TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Rekomendasi Wisata Outdoor Kids Friendly di Jakarta

Wisata outdoor ramah anak yang anti sumpek

Pexels/Skitterphoto

Wisata outdoor yang ramah untuk anak-anak adalah pilihan yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menjelajahi alam dan lingkungan. Wisata outdoor yang ramah untuk anak-anak memiliki berbagai manfaat positif bagi perkembangan mereka secara fisik, mental, sosial, dan emosional.

Bermain di luar ruangan dapat melatih perkembangan otot, kesehahatan jantung dan tulang. Selain itu, anak dapat belajar tentang alam, lingkungan dan ekosistem di sekitarnya.

Pengalaman dalam wisata outdoor sering kali meninggalkan kenangan indah yang melekat dalam ingatan anak-anak.

Untuk membantu Mama dan Papa memutuskan destinasi luar ruangan weekendini, Popmama.com punya rekomendasi wisata outdoor kids friendly di Jakarta!

1. One Satrio

Instagram.com/onesatrio

Pertama ada One Satrio terletak di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Di sini terdapat outdoor playground yang dapat dinikmati anak secara gratis.

Ada banyak aktifitas di yang anak dapat lakukan. Sambil menunggu anak bermain-main, Mama dan Papa bisa makan di kafe atau resto yang tersedia di sana.

Masuk One Satrio Park tidak dikenai biaya masuk. Namun, kendaraan roda dua atau empat akan dikenakan biaya parkir.

2. Urban Forest

Instagram.com/urbanforest.cipete

Terletak di Cipete, Jakarta Selatan, Urban Forest Cipete bisa jadi pilihan nongkrong bareng anak. Area ini mengusung konsep ramah alam dengan banyak tenant makanan.

Terdapat playground yang anak bisa nikmati dengan berbayar. Tempat ini cocok dikunjungi pagi maupun sore.

Mama dan keluarga juga bisa bawa sepeda untuk bermain di Urban Forest. Tempatnya luas, hijau, dilengkapi dengan kolam ikan yang dapat mencuri perhatian si Kecil.

3. Taman Jalur Hijau Kosambi

Instagram.com/temantaman.jkt

Untuk Mama dan Papa yang cari hidden gem di Jakarta Barat, cobain deh ke Taman Jalur Hijar Kosambi. Lokasinya terletak di alan Dharma Utama, Duri Kosambi, Cengkareng.

Sejuk dan asrinya tempat ini bisa jadi destinasi piknik bersama keluarga tercinta. Selain taman, anak juga bisa melihat kelinci, bebek, hingga marmut.

Taman ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Taman Jalur Hijau Kosambi buka setiap hari pukul 7:00-17:00 WIB.

4. Tebet Eco Park

tebetecopark.id

Dulunya bernama Taman Tebet, sekarang telah berganti nama menjadi Tebet Eco Park. Penggantian namanya pun diupayai dengan fasilitas dan penampilan yang lebih baik.

Terdapat 8 zona yang dikurasi sedemikian rupa. Setiap zonanya mempunyai peran penting tersendiri.

Salah satu zona menarik untuk dikunjungi anak adalah Children Playground. Zona ini terdiri dari berbagai material yang dapat melatih sensori anak.

5. Taman Wisata Alam Mangrove

jakartamangrove.id

Ada hutan bakau di tengah kota Jakarta Utara, lho. Mama dan keluarga dapat menulusuri jembatan kayu dan mengelilingi hutan bakau.

Selain berjalan kaki, Mama dan keluarga dapat menikmati hutan bakau dengan kapal sewa. Kapasitas kapal bervariasi dari 2 hingga 8 orang.

Jika Mama dan keluarga berniat berwisata ke sini, jangan lupa olehkan sunblock, lotion anti nyamuk, pakaian yang nyaman dan topi untuk menghadang teriknya matahari.

Tips berwisata outdoor dengan anak

sutterhealth.org

Berwisata outdoor dengan anak-anak bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga, tetapi memerlukan perencanaan dan persiapan yang baik agar semuanya berjalan lancar. Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata outdoor dengan anak-anak:

  • Bawa Perlengkapan yang Tepat: Bawa perlengkapan seperti pakaian yang sesuai dengan cuaca, sepatu yang nyaman, topi, tabir surya, dan obat-obatan dasar. Juga, bawa makanan dan minuman yang cukup untuk menghindari kelaparan atau dehidrasi.
  • Ajarkan Etika Lingkungan: Ajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan. Beri contoh dengan mengumpulkan sampah dan merawat alam sekitar.
  • Amati Keamanan: Pastikan area yang akan dikunjungi aman bagi anak-anak. Hindari tempat dengan risiko tinggi seperti lereng curam atau air yang dalam.
  • Kenali Batasan Anak-anak: Pahami batasan fisik dan emosional anak-anak. Jika mereka merasa lelah atau tidak nyaman, jangan ragu untuk mengubah rencana atau mengambil istirahat.
  • Berikan Edukasi: Selama perjalanan, ajak anak-anak untuk mengamati alam sekitar dan ajukan pertanyaan. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memberikan edukasi informal tentang lingkungan, binatang, dan alam.
  • Fokus pada Kenikmatan dan Eksplorasi: Ingatlah bahwa tujuan utama adalah untuk bersenang-senang dan mengeksplorasi alam bersama anak-anak. Jadikan pengalaman ini sebagai peluang untuk membangun kenangan yang berharga.
  • Jangan Lupa Kamera atau Peralatan Rekam: Jadikan momen ini tak terlupakan dengan mengambil foto-foto atau video yang mengabadikan kegembiraan anak-anak saat berwisata.

Dengan persiapan dan perencanaan yang cermat, wisata outdoor kids friendly bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi seluruh keluarga. Ingatlah untuk bersabar dan menikmati setiap momen bersama.

Baca juga:

Wisata Edukasi ke Museum Balaputeradewa di Palembang, Sumatra Selatan

9 Tempat Wisata di Bangkok yang Menarik untuk Liburan Bersama Keluarga

Masih Suasana Liburan, 6 Ide Outfit Simple saat Berwisata

 

The Latest