TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Jenis Kain yang Bisa Digunakan untuk Gamis

Material adem dan nyaman dikenakan seharian

pexels/Anna Tarazevich

Tak hanya digunakan saat momen lebaran, gamis menjadi pilihan outfit para perempuan muslimah untuk di berbagai acara.

Meski kini banyak label lokal yang menghadirkan beragam pilihan gamis, tak banyak pula yang memilih untuk menjahit sendiri.

Jika Mama sedang merencanakan untuk menjahit gamis sendiri, kenali dulu berbagai pilihan bahan yang cocok di Popmama.com berikut ini.

 

1. Kain katun

Pexels/karolina grabowska

Katun merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk gamis. Umumnya, katun memiliki banyak jenis seperti katun combed, katun toyobo, katun madinah, dan lainnya. 

Jenis kain ini menjadi pilihan karena terbuat dari serat alam dari tanaman kapas dan dikenal mudah menyerap keringat sehingga sangat nyaman untuk dikenakan seharian.

2. Kain Satin

Pexels/Artem Podrez

Selanjutnya adalah kain satin. Jenis kain ini memiliki tekstur yang halus dan mengilap pada bagian depannya. Kain ini juga sering dijadikan pilihan untuk gamis karena memberikan tampilan yang mewah. 

Sama halnya dengan kain katun, satin juga memiliki beberapa jenis. Namun, jenis satin yang paling sering digunakan untuk gamis adalah satin duchesse.

3. Kain Crepe

Pexels/Engin Akyurt

Pilihan kain berikutnya yang cocok digunakan untuk membuat gamis adalah crepe. Ciri khas kain ini memiliki serat yang rapat, tebal, dan tidak menerawang. 

Tak hanya itu gamis yang dibuat dari material kain crepe umumnya terasa lebih adem dan ringan saat dikenakan.

4. Kain Maxmara

Pexels/karolina grabowska

Mama sering mendengar jenis kain ini? Kain Maxmara juga cukup populer untuk gamis.

Kain Maxmara banyak diminati karena pilihan motif yang bervariatif serta teksturnya lembut sehingga nyaman saat dikenakan. Kain ini juga memberikan kesan sederhana namun tetap terlihat mewah.

5. Kain Brokat

Pexels/ maadhuri g

Rasanya tak lengkap jika menjahit gamis tanpa detail brokat. Kain brokat cocok untuk digunakan saat membuat gamis.

Pasalnya, brokat memiliki detail dan kasen yang sangat bervariatif sehingga bisa disesuaikan dengan model gamis apapun. 

6. Kain Linen

Pexels/Engin Akyurt

Jenis kain lainnya yang terkenal untuk bahan gamis adalah linen. Kain ini terbuat dari serat alam tumbuhan rami. Meski harganya cukup mahal namun bahan ini masih sangat diminati karena teksturnya yang ringan. 

Namun, jenis kain umumnya menerawang karenanya Mama perlu menggunakan furing jika memilih linen sebagai bahan untuk menjahit gamis sendiri.

7. Kain Sutra

Pexels/Tamanna Rumee

Kain sutra memiliki tekstur permukaan yang lembut serta mengilap. Jenis kain terbilang mahal karena memang terbuat dari serat kepompong ulat sutra. 

Biasanya banyak yang menggunakan kain sutra untuk gamis yang khusus dikenakan pada acara-acara penting seperti pernikahan, pertemuan keluarga besar, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai rekomendasi jenis kain yang dapat digunakan untuk menjahit gamis. Sudahkah Mama menjatuhkan pilihan?

Baca juga

The Latest