TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Merawat Kuku agar Tetap Sehat dan Cantik saat Musim Dingin

Kuku tetap harus tampil menawan meski terjadi perubahan musim

freepik/freepik

Saat musim dingin, tentu kita akan lebih fokus dengan hal-hal yang menghangatkan tubuh sehingga seringkali kondisi kuku tidak diperhatikan lebih. Padahal, kondisi kuku bisa saja rusak akibat perubahan udara dan cuaca.

Mulai dari sering memegang benda panas hingga dipengaruhi oleh perubahan cuaca, kondisi kuku bisa memprihatinkan jika tidak dirawat dengan baik. 

Musim yang perlahan menjadi dingin membuat kondisi kuku menjadi keras dan terasa dingin. Lama kelamaan kuku akan kering, rapuh, bahkan mudah patah jika tidak dirawat.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum cara merawat kuku agar tetap sehat dan cantik saat musim dingin.

1. Perhatikan kelembapan kuku

freepik/freepik

Kuku tetap harus dalam kondisi lembap meski kondisi udara kering akibat cuaca dingin. Kuku yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah retak dan patah.

Selain itu, selama musim dingin kontak dengan berbagai benda panas juga dapat memengaruhi kesehatan kuku, Ma. 

Untuk menjaga kuku tetap terhidrasi dengan baik, Mama dapat mengoleskan kuku dengan minyak kutikula. Oleskan secara teratur agar kuku tetap lembap serta kelenturannya terjaga.

2. Pastikan kuku tetap pendek

Freepik/freepik

Kuku yang panjang memang terlihat cantik, namun selama musim dingin sebaiknya jangan biarkan kuku tampil terlalu panjang, Ma. 

Kuku yang panjang akan lebih mudah patah hingga mudah tersangkut di pakaian (terutama pakaian hangat). Kuku yang pendek kondisinya akan keras sehingga lebih kuat.

Pastikan kuku dipotong dengan rapi dan tepat. Potong kuku dengan lurus dan tumpulkan di masing-masing ujung kuku.

3. Jangan lupa pakai sarung tangan saat keluar rumah

Pexels/Lisa

Saat cuaca sedang dingin, pastikan keluar rumah menggunakan sarung tangan agar tetap hangat. Selain menjaga kehangatan, sarung tangan juga menyelamatkan kondisi kuku agar tidak kering selama di luar ruangan.

Mama dapat mengenakan sarung tangan yang menyerap keringat agar tangan tidak mudah basah dan tidak terlalu kering. 

4. Hindari cat kuku berbahan aseton

Pexels/Los Muertos

Musim dingin bukan berarti Mama tidak boleh mempercantik jari dengan cat kuku. Penggunaan cat kuku boleh saja namun sebaiknya hindari cat dengan bahan aseton.

Bahan kimia tersebut bersifat keras dan membuat kuku semakin kering. Sebaiknya gunakan cat kuku yang diperkaya dengan bahan pelembap seperti vitamin E atau jojoba oil agar kuku tetap terhidrasi dan mendapat nutrisi.

5. Jaga pola makan sehat

Freepik

Selain menjaga lewat luar, kesehatan kuku juga perlu dijaga lewat dalam dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu zat yang berperan pada kesehatan kuku adalah biotin.

Mama dapat mengonsumsi telur, kacang-kacangan, hingga biji-bijian utuh untuk mendapatkan biotin. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih agar tetap terhidrasi.

6. Rendam kuku dengan air hangat

freepik/jcomp

Merendam kuku dengan air hangat dapat merelaksasi sekaligus memanjakan diri. Saat cuaca sedang dingin, merendam kuku merupakan salah satu hiburan singkat yang bisa dilakukan di rumah.

Mama dapat merendam kuku di air hangat yang ditambah tetesan wewangian yang menambah kenyamanan. Meski sedang di rumah Mama juga bisa melakukan spa kecil-kecilan agar tetap rileks.

Setelah merendam kuku dengan air hangat, jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk menjaga kuku dan jari tangan tetap terhidrasi.

7. Hentikan kebiasaan menggigit kuku

Freepik/drobotdean

Beberapa orang memang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Saat pikiran sedang stres, kebiasaan ini justru sering dilakukan tanpa disadari.

Meski sudah menjadi kebiasaan, sebaiknya hentikan menggigit kuku sebab ada banyak bakteri yang terdapat di dalam kuku. Gunakan gunting kuku jika ingin memotong kuku.

Saat cuaca sedang dingin dan sering turun hujan mungkin perasaan ikut menjadi sedih dan stres karena tidak bisa beraktivitas di luar rumah seperti biasanya. Meski demikian, Jangan mengalihkan pikiran yang stres dengan menggigit kuku, ya!

Nah, itu dia cara merawat kuku agar tetap sehat dan cantik saat musim dingin. Selama di rumah, Mama dapat melakukan berbagai hal di atas untuk menjaga kuku tetap sehat dan tampil cantik.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest