TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penyebab Muncul Bintik-Bintik di Wajah Tapi Bukan Jerawat, Apa itu?

Ketahui penyebab bintik-bintik di wajah yang mirip jerawat, Ma

Freepik

Mama, pernah nggak mengalami tiba-tiba muncul bintik-bintik kecil di wajah yang bikin bingung, karena jelas bukan jerawat? Bintik-bintik ini mungkin terasa mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri.

Masalah kulit seperti ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebersihan kulit yang kurang terjaga, alergi terhadap produk kosmetik, hingga kondisi kulit tertentu yang memerlukan perawatan khusus. Kadang-kadang, bintik-bintik ini muncul tanpa tanda-tanda peringatan, dan sulit untuk ditebak penyebab pastinya.

Namun, jangan khawatir karena Popmama.com akan menghadirkan informasi terkait penyebab bintik-bintik di wajah yang mirip jerawat untuk Mama. Yuk, baca di bawah ini, ya! 

Macam-Macam Nama dan Penyebab Bintik Pada Wajah

1. Bruntusan

Freepik/freepik

Bruntusan sering muncul sebagai bintik-bintik halus yang terasa kasar di permukaan kulit. Dilansir dari Healthline, bruntusan bisa terjadi karena pori-pori yang tersumbat, alergi, atau reaksi terhadap produk kosmetik yang tidak cocok.

Bruntusan juga bisa diperparah oleh paparan polusi atau lingkungan yang kotor. Untuk mencegahnya, pilihlah produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan hindari bahan yang dapat memicu iritasi, seperti pewangi buatan atau alkohol.

2. Hiperpigmentasi

Freepik

Hiperpigmentasi menyebabkan bintik-bintik cokelat atau hitam muncul di wajah. Dilansir dari ClevelandvClinic, hiperpigmentasi umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan atau bekas jerawat yang belum memudar.

Untuk mencegahnya, Mama bisa menggunakan tabir surya setiap hari, dan jika sudah muncul, produk yang mengandung vitamin C atau niacinamide dapat membantu memudarkan bintik hitam ini.

3. Keratosis Pilaris

Freepik

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit yang menyebabkan bintik-bintik kecil seperti kulit ayam di sekitar pipi atau lengan. Dilansir dari Harvard Health Publishing, kondisi ini disebabkan oleh penumpukan keratin yang menghalangi folikel rambut, menyebabkan kulit terasa kasar.

Meski tidak berbahaya, keratosis pilaris bisa mengganggu penampilan. Penggunaan pelembap yang mengandung AHA atau BHA bisa membantu melembutkan kulit dan memperbaiki tekstur. 

4. Komedo Putih (Whiteheads)

medicalnewstoday.com

Meskipun tidak terlalu menonjol seperti jerawat, komedo putih juga bisa muncul sebagai bintik-bintik kecil di wajah. Dilansir dari Mayo Clinic, komedo putih muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, tetapi tidak terpapar udara, sehingga tetap berwarna putih.

Untuk mengatasi komedo putih, Mama bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

5. Milia

siloam hospital.com

Milia adalah bintik putih kecil yang sering muncul di sekitar mata atau pipi. Dilansir dari American Academy of Dermatology, milia terbentuk akibat sel-sel kulit mati yang terjebak di bawah lapisan kulit, menyebabkan benjolan kecil yang terlihat seperti jerawat namun tidak meradang.

Milia sering terjadi pada bayi, namun orang dewasa pun bisa mengalaminya. Salah satu cara mengatasi milia adalah dengan eksfoliasi ringan secara rutin dan menggunakan pelembap non-komedogenik.

6. Rosacea

Freepik

Rosacea sering kali disertai dengan kemerahan pada wajah dan munculnya bintik-bintik kecil yang mirip jerawat. Dilansir dari National Rosacea Society, kondisi ini biasanya dialami oleh orang dewasa berusia 30 hingga 50 tahun, dan meskipun penyebab pastinya belum diketahui.

Faktor pemicu rosacea seperti makanan pedas, alkohol, dan paparan sinar matahari dapat memperburuk gejalanya. Perawatan kulit yang lembut dan menghindari pemicu tersebut dapat membantu mengontrol gejala rosacea.

7. Ruam Kulit (Dermatitis Kontak)

Freepik

Ruam kulit yang disertai bintik-bintik kecil bisa jadi tanda dermatitis kontak. Dilansir dari National Eczema Association, kondisi ini terjadi ketika kulit mengalami reaksi alergi terhadap bahan kimia yang ada di produk seperti sabun, parfum, atau kosmetik.

Bintik-bintik kecil ini sering muncul dengan rasa gatal dan kemerahan. Untuk mengatasi ruam, hindari produk yang memicu alergi dan gunakan pelembap yang hipoalergenik.

Cara Mengatasi Bintik-Bintik Pada Wajah

1. Cuci muka dua kali sehari

Paxels/Polina Kovaleva

Dilansir dari Medical News Today, mencuci wajah secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit dan mencegah munculnya bintik-bintik. Kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Jadi, pastikan Mama membersihkan wajah dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat. Walaupun sibuk beraktivitas jangan lupa untuk mencuci muka, ya. 

2. Hindari menggosok wajah terlalu keras

Freepik/Pvproductions

Menggosok kulit dengan kain atau waslap secara kasar malah bisa memperburuk kondisi kulit, lho! Menurut American Academy of Dermatology, gesekan berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Sebaiknya, gunakan pembersih lembut dan aplikasikan dengan tangan yang bersih atau sikat wajah berbulu halus. Setelah membersihkan muka gunakan handuk yang bersih. 

3. Gunakan sunscreen secara teratur

Freepik/Freepik

Sinar matahari memang penting untuk kesehatan, tapi paparan berlebihan bisa menyebabkan bintik-bintik di wajah. Dilansir dari Cleveland Clinic, paparan sinar UV tanpa perlindungan dapat mempercepat munculnya flek hitam dan memperburuk kondisi kulit.

Maka dari itu, penting banget untuk selalu memakai tabir surya setiap hari, meskipun Mama hanya di dalam rumah. Cukup gunakan sunscreen sehari sekali. 

4. Hindari produk perawatan mengandung minyak

Freepik/lookstudio

Produk perawatan kulit yang mengandung minyak bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti bintik-bintik atau jerawat. Biasakan selalu cek komposisi dari produk skincare sebelum membeli atau memakainya, Ma. 

Dilansir dari Mayo Clinic, produk non-komedogenik yang tidak menyumbat pori lebih baik digunakan untuk mencegah munculnya bintik-bintik di wajah.

5. Jangan terlalu sering melakukan pengangkatan sel kulit mati

Freepik

Eksfoliasi memang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tapi jika dilakukan terlalu sering, justru bisa merusak lapisan kulit Mama. Dilansir dari Harvard Health Publishing, eksfoliasi berlebihan bisa menyebabkan iritasi, membuat kulit kering, dan memperparah bintik-bintik.

Sebaiknya, lakukan eksfoliasi dengan lembut maksimal dua kali seminggu agar kulit tetap halus tanpa iritasi. Dengan begitu kulit mama akan jauh lebih terawat. 

Nah, itu dia informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab bintik-bintik di wajah yang mirip jerawat. Semoga bermanfaat, ya! 

Baca juga:

The Latest