TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Berburu Baju Merek Lokal di Fashion Market 2024

Panggung khusus bagi brand fashion lokal

Popmama.com/Dewi Hanifah Ledjar Cahyani

Salah satu layanan belanja online aplikasi Tokopedia resmi membuka pergelaran Tokopedia Fashion Market yang berlangsung mulai tanggal 7 Februari hingga 11 Februari 2024. 

Acara ini digelar di Mall Kota Kasablanka, tepatnya di Grand Atrium dan Food Society. Tak hanya itu, di Tokopedia Fashion Market menyediakan sensasi belanja offline sekaligus belanja online. 

Tokopedia memberikan lapangan bagi para pelaku usaha lokal dengan menghadirkan pergelaran ini dengan menggaet berbagai merek fesyen lokal, mulai dari baju muslim perempuan, baju kasual untuk laki-laki, hingga baju untuk si Kecil. 

“Di Indonesia itu fashion ini memang menjadi barang yang sangat laris gitu, sampai 7,8% ke PDB Indonesia dan fashion ini adalah kategori produk kedua terbesar yang berkontribusi terhadap industri kreatif. Sejumlah wilayah mengalami peningkagan tertinggi jumlah penjual produk fashion sepanjang tahun 2023,” papar Head of Fashion Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, di acara press conference Tokopedia Fashion Market, Rabu (7/2/2024). 

Sejalan dengan diresmikannya Tokopedia Fashion Market sekaligus peluncuran fitur terbaru yang memberikan experience belanja offline dan online secara bersamaan di Tokopeda Fashion Market. 

Berikut Popmama.comberikan informasi selengkapnya mengenai berburu baju merek lokal di Fashion Market 2024. 

1. Rasakan fitur baru di Tokopedia Fashion Market

Popmama.com/Dewi Hanifah Ledjar Cahyani Press Conference Tokopedia Fashion Market, Rabu (7/2/2024).

Untuk mendorong geliat industri fashion Tanah Air, Tokopedia Fashion Market hadir dengan menggaet brand lokal, seperti Benang Jarum, Prepp Studio, Merche, dan masih banyak lainnya. Mereka juga memberikan berbagai macam promo yang bisa dinikmati hanya saat pergelaran fashion itu

Demi meningkatkan pengalaman belanja, Tokopedia meluncurkan fitur terbaru ‘Ambil di Tempat’ yang memberikan sensasi belanja offline sekaligus belanja online dengan cara: 

  • Pilih produk yang ingin dibeli di offline booth
  • Scan QR code yang tersedia di masing-masing offline booth
  • Pada halaman checkout, pilih pengiriman ‘Ambil di Tempat’ 
  • Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran
  • Setelah pembayaran berhasil, pembeli bisa langsung mengambil pesanan secara offline di booth

2. Tersedia puluhan brand lokal

Popmama.com/Dewi Hanifah Ledjar Cahyani Tokopedia Fashion Market, Rabu (7/2/2024).

Tingginya permintaan masyarakat akan produk fashion, terlihat dari tren belanja online yang mencatat bahwa fashion menjadi salah satu kategori yang paling laris sepanjang tahun 2023. 

Tokopedia Fashion Market turut dimeriahkan oleh berbagai brand lokal, seperti Benang Jarum, Prepp Studio, Merche, dan masih banyak lainnya.

“Nah karena kita ngelihat potensi kita jualan online di Tokopedia aja tuh bener-bener bagus, jadi kita merasa it is a good opportunity ketika ditawarin, apalagi mall-nya Kokas (Kota Kasablanka) kan dan target marketnua pas banget sama Benang Jarum juga, perempuan yang suka belanja,” jelas Vice President of Marketing and Brand Strategy Benang Jarum, Kanya Trihapsari.

3. Tips sukses membangun brand lokal dari pelaku usaha

Popmama.com/Dewi Hanifah Ledjar Cahyani

Merintis usaha memang bukan hal yang mudah, butuh kiat-kiat khusus untuk terus bertahan dalam membangun suatu brand. Menurut salah satu Co-Founder brand lokal baju laki-laki, Satria Adiyasa, hal yang perlu diperhatikan adalah mencari alasan kuat kenapa kita akan membangun brand tersebut. 

“Kalau Prepp sendiri itu saya selalu mencari find your why, kenapa kita mau build di brand ini. Nah makannya dari itu kenapa kita find your why itu penting sipaya kita lebih konsisten,” papar Co-Founder Prepp Studio, Satria Adiyaksa. 

Melanjuti hal itu, Kanaya Trihapsari selaku Co-Founder Benang Jarum mengatakan bahwa melihat peluang yang ada potensinya dan barus konsisten dalam memulai usaha. 

“Lihat peluang yang ada potensinya apa gitu, jadi zaman sekarang contohnya mungkin dulu pas pandemi kita berpikir bahwa semua pintu tertutup, tapi ternyata Alhamdulillah sampai detik ini kita masih berdiri. Jadi memang kita harus bisa melihat peluang dan harus konsisten juga.”

Selanjutnya, Lead Marketing Merché, Zein Witriandani mengungkapkan bahwa salah satu tips dalam merintis usaha adala melihat keinginan pelanggan yang utama. 

“Pertama adalah kita harus kenal juga sama customer gitu, kalau bisa kalau ada waktu gitu lebih deep buat tahu tentang mereka. Jadi di situ ketahuan kebutuhan mereka,” ungkap Zein.

Demikian informasi mengenai berburu baju merek lokal di Fashion Market 2024. Selamat berbelanja ya, Ma! 

Baca juga:

The Latest