TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Olahraga yang Membuat Otak Anak Lebih Cerdas

Yuk Ma segera ajarkan olahraga berikut pada si Kecil

Pixabay/fishisdiane

Setiap anak dilahirkan dengan potensi yang unik, bakat yang berbeda-beda, dan cara berpikir yang khas. Selain itu ada juga kecerdasan yang seringkali diukur melalui prestasi akademik. Namun, ternyata kecerdasan lebih dari itu, teori-teori terbaru mengungkapkan bahwa kecerdasan manusia terdiri dari berbagai macam aspek.

Kecerdasan pada seorang anak juga dapat diasah dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengenalkan olahraga pada mereka.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan informasi tentang 5 olahraga yang membuat otak anak lebih cerdasdari akun Instagram @expertboost.id yang dikutip dari laman National Center for Biotechnology InformationSimak informasinya berikut ini.

Kumpulan Olahraga yang Membuat Otak Anak Lebih Cerdas

1. Berenang

Freepik

Mengajarkan olahraga berenang pada anak dipercaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir fleksibel, dan kesehatan mental serta kepercayaan dirinya. Dikatakan bahwa 10 sesi berenang untuk bayi bisa meningkatkan keterampilan motorik dan kemampuan kognitifnya.

2. Tenis

Freepik/freepik

Olahraga tenis dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan menstimulasi kemampuan menulis pada anak. Mengajarkan Tenis pada anak dapat meningkatkan kemampuan tersebut pada anak antara umur 8-12 tahun.

3. Basket/Sepakbola

Pixabay/minibaby

Basket dan sepakbola merupakan kedua jenis olahraga yang cukup populer dikalangan anak-anak. Mengajarkan kedua olahraga tersebut dapat meningkatkan kemampuan si Kecil dalam pemecahan sebuah masalah, dan emosi sosialnya. Disebutkan bahwa semakin besar kemampuan seorang anak pada skill di olahraga tersebut, maka kemampuan menyelesaikan masalah mereka juga akan semakin baik dan terlatih.

4. Catur

Pixabay/stevepb

Catur memang dikenal sebagai olahraga atau permainan yang mengharuskan untuk berpikir menyusun strategi. Oleh karena itu, mengenalkan catur pada anak dapat meningkatkan kemampuan numerik dan matematika, serta kemampuan kognitifnya secara keseluruhan.

5. Gymnastic/Senam

Freepik/Snowing

Olahraga Gymnastic atau senang dapat membantu anak untuk mendapat rentang fokus yang lebih baik, dan melatih otot serta keseimbangan mereka. Disebutkan bahwa anak-anak yang berlatih senam dan gymnastic dapat lebih awas dengan sekitarnya, dibanding anak-anak yang tidak berlatih senam dan gymnastic.

Itulah informasi tentang 5 olahraga yang membuat otak anak lebih cerdas. Bagaimana Ma, tertarik untuk mengenalkan salah satu dari olahraga tersebut pada si Kecil?

Baca juga:

The Latest