TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Aqua Peeling Jadi Tren Perawatan Wajah ala Korea yang Wajib Kamu Coba

Sudah coba perawatan wajah yang satu ini?

Ketika Mama berpikir tentang pengelupasan wajah, apakah kamu membayangkan kulit yang mengelupas, yang berwarna merah terang, bersisik, dan sensitif terhadap cahaya? Dengan teknologi yang semakin canggih, kini pengelupasan kulit wajah untuk kecantikan tidak selalu seperti deskripsi di atas.

Pengelupasan kecantikan ala Korea tidak sekeras yang terlihat. Dikenal sebagai pengelupasan wajah dengan aqua, perawatan kulit ala Korea yang populer ini, semakin populer di Amerika Serikat. 

Perawatan ini, dapat dilakukan oleh dokter kulit atau ahli kecantikan, dan bermanfaat untuk mengelupas, melembapkan, dan memperbaiki tekstur kulit. Penasaran? Berikut, Popmama.com bagikan aqua peeling jadi tren perawatan wajah ala Korea yang wajib kamu coba.

1. Mengenal apa itu aqua peel facial?

Tiktok.com/@donnavlogs

Perawatan wajah dengan aqua peel merupakan cara yang lembut untuk membersihkan dan memperbaiki kulit. Mesin khusus menggunakan bahan kimia dan tindakan fisik untuk mengangkat sel kulit mati dan menambahkan zat-zat yang bermanfaat.

Dr. Teo Wan Lin, seorang dokter kulit bersertifikat, mengatakan bahwa aqua peel merupakan metode hidrodermabrasi yang paling populer di klinik dermatologi Korea. Metode ini dikenal lebih lembut daripada metode pengelupasan kulit tradisional, seperti chemical peel, sehingga cocok untuk kulit sensitif. Metode ini sering digunakan sebagai perawatan yang menenangkan sebelum atau setelah prosedur laser.

2. Keuntungan melakukan aqua peel facial apa aja, sih?

Tiktok.com/@michelleyaejin

Terdapat beberapa keuntungan, yang membuat perawatan kulit wajah ini digemari banyak orang, khususnya para perempuan. Perawatan ini membersihkan pori-pori secara mendalam melalui pengelupasan ringan. Cocok untuk semua jenis kulit (termasuk kulit sensitif).

Lalu, dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit selama 1-2 hari setelah perawatan. Turut memberikan efek mencerahkan pada bintik hitam, dan tidak perlu waktu pemulihan, lho.

3. Berapa jumlah uang yang perlu disiapkan?

Tiktok.com/@thruhelenslens

Dr. Kay Hong, seorang ahli kecantikan di Beauty Day Korea, sebuah studio kecantikan yang berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan, mengatakan bahwa, perawatan wajah dengan aqua peel di Korea Selatan biasanya berharga sekitar $75 atau kurang lebih Rp 1.2 juta. 

Namun, ia memperingatkan agar tidak memilih opsi yang terlalu murah, karena adanya kemungkinan menggunakan solusi generik, bukannya solusi yang disesuaikan bagi masing-masing wajah pasien. Sedangkan, kalau di Amerika Serikat, perawatan wajah dengan aqua peel biasanya lebih mahal, berkisar antara $100 dan $200 atau kurang lebih Rp 1.5-3.2 juta. Kabar baiknya adalah kamu dapat melihat hasilnya hanya dari satu kali perawatan, dengan kulit yang lebih baik dan pori-pori yang lebih bersih.

4. Cara mempersiapkan diri untuk perawatan aqua peel

Freepik.com/freepik

Meskipun perawatan wajah dengan aqua peel tidak sekeras perawatan kulit dengan bahan kimia tradisional, Dr. Hong menyarankan untuk tidak menggunakan scrub wajah atau produk perawatan kulit dengan bahan aktif.

Produk-produk ini biasanya meliputi berbagai bahan seperti retinol, AHA, BHA, dan vitamin C. Hindari penggunaan produk berbahan tersebut selama seminggu sebelum perawatan. Jika Mama tidak yakin, sebaiknya bicarakan dengan seorang profesional yang dapat memberi saran khusus.

5. Apa yang dilakukan selama perawatan

Tiktok.com/@michelleyaejin

Perawatan wajah dengan aqua peel sebenarnya berlangsung cepat dan relatif tidak sakit. Perawatan ini melibatkan tiga langkah, mulai dari menghilangkan kotoran, pengelupasan, lalu penambahan nutrisi pada kulit. 

Perawatan wajah ini dapat dikombinasikan dengan perawatan lain seperti terapi cahaya atau stimulasi listrik. Bagian terbaiknya adalah tidak perlu waktu pemulihan setelahnya!

6. Hasil yang akan kamu dapatkan setelah perawatan

mediskin.my

Aqua peel menggunakan pengelupasan fisik dan kimia untuk mengangkat sel kulit mati. Ini membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat hingga 2-3 hari. Kamu juga akan melihat pori-pori yang lebih kecil, warna kulit yang lebih merata, dan tekstur kulit yang lebih baik.

Dr. Jenny Liu, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor di University of Minnesota, mengatakan bahwa perawatan yang melembapkan wajah ini, akan membantu kulit mempertahankan kelembapan dan membuatnya terasa lebih lembut. Perawatan ini juga membantu kulit menyerap produk lain seperti serum dan riasan dengan lebih baik. 

7. Efek samping aqua peel facial

Tiktok.com/@chu.skin.clinic

Setelah perawatan aqua peel, kulit Mama mungkin akan terlihat sedikit merah untuk sementara waktu, tetapi ini akan hilang dengan sendirinya. Terkadang, kamu mungkin juga akan mendapatkan beberapa jerawat untuk waktu yang singkat karena perawatan tersebut dapat merangsang kelenjar minyak.

Dr. Teo menekankan bahwa sangat penting untuk memilih seorang profesional yang terampil untuk perawatanmu. Orang ini harus dilatih untuk mengidentifikasi tanda-tanda ketidaknyamanan, memegang perangkat dengan benar, memahami struktur wajah, dan memastikan Mama merasa nyaman selama prosedur berlangsung.

8. Pasca perawatan

Tiktok.com/@michelleyaejin

Dr. Hong menyarankan untuk menghindari aktivitas dan produk yang keras selama seminggu setelah perawatan. Ini termasuk hal-hal seperti sauna, latihan yang intens, dan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. 

Ia juga merekomendasikan penggunaan pelembap dan tabir surya setiap hari. Dua hal ini tidak kalah penting, ya Ma.

Itulah, water peeling jadi tren perawatan wajah ala Korea yang wajib kamu coba. Perawatan yang satu ini akan cocok banget untuk para pemilik kulit kering. Jadi, kapan mau coba perawatan wajah yang satu ini?

Baca juga:

The Latest