TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penyebab Kanker Tulang pada Anak yang Harus Diketahui

Kenali berbagai penyebab yang bisa menyebabkan kanker tulang pada anak

Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang hampir seluruh anggota tubuh, termasuk tulang.Kanker tulang merupakan salah satu kanker yang dapat menyerang siapapun termasuk anak-anak. Penyakit ini bisa terjadi pada bagian tulang mana saja di dalam tubuh, namun paling sering ditemukan pada tungkai, lengan, dan panggul.

Berdasarkan penyebabnya kanker ini dibagi menjadi dua yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang berkembang dan muncul tepat di dalam tulang, sedangkan kanker tulang sekunder merupakan jenis kanker tulang yang berkembang dan muncul dari anggota tubuh lain kemudian menyebar hingga ke tulang.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi tentang penyebab kanker tulang pada anak yang harus Mama dan Papa ketahui untuk menghindari risiko si Kecil terkena kanker tulang. Simak informasinya di bawah ini.

1. Kelainan genetik

Freepik

Salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan terjadinya kanker pada tulang adalah kelainan genetik atau bisa disebut sebagai sindrom Li-Fraumeni.Sindrom ini merupakan suatu kondisi genetik yang bersifat langka dan diwariskan secara autosomal dominan, yang berarti hanya diperlukan satu salinan gen yang bermutasi dari salah satu orangtua.

Sindrom Li-Fraumeni disebabkan oleh mutasi pada gen TP53 yang berperan dalam mengawasi pertumbuhan sel dan mencegah perkembangan sel kanker. Mutasi pada gen TP53 dapat mengganggu fungsi normalnya, meningkatkan kemungkinan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali.

2. Radioterapi

Health-articles.info

Meskipun radioterapi merupakan salah satu metode pengobatan untuk mencegah kanker. Namun, meski dalam kemungkinan yang sangat kecil, radioterapi juga dapat menyebabkan risiko terkena kanker tulang lewat paparan radiasi ionisasinya.

Radioterapi dirancang untuk menargetkan sel kanker. Namin,  sel-sel normal di sekitar area yang terkena, juga dapat terkena dampak radiasi. Paparan radiasi dapat merusak DNA sel normal dan menyebabkan mutasi genetik yang memiliki kemungkinan untuk membentuk kanker.

3. Kelainan pada tulang

Freepik/rawpixel.com

Kelainan yang terdapat pada tulang juga merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan terjadinya kanker tulang pada anak. Beberapa anak yang memiliki kelainan tulang seperti paget sangat berisiko terkena kanker tulang.

Paget merupakan kelainan tulang yang bersifat kronis dan mempengaruhi pembentukan dan pemecahan tulang. Pada kasus ini, tulang baru tumbuh secara abnormal dan lebih cepat daripada biasanya, tetapi tulang tersebut lebih lemah dan lebih mudah patah. Ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri tulang, deformitas, dan risiko fraktur.

4. Riwayat kanker

Freepik

Kanker tulang juga disebut lebih sering menyerang orang yang memiliki riwayat kanker. Hal ini disebabkan sel-sel kanker yang tersisa sebelumnya dapat menyebar kembali ke anggota tubuh lain termasuk tulang. Selain itu efek samping dari pengobatan yang telah dijalani seperti kemoterapi dan radioterapi juga dapat kembali menyebabkan tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

Itulah informasi tentang penyebab kanker tulang pada anak. Meskipun kanker tulang merupakan jenis kanker yang jarang ditemui. Namun, tidak ada salahnya Mama dan Papa harus tetap waspada dan menghindari si Kecil dari kanker tulang. Karena kanker tulang juga merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa berakibat fatal jika tidak dapat ditangani dengan baik.

Baca juga:

The Latest