TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mendapatkan Warna Bedak untuk Kulit Sawo Matang, Bebas Khawatir

Tenang, sekarang banyak cara mendapatkan bedak untuk kulit sawo matang

Memiliki kulit sawo matang merupakan keuntungan juga, lho! Kamu pemilik kulit sawo matang biasanya akan disebut sebagai pemilik kulit eksotis. 

Kulit eksotis artinya memiliki warna kulit yang nggak terlalu putih, tapi juga nggak terlalu gelap. Bayangin aja warna cokelat, warnahangat yang pas, gitu. Tapi, memiliki kulit sawo matang seringkali membuat beberapa perempuan kesulitan menemukan warna bedak yang cocok.

Shade yang kurang tepat dapat membuat kulit wajah terlihat lebih gelap atau malah pucat. Komposisi bedak yang sesuai jenis kulit, juga akan memberikan hasil yang optimal. Berikut, Popmama.com bagikan cara mencari warna bedak untuk kulit sawo matang.

1. Ketahui shade bedak yang tepat

sephora.co.id

Tidak semua shade bedak cocok untuk kulit sawo matang. Tapi untungnya, sekarang banyak shade yang disediakan untuk kulit gelap satu ini.

Kalau pada bedak hanya terdapat tiga macam warna, shadelight umumnya lebih cocok untuk kulit putih atau kuning langsat, sedangkan shade natural lebih sesuai untuk kulit sawo matang yang tidak terlalu gelap, dan shade beige cocok untuk kamu pemilik kulit sawo matang yang lebih gelap.

Shade bedak natural jadi pilihan yang ideal untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pemilik kulit sawo matang yang tidak terlalu gelap, tanpa membuatnya terlihat pucat. Shadebeige sering dipilih sebagai warna tergelap oleh mereka yang berkulit sawo matang.

2. Bedak kulit sawo matang untuk jenis kulit berminyak

narscosmetics.com

Mengetahui jenis kulitmu sebelum membeli bedak, bisa banget bantu kamu mendapatkan bedak yang tepat. Agar kulit berminyak terlihat lebih matte dan segar sepanjang hari, sebaiknya pilih bedak padat yang bisa mengontrol minyak dengan baik.

Hindari bedak yang memberikan efek dewy atau glowing karena bisa membuat wajah terlihat lebih berminyak. Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa gunakan skincare dan primer sebelum mengaplikasikan bedak. Dengan begitu, makeup akan lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.

3. Kulit sawo matang dengan jenis kulit kering

nyxcosmetics.com

Pemilik kulit kering sebaiknya memilih bedak yang memberikan kelembapan ekstra. Kalau kulit kering menggunakan bedak yang membuat kulit menjadi kering, maka akan berdampak pada kulit yang mengalami  iritasi, terkelupas dan tampak kemerahan.

Coba juga pakai bedak tabur yang bisa diaplikasikan pakai kuas atau spons. Selain itu, pastikan kulit selalu terhidrasi dengan baik sebelum melakuka makeup. Gunakan pelembap yang kaya akan nutrisi untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

Kamu juga bisa menghindari penggunaan bedak yang berlebihan, terutama di area pipi dan sekitar hidung yang cenderung kering. Untuk memberikan efek glowing, gunakan highlighter atau bedak mineral yang ringan dan tidak membuat kulit semakin kering.

4. Pemilik kulit sawo matang yang sensitif juga tetap bisa pakai bedak

thegoodmineral.com

Bagi pemilik kulit sawo matang yang sensitif, pemilihan bedak harus dilakukan dengan cermat. Bahan-bahan alami seperti mineral lebih cocok karena tidak mengandung zat yang dapat memicu efek negatif.

Bedak untuk kulit sensitif  umumnya tidak mengandung minyak atau bahan kimia yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga lebih ringan dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Carilah bedak yang memiliki kandungan non-comedogenic dan non-acnegenic.

5. Pilih bedak dengan sedikit warna oranye atau tanpa warna

shopee.co.id/lorealindonesia, lmching.com

Memilih bedak kini, tidak sesudah itu kok. Mama hanya harus memilih warna yang sesuai dengan warna kulit. 

Sedikit tips, warna oranye atau tembaga akan cocok untuk sebagian besar jenis kulit, membuat kulit tampak berseri. Ingat, hindari bedak yang terlalu terang, karena dapat membuat kulit Mama tampak kusam. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan bedak transluscent, karena tidak akan menambahkan warna pada wajah.

Itulah, cara mencari warna bedak untuk kulit sawo matang. Pastikan kamu tahu jenis kulit dan shade bedak yang tepat, agar mendapatkan hasil yang sesuai.

Baca juga:

The Latest