TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Ide Mix and Match Kain Tradisional dengan Pakaian Modern

Tunjukkan budaya Indonesia dengan menggabungkan tampilan modern dan tradisional. Yuk, berkain!

Budaya Indonesia yang sangat kaya patut dipertunjukkan kepada dunia. Salah satunya adalah dengan cara berpakaian. Siapa yang masih berpikir kalau busana yang khas dengan budaya akan terlihat ketinggalan zaman?

Sekarang sudah tidak lagi! Banyak desainer lokal yang bisa menghasilkan berbagai macam outfit yang timeless dan patut dibanggakan, dengan sentuhan modern.

Cocok untuk berbagai acara yang akan kamu hadiri. Baik acara formal maupun informal. Berikut, Popmama.com bagikan 7 idemix and match kain tradisional dengan pakaian modern.

1. Padukan kaus dengan kain bermotif

Popmama.com/Gracia Irene

Desain yang satu ini bisa jadi opsi untuk kamu yang masih ingin terlihat kasual tapi tetap rapi. Desain dari One Fine Sky dan Reza Rahadian ini menggabungkan print shirt dengan gambar Ki Hadjar Dewantara, yang dipadukan dengan kain bermotif.

Kain dengan motif ukel/spiral ini memberikan kesan yang fun dan cute, namun tetap edgy dengan pilihan warnanya hitam dan merah. Pilihan warna merah pada bawahan satu ini, juga memberikan sepercik warna agar busana tidak terlihat biasa saja.

2. Kain lurik dengan blus berlengan pendek

Popmama.com/Gracia Irene

Gaya yang satu ini menampilkan desain yang elegan. Menggabungkan motif garis-garis yang modern dengan garis lurik khas Indonesia, membuat gaya yang satu ini bisa banget Mama pakai di berbagai acara.

Pilihan blus berwarna dasar putih dengan garis berwarna abu yang dicetak secara merapat, menjadi opsi pakaian modern yang wajib kamu miliki. Sementara, kain lurik paduan warna ungu dan cokelat memberikan pilihan warna baru yang mungkin Mama belum pernah coba sebelumnya. Desain yang satu ini karya desainer Indonesia, Peggy Hartanto, lho.

3. Motif ukel-pakis, motif yang wajib kamu coba

Popmama.com/Gracia Irene

Terinspirasi dari kecintaan sang desainer, Josephine Komara, pada tumbuhan pakis dan ukel, yang menunjukkan esensi kehidupan, terciptalah kain bermotif yang unik ini. Warna-warna yang dipilih, yaitu biru bergradasi, abu dan cokelat juga mudah untuk dipadupadankan.

Kamu bisa memadukan kain-kain ini dengan berbagai macam atasan. Mulai dari kebaya kain, kemeja, sampai kaus, semuanya akan membuat mata memandangmu. Untuk menonjolkan motif-motif batiknya, disarankan untuk menggunakan atasan yang polos.

4. Modist wear dengan sarung batik floral

Popmama.com/Gracia Irene

Hasil karya desainer Yogie Pratama yang satu ini hijab-friendly, lho! Atasan yang memiliki lengan panjang dan kerah tinggi ini, aman untuk kamu yang ingin berkain, dengan memberikan unsur modist fashion.

Bagian depan atasan berhenti di bagian lutut, sementara bagian belakangnya memanjang hingga semata kaki. Berwarna sederhana, yaitu putih polos, atasan satu ini dipadukan dengan kain berwarna dasar cokelat dan bordir berwarna merah. 

Selain itu, motif yang dipilih juga tidak sembarangan, motif floral dari dedaunan dan bunga-bunga, memberik kesan feminin dan anggun, bagi yang memakainya. Mama tinggal tambahkan hijab favorit Mama, deh.

5. Paduan brooch dengan kaus polos dan kain bermotif diamond

Popmama.com/Gracia Irene

Kreasi busana yang satu ini adalah hasil kerjasama terbaru, antara One Fine Sky dan Bin House. Menggabungkan kaus polos yang santai dengan brooch awan tersenyum yang menggemaskan, ternyata cocok juga kalau dipadupadankan dengan kain bermotif diamond.

Padu padanan atasan dan bawahan yang berwarna putih dan biru tua, membuat kedua warna mampu menarik mata. Selain itu, bordir pada kain dibuat berbeda warna dan motif, menunjukkan budaya Indonesia yang kaya.

6. Kemeja berkerah dengan kain bergaris miring

Popmama.com/Gracia Irene

Outfit yang satu ini bisa banget Papa coba pakai, pada acara spesial. Tak hanya kamu memberikan penampilan yang baru, kamu juga memperkenalkan budaya Indonesia. Kemeja sederhana berwarna putih yang satu ini, dilengkapi dengan brooch awan tersenyum, aksesori yang menjadi pilihan menarik.

Kamu bisa memadukannya dengan kain berwarna dasar biru dongker, warna yang maskulin tapi juga elegan dipandang. Kalau biasanya garis memiliki posisi vertikal atau horizontal, motif garis yang digunakan kali ini, miring. Memberikan look yang berbeda, menunjukkan kreativitas penciptanya.

7. Men Kimono dengan kain cokelat

Popmama.com/Gracia Irene

Kolaborasi dengan brand fashion lokal Sejauh Mata Memandang, mencampurkan dua budaya. Budaya Jepang yang terpancar dengan pakaian kimono, dan kain batik khas nusantara.

Ini adalah gaya lain yang bisa jadi opsi untuk Papa, di kala memiliki acara yang formal. Bahan akan membentuk badan, menciptakan siluet yang fenomenal. Pemilihan kain juga tidak sembarangan. Paduan kain bermotif garis dan diamond, membuat kedua sisi terlihat seimbang, tanpa saling menyaingi satu sama lain.

Itulah 7 idemix and match kain tradisional dengan pakaian modern. Kain merupakan pakaian yang timeless, genderless dan cocok untuk semua orang. Yuk, lebih sering berkain dan sebarkan budaya Indonesia yang indah melalui penampilanmu.

Baca juga:

The Latest