TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jus Buah & Sayur untuk Menutrisi Kulit Wajah agar Makin Glowing

Glow up drink ini bisa bantu kamu mendapatkan skin goals!

Tahu nggak sih, skincare nggak hanya berbentuk produk-produk berbotol dengan nama-nama brand ternama. Sebelum ada riset yang mumpuni dan teknologi canggih, skincare dapat berupa jus, lho.

Kamu bisa meminum berbagai campuran buah dan sayur, yang diblender sehingga mudah untuk dikonsumsi. Selain lebih natural, jus juga dapat menutrisi kulit wajah, yang seringkali jadi pusat perhatian.

Berikut, Popmama.com bagikan minum jus bisa menutrisi kulit wajah. Yuk, langsung cobain dan rasakan manfaatnya sendiri!

1. Brightening agent

Instagram.com/aggya_

Kalau kamu ingin mencerahkan wajah, kamu bisa coba buat jus yang satu ini. Isinya ada pir, jahe, kiwi, dan timun.

Buah pir memang terkenal kaya akan antioksidan yang dapat membantu meringankan hiperpigmentasi dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Sementara jahe, membantu mencerahkan kulit dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, yang juga membantu mengurangi produksi melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Kiwi mengandung asam sitrat yang membantu mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan merata. Sedangkan, kolagen yang dihasilkan timun bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas luka.

2. Sun protector

Instagram.com/aggya_

Jeruk, tomat dan wortel yang dicampur dan diminum dalam bentuk jus akan membantu kamu memerangi matahari. Menggunakan sunscreen memang penting, tapi bagaimana jadinya kalau kamu tambah dengan minuman satu ini.

Jeruk yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, sering dijadikan bahan utama produk perawatan kulit. Kandungannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Likopen dalam tomat bisa membuat kulit awet muda. Nutrisi ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaikinya. Sementara itu, wortel yang kaya akan beta-karoten dan mineral, juga mengandung vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan bertindak sebagai perisai alami kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

3. Acne warrior

Instagram.com/aggya_

Untuk kamu yang menghadapi masalah jerawat pada wajah, Mama maupun Papa wajib cobain jus yang satu ini. Memadukan nanas, kale dan apel hijau, jus satu ini bisa kamu coba buat mengurangi jerawat secara bertahap.

Nanas, dengan kandungan enzim bromelain antimikroba, dapat membantu mengatasi jerawat. Konsumsi nanas secara teratur berkontribusi pada kulit yang lebih sehat dengan menjaga stabilitas gula darah. 

Sementara, radikal bebas yang merusak kulit dan memicu jerawat dapat dinetralisir oleh antioksidan yang berlimpah dalam kale. Selain itu, kandungan antibakteri dan anti-inflamasi dalam kale membantu mencegah dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Nah, kalau apel hijau itu terkenal memiliki polifenol, sejenis antioksidan yang kuat. Apel juga berfungsi sebagai pencegah jerawat karena kaya akan vitamin C yang meremajakan kulit.

4. Collagen builder

Instagram.com/anggya_

Kubis ungu yang dipadukan dengan lemon, nanas dan jahe, akan menjadi minuman penambah kolagen untuk Mama maupun Papa, lho! Kubis ungu menghasilkan kandungan antioksidan tinggi yang membuatnya efektif dalam melindungi sel tubuh dan juga radikal bebas.

Kolagen adalah komponen utama dalam kulit yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan kekenyalan, sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat. Nah, kamu bisa mendapatkannya dari buah lemon, lho.

Sedangkan, nanas merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin C, yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Satu porsi nanas saja sudah mencukupi hampir seluruh kebutuhan vitamin C harianmu ,lho.

Nah, kalau kamu ingin kolagen pada kulit tetap terjaga dan terus terproduksi, kamu harus mengonsumsi jahe.

5. Retinol retainer

Instagram.com/anggya_

Untuk Mama maupun Papa yang ingin tetap terlihat awet muda, retinol wajib menjadi salah satu bagian dari skincaremu. Retinol kali ini, dapat ditemukan dalam secangkir jus berisi apel, wortel, jeruk, jahe dan kunyit.

Isi yang bervariasi ini memberikan banyak sekali manfaat pada kulit dan juga tubuh. Diantaranya, ada beta-karoten yang ada pada wortel, yang merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga membantu menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan awet muda. 

Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan noda hitam, bisa kamu temukan dari kunyit. 

6. Moisturize fully

Instagram.com/anggya_

Semangka, nanas, lemon dan jahe, akan cocok untuk kamu pemilik kulit normalto dry. Kulit yang kering, jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan kulit.

Oleh itu, minuman yang satu ini bisa jadi solusi untuk para pemilik kulit kering. Semangka diketahui memiliki kandungan vitamin C, yang merangsang pembentukan kolagen, sehingga lapisan terluar kulit menjadi lebih halus dan kenyal.

Sementara, nanas, dengan kandungan vitamin A, C, K, dan mineral, serta enzim bromelain yang anti-inflamasi, sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Buah satu ini, selain menghidrasi, dapat juga membantu membersihkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi jerawat dan bekasnya, serta menjaga kulit tetap kencang. 

Itu tadi, minum jus bisa menutrisi kulit wajah. Sudah siap untuk glow up dengan berbagai minuman ini?

Baca juga:

The Latest