TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksperimen Sains Menyeimbangkan Garpu di Pinggir Gelas

Bukan sulap, Mama bisa lakukan eksperimen ini dengan si Kecil di rumah

Freepik/freepik

Apakah Mama ingin menciptakan momen yang tak terlupakan untuk si Kecil sekaligus sambil mengasah rasa ingin tahu mereka tentang dunia yang menyenangkan dan penuh keajaiban? 

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui eksperimen sains sederhana yang menggugah imajinasi si Kecil; dan memicu ketertarikan mereka terhadap ilmu pengetahuan.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi tentang eksperimen sains menyeimbangkan garpu di pinggir gelas beserta langkah-langkahnya. Simak baik-baik agar Mama bisa segera mencobanya di rumah ya!

1. Bahan-bahan

Freepik/KamranAydinov

Bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan eksperimen ini cukup mudah dan simpel yaitu dua buah garpu, satu batang tusuk gigi atau korek api, dan sebuah gelas. Nantinya, eksperimen ini akan membuat dua buah garpu yang disatukan, dapat melayang di pinggir gelas yang hanya di topang menggunakan satu batang tusuk gigi

2. Langkah-langkah

Instagram.com/papa_3dochki

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam eksperimen sederhana ini:

  1. Satukan ujung dari kedua garpu.
  2. Selipkan ujung batang korek api atau tusuk gigi ke gigi garpu.
  3. Letakan tusuk gigi itu di pinggir gelas.
  4. Garpu, dan tusuk gigi atau batang korek api akan langsung seimbang.
  5. Bakar ujung tusuk gigi atau batang korek api yang ada di dalam gelas. Meski sudah dibakar, garpu tersebut masih akan dalam keaadan yang seimbang.

3. Penjelasan

Youtube.com/IvanOlianto

Garpu tersebut dapat ditopang karena pusat gravitasi. Pusat gravitasi suatu benda adalah titik dimana letak rata-rata berat suatu benda dan semua sisinya seimbang. Jika titik pusat gravitasi dan titik sambungannya sejajar, maka benda berada dalam keadaan seimbang dan akan diam. Pada percobaan ini, pusat gravitasi sistem garpu dan tusuk gigi berada pada tusuk gigi yang berbagi garis tegak lurus dengan titik sambungannya dengan pinggiran gelas, sehingga tetap seimbang.

    4. Video eksperimen menyeimbangkan garpu di pinggir kelas

    Itulah informasi seputar eksperimen sains menyeimbangkan garpu di pinggir gelas. Mama bisa segera mencoba eksperimen mudah ini bersama si Kecil, sekaligus menambah pengetahuan serta menjauhkannya dari gadget.

    Baca juga:

    The Latest