TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cermat Memilih Susu Alternatif untuk Intoleransi Laktosa

Susu bebas laktosa sangat baik bagi anak yang alergi susu sapi

Freepik/Ilhamps07

Menyediakan nutrisi optimal untuk anak merupakan salah satu prioritas utama bagi orang tua. Salah satu sumber gizi yang tak tergantikan adalah susu. Namun, bagi anak-anak yang mengalami intoleransi laktosa, konsumsi susu dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, diare, dan nyeri perut.

Di sinilah susu bebas laktosa menjadi solusi ideal. Dengan menawarkan semua kebaikan susu biasa tanpa risiko gangguan pencernaan, susu bebas laktosa menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan orangtua yang ingin memastikan anak-anak mereka mendapatkan asupan gizi yang tepat tanpa khawatir akan efek samping yang tidak diinginkan.

Saat ini sudah banyak sekali susu bebas laktosa yang beredar di pasaran. Ada beberapa brand yang juga menemukan inovasi untuk alternatif susu, salah satunya adalah Arummi Foods brand produk alternatif susu dan protein berbasis nabati yang baru-baru ini menghadirkan inovasi Arummi Cashew Milk merupakan produk inovatif yang lahir dari komitmen Arummi untuk menghadirkan alternatif susu yang tidak hanya sehat tetapi juga enak.

Kali ini Popmama.com akan memberikan informasi tentang manfaat susu bebas laktosa untuk anak. Simak informasinya di bawah ini.

1. Apa itu susu bebas laktosa?

Freepik/jcomp

Susu bebas laktosa adalah produk susu yang telah diolah sedemikian rupa sehingga laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu, dihilangkan atau dipecah menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna. Laktosa biasanya dipecah oleh enzim laktase dalam tubuh menjadi glukosa dan galaktosa. Namun, beberapa anak-anak, memiliki intoleransi terhadap laktosa sehingga tidak dapat mencerna laktosa dengan baik, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan kram perut.

Susu bebas laktosa menawarkan alternatif yang tetap kaya nutrisi, seperti kalsium, vitamin D, dan protein, tanpa risiko gangguan pencernaan. Dengan menambahkan enzim laktase selama proses produksi atau menggunakan teknologi filtrasi untuk menghilangkan laktosa, susu ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, termasuk anak-anak yang perlu memastikan asupan gizi optimal untuk pertumbuhan mereka.

2. Susu bebas laktosa dari kacang mede

stephanieleenutrition.com

Brand produk alternatif susu dan protein berbasis nabati,Arummi Foods, baru-baru ini menghadirkan inovasi Arummi Cashew Milk merupakan produk inovatif yang lahir dari komitmen Arummi untuk menghadirkan alternatif susu yang tidak hanya sehat tetapi juga enak. 

Inovasi ini memanfaatkan kacang mede lokal, yang dikenal kaya akan nutrisi penting seperti asam folat, tembaga, dan magnesium. Co-Founder dan COO Arummi Foods, Raja Aulia Rezza Abdalla mengungkapkan, produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari opsi susu yang lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu hewani.

“Proses pengembangan Arummi Cashew Milk melibatkan riset mendalam dan pengujian untuk memastikan produk memenuhi standar kesehatan dan preferensi konsumen,” kata dia.

Motivasi utama di balik inovasi ini, kata dia lagi, adalah keinginan untuk memperkenalkan produk susu yang lezat dan sehat menggunakan bahan-bahan lokal Indonesia. Kacang mede, meskipun memiliki potensi besar, sebelumnya belum dimanfaatkan secara optimal di pasar domestik.

“Arummi berkomitmen untuk memanfaatkan bahan ini tidak hanya untuk memberikan alternatif yang lebih sehat tetapi juga untuk mendukung industri lokal dan mengurangi ketergantungan pada produk impor,” ujarnya.

Raja menambahkan, selama proses pengembangan, Arummi menghadapi tantangan dalam mengedukasi pasar tentang manfaat susu nabati, khususnya susu mede, yang masih tergolong baru bagi konsumen Indonesia. Namun, pendekatan yang berpusat pada konsumen dan riset pasar yang mendalam membantu Arummi memastikan produk mereka memenuhi harapan pelanggan.

“Feedback konsumen sangat berharga dalam mengembangkan produk, mulai dari rasa hingga kemasan, sehingga dapat menghadirkan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka,” jelasnya lebih jauh.

3. Susu bebas laktosa yang telah memenangkan award

Dok. Arumni

Inovasi yang dihadirkan Arummi tidak hanya memperkaya pilihan produk bagi konsumen tetapi juga berdampak positif pada industri susu nabati di Indonesia. Kesadaran konsumen terhadap produk susu nabati lokal yang berkualitas tinggi semakin meningkat, dan Arummi turut mendorong pertumbuhan industri ini serta meningkatkan nilai tambah kacang mede di dalam negeri.

Tidak mengherankan, Arummi baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi, Top Innovation Choice Award 2024 dari INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia, berkat inovasinya yang mengesankan dengan Arummi Cashew Milk.

“Penghargaan yang diterima menjadi indikator bahwa Arummi berhasil memanfaatkan komoditas lokal secara optimal dan menyajikan produk yang bermanfaat bagi kesehatan,” imbuhnya.

Menurut Raja lagi, inovasi Arummi Cashew Milk membedakan dirinya dari kompetitor dengan tekstur yang creamy dan rasa nutty serta gurih khas kacang mede. Produk yang tersedia dalam dua varian: Classic dan Barista. Varian Classic tidak hanya menyajikan rasa yang lezat tetapi juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral, termasuk asam folat yang bermanfaat untuk kesehatan wanita.

Itulah informasi tentang susu alternatif untuk anak yang intoleransi laktosa. Susu bebas laktosa menjadi pilihan ideal bagi anak-anak yang perlu memastikan asupan gizi optimal untuk pertumbuhan mereka.

Baca juga:

The Latest