TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Meditasi untuk Kecantikan, Membuat Kulit Tampak Segar

Seberapa sering kamu melakukan meditasi?

Freepik/pressfoto

Mungkin sebagian orang bermeditasi demi alasan seperti bersantai dan meningkatkan konsentrasi. Tetapi lebih dari itu, latihan meditasi juga sebagai pengalaman spiritual. Bahkan akan memberikan hasil luar biasa pada kesehatan kulit, lho.

Ya, meditasi memang telah ada selama ribuan tahun dan dipraktikkan guna pada banyak hal. Dengan berlatih meditasi secara teratur, latihan ini juga membantu mengatasi segala permasalahan kulit. 

Agar lebih jelas, berikut Popmama.com berikan informasi 5 manfaat meditasi untuk kecantikan. Yuk, lihat ulasannya!

1. Dianggap bisa memberikan nutrisi pada kulit

Freepik/jcomp

Sebenarnya meditasi mencakup beberapa teknik yang berasal dari tradisi timur dan Pengobatan Cina. Sedangkan salah satu manfaat dari meditasi untuk kecantikan, yakni dianggap sebagai bentuk dalam melancarkan peredaran darah.

Apabila peredaran darah menjadi lancar, maka akan memberikan nutrisi pada kulit. Ini pada akhirnya menghasilkan kulit yang tampak muda dan bersinar.

Dilansir dari Webmd, dengan peningkatan aliran darah membantu menyehatkan sel-sel kulit dan membuatnya tetap vital. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang bekerja di seluruh tubuh, termasuk kulit. Itulah manfaat meditasi untuk kecantikan yang pertama.

2. Mencegah penuaan dini dan lebih sedikit kerutan

Freepik/javi_indy

Bermeditasi hanya beberapa menit setiap hari, maka akan membawa efek positif untuk kesehatan kulit. Salah satunya membantu memperbaiki jaringan dan membuat kulit tampak segar. Melalui pernapasan penuh perhatian saat bermeditasi, ini juga menambahkan oksigen ke kulit.

Dimana hal itu merupakan kunci dalam meningkatkan kesehatan sel. Termasuk mencegahnya dari penuaan dini. Bahkan peningkatan oksigen dapat meremajakan kulit dan mengurangi kerutan. Pada akhirnya menekan respons gen pemicu peradangan di kulit, sehingga lebih sedikit kerutan.

Dermatologis Jennifer Chwalek, M.D. dari Union Square Laser Dermatology yang berbasis di New York City menjelaskan kepada Shape bahwa bermeditasi secara teratur tampaknya terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

3. Memberikan manfaat untuk pencegahan jerawat

Freepik/diana.grytsku

Meditasi adalah praktik kuno yang tidak ada keraguan bahwa manfaatnya untuk kecantikan. Salah satunya membantu membawa nutrisi ke kulit, sehingga membuatnya lebih lembab dan bercahaya.

Dr. Sejal Shah dari SmarterSkin Dermatology kepada The Zoe Repo mengatakan kepada Thezoereport bahwa meditasi teratur mengurangi kadar kortisol tubuh dan mengurangi jerawat. Ketika kadar hormon ini lebih rendah, ada peningkatan aliran darah ke kulit.

Dengan kata lain, meditasi akan memberikan manfaat dalam mengurangi jerawat. Bahkan termasuk pencegahan terhadap rosacea dan psoriasis, lho. Ini karena hormon yang dihasilkan saat bermeditasi, merangsang kulit memperbaiki kualitasnya sendiri.

4. Meningkatkan pergantian sel dan menjaga kulit tetap sehat

Freepik/lookstudio

Ternyata, meditasi membantu mengurangi dan mengatur hormon stres. Plus, melepaskan racun dari tubuh. Jadi melalui metode meditasi, ini membersihkan racun tubuh.

Hasilnya, meditasi akan membantu merangsang kuit lebih sehat. Cara kerjanya dengan mendorong perkembangan kolagen dan elastin. Ini juga meningkatkan pergantian sel dan memperbaiki penghalang kulit.

Dirilis dari Wsimag.com, detoksifikasi membersihkan pori-pori dan menjaga kulit tetap segar serta cerah. Detoksifikasi juga dapat membantu menghilangkan jerawat.

5. Membuat kulit tampak lebih segar merona

Freepik

Meditasi adalah praktik perawatan diri yang memberi lapisan kulit lebih sehat. Seiring waktu, meditasi dapat membuat kamu memiliki kulit yang cerah dan bercahaya dan indah. 

Bahkan membantu kulit saat kamu alami stres dan menyebabkan hilangnya kandungan air pada kulit. Akibatnya kulit jadi mudah terserang bakteri, infeksi dan iritasi.

Apalagi peningkatan oksigen ketika meditasi, ini juga meremajakan kulit dan membuat kulit tampak lebih segar merona. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kepercayaan diri kamu.

Nah, itulah 5 manfaat meditasi untuk kecantikan. Yuk, cobalah melakukannya minimal 5 menit sehari!

Baca juga:

The Latest