TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Seberapa Penting Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Anak?

Kekurangan kalsium ditandai dengan gigi keropos atau mudah rapuh

Pexels/Alex Green

Kalsium merupakan salah satu nutrisi esensial yang berperan besar dalam tumbuh kembang anak, terutama dalam membentuk dan memperkuat tulang serta gigi.

Kebutuhan akan kalsium tentu tidak boleh diabaikan begitu saja. Ketika anak berada di fase pertumbuhan, tulang dan gigi mereka memerlukan fondasi kuat demi perkembangan di masa mendatang. 

Lantas, seberapa penting kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi anak? Bagaimana cara mencukupinya? Berikut Popmama.com siap membahasnya lebih lanjut terkait kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi anak

1. Mengonsumsi kalsium yang cukup akan membantu mencegah masalah gigi dan tulang

Freepik.com

Kalsium sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi anak agar menjadi lebih kuat.

drg. Idial Trixi Aspaningrum, Sp.KGA selaku dokter gigi anak dari Klinik Armedina menjelaskan bahwa konsumsi kalsium yang cukup sejak dini akan membantu mencegah masalah gigi dan tulang di kemudian hari.

“Tubuh menggunakan kalsium untuk menghasilkan zat yang dikenal sebagai hidroksiapatit. Senyawa inilah yang membentuk enamel gigi yang keras sehingga dapat melindungi bagian dalam gigi,” jelas drg. Idial Trixi Aspaningrum, Sp.KGA mengutip dari Siaran Pers yang diterima Popmama.com berjudul 'Mengungkap Fakta Tentang Kandungan Gula dan Nutrisi dalam Susu MILKU'.

Selain itu, kandungan kalsium dalam air liur juga dapat memperbaiki gigi rusak akibat asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. 

2. Susu kaya akan kalsium yang baik untuk dikonsumsi anak

Freepik

Susu menjadi salah satu produk yang mengandung kalsium baik untuk dikonsumsi anak. Kalsium dari susu UHT membantu memperkuat struktur gigi dan tulang anak.

Namun, penting untuk diingat bahwa kalsium perlu dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Gigi yang sehat penting untuk dimiliki anak agar dapat mengunyah makanan dengan baik dan tidak gampang berlubang. 

3. Kekurangan kalsium ditandai dengan gigi keropos

Freepik

Di sisi lain, kekurangan kalsium dari asupan makanan dapat mempengaruhi kesehatan gigi, terutama pada ketahanan dan kekuatannya.

“Tanda-tanda awal kekurangan kalsium pada gigi anak adalah gigi mudah rapuh atau gigi keropos,” ujar drg. Idial Trixi Aspaningrum, Sp.KGA.

4. Ideal minum susu maksimal 2 kali sehari

Freepik

Meski termasuk pilihan yang bagus untuk mencukupi kebutuhan kalsium si Kecil, Mama tetap perlu tau batas ideal memberikan asupan susu ke anak. Rekomendasi yang ideal minum susu maksimal 2 kali sehari dan tidak diantara waktu makan.

Sebab, minum susu terlalu sering juga berpengaruh terhadap nafsu makan anak ke depannya. Sebaiknya susu diminum pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum sikat gigi.

Setelah minum susu sebaiknya tidak langsung sikat gigi, beri jeda 1 jam sebagai usaha menetralkan PH rongga mulut. 

Nah, itu dia pembahasan mengenai kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi anak. Semoga informasinya bisa menjadi ilmu baru bagi Mama dan anak, ya!

Baca juga:

The Latest