosional.

Nah, agar si Kecil bisa mengurangi ketergantungan pada layar, berikut Popmama.com bagikan cara efektif mengurangi screen time anak dengan cara kreatif dan menyenangkan.

 

1. Ajak anak main di luar rumah

Freepik

Agar anak tidak melulu menatap layar gadget miliknya, Mama dan Papa bisa mengajak anak bermain di luar rumah untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar lebih bebas bergerak dan mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Aktivitas fisik di luar ruangan tak hanya membuat anak membatasi screen time, tapi juga membantu meningkatkan kebugaran dan suasana hati mereka. Nggak perlu jauh-jauh dulu, Mama bisa kok mengajaknya sekadar berjalan atau bermain bersama di taman.

2. Buat sesi bermain saat malam hari

Pexels/Nicola Barts

Tanpa sadar, sering kali orangtua juga menjadi contoh anak untuk terus menatap layar gadget. Misalnya, saat Mama dan Papa terlalu sibuk bekerja atau sekadar berselancar di media sosial saat sedang bersama anak.

Nah, alih-alih sibuk sendiri dengan gadget masing-masing, cobalah memanfaatkan waktu bersama di malam hari dengan rutin bermain seperti boardgame. Selain mengurangi screen time, ini juga bisa jadi cara berinteraksi dan bersenang-senang dengan seluruh anggota keluarga, Ma.

3. Buat sesi kerajinan

Milestonemom.com

Seni dan kerajinan tangan adalah cara yang bagus untuk merangsang kreativitas anak sekaligus mengalihkan perhatian mereka dari layar gadget.

Nggak perlu berpaku pada kelas seni yang bisa orangtua daftarkan, Mama dan Papa bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan menyiapkan perlengkapan seperti kertas, cat, atau bahan daur ulang di rumah untuk kegiatan DIY yang menarik.

4. Biasakan membaca sejak dini

Freepik/pvproductions

Alih-alih membiasakan anak bermain gadget sejak dini, orangtua bisa menyediakan sudut baca di rumah yang nyaman, agar anak terdorong untuk lebih sering membaca buku daripada menonton layar.

Mama bisa menyediakan berbagai pilihan buku menarik yang sesuai dengan usia dan minat anak, agar mereka lebih antusias untuk membaca. 

Cara lainnya agar anak terbiasa membaca adalah dengan rutin membacakan anak buku cerita sejak dini. Dengan begitu, anak pun bisa menanamkan kecintaannya pada membaca, Ma.

5. Masak bersama

Pexels/MonsteraProduction

Agenda masak atau membuat kue bersama dengan si Kecil juga nggak ada salahnya dicoba, Ma.

Menghabiskan waktu di dapur bersama anak bisa menjadi aktivitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif bagi mereka. Hal ini karena anak belajar keterampilan dasar memasak serta menghargai makanan, dan pastinya membantu mengurangi screen time.

6. Alihkan ke olahraga

Freepik/wirestock

Anak adalah peniru ulung. Jika mereka melihat orangtuanya melakukan demikian, bisa saja mereka akan meniru dan mencoba apa yang dilihat dari orangtua mereka, termasuk dengan olahraga.

Mendorong anak menemukan olahraga atau aktivitas fisik yang mereka sukai dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi ketergantungan mereka pada gadget.

Jika anak mama cukup aktif bergerak, cobalah ajak anak berbagai olahraga yang bisa menyalurkan keaktifan mereka agar lebih menyehatkan, seperti berenang, menari, atau bersepeda.

7. Jadwalkan playdate dengan temannya

Freepik

Mengatur playdate dengan teman sebaya bisa menjadi cara lain untuk mengurangi screen time pada anak, Ma.

Nggak hanya kita orang dewasa, anak-anak juga perlu interaksi bersama dengan teman sebayanya. Selain menghibur mereka, kegiatan ini juga menjadi cara agar anak lebih fokus pada interaksi sosial secara langsung daripada menonton atau bermain game di layar.

8. Berkebun di halaman rumah

Pixabay/jag2020

Selain memasak, kegiatan di rumah yang juga menyenangkan dan punya banyak manfaat adalah dengan berkebun.

Jika Mama memiliki halaman atau balkon yang cukup luas, cobalah mulai kebun kecil dan ajak anak ikut terlibat.

Cara ini bisa membuat anak terbiasa menanam dan merawat tanaman sebagai pengalaman edukatif yang menyenangkan, sekaligus mengurangi waktu yang mereka habiskan di depan layar.

9. Jadi contoh baik bagi anak

Freepik/tirachardz

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa anak menjadi peniru ulung, jadi orangtua juga penting menjadi contoh baik bagi mereka.

Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk menunjukkan bahwa kegiatan offline juga bisa lebih menyenangkan. Berbagai cara di atas bisa jadi ide kegiatan seru dan edukatif yang dapat mengurangi screen time serta melatih perkembangannya.

Meski bukan han yang mudah karena membutuhkan kreativitas dan kesabaran, tapi dengan membiasakan berbagai kegiatan seru di atas, Mama bisa membantu anak jadi lebih aktif dan menikmati lingkungan sekitarnya di luar layar.

Semoga informasi ini tentang screen time anak bermanfaat dan bisa dicoba pada si Kecil ya, Ma, Pa.

Baca juga:

The Latest