TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Konsumsi Dark Chocolate untuk Kecantikan, Catat Ma!

Cokelat hitam bermanfaat untuk kesehatan kulit hingga rambut, lho!

Pexels/RDNE Stock project

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk kesehatan saja, cokelat yang memiliki rasa pahit yang khas ini punya banyak manfaat untuk kecantikan, lho!

Jangan takut gemuk, dark chocolate umumnya mengandung setidaknya 60% biji kakao dan tidak mengandung pemanis tambahan sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Meski rasanya cenderung lebih pahit dari cokelat yang umum dikonsumsi, dark chocolate memiliki banyak manfaat untuk tubuh termasuk untuk kecantikan. Salah satunya, cokelat hitam ini ternyata berpengaruh pada kondisi kulit.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi dark chocolate untuk kecantikan yang telah dirangkum Popmama.com berikut ini.

1. Memperbaiki kulit kering

Freepik/kroshka__nastya

Cokelat hitam memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan kulit, salah satunya memperbaiki kulit kering. 

Cokelat hitam ini dapat menambah kelembapan kulit sebab kakao dalam cokelat berfungsi meningkatkan sirkulasi darah ke kapiler yang ada di lapisan atas kulit.

Kapiler menarik banyak oksigen dan kelembapan sehingga kulit tidak mudah kering. Dengan ini, mengonsumsi cokelat hitam dipercaya menambah kelembapan kulit.

2. Mencegah penuaan dini

Pexels/Ron Lach

Selanjutnya cokelat hitam juga dapat mengatasi masalah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan memang bisa saja muncul lebih awal meski usia masih cukup muda.

Hal tersebut dapat terjadi akibat pola makan hingga kurangnya perawatan diri. Mama bisa mengonsumsi dark chocolate sebab dapat membantu mengurangi bintik hitam dan pigmentasi. 

Selain itu, cokelat hitam ini juga membuat kulit tampak lebih bersinar dan sehat, Ma.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Freepik/Vgstockstudio

Sinar UV dari matahari dapat membahayakan sebab dapat membuat kulit terbakar hingga menyebabkan infeksi serius. Salah satu makanan yang membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV adalah cokelat hitam.

Makanan satu ini juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari hingga tampak kemerahan. Cokelat hitam juga berfungsi memperbaiki tekstur kulit agar kembali normal.

4. Menutrisi kulit

Freepik/cookie_studio

Kulit juga membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap sehat. Cokelat hitam juga memiliki banyak jenis nutrisi mulai dari zat besi, seng, tembaga, hingga beberapa mineral penting yang mendorong pertumbuhan sel.

Dengan ini, kulit akan menjadi lebih sehat karena mendapat nutrisi dari cokelat. Kulit akan tampak sehat serta bercahaya, Ma.

5. Menyamarkan bintik hitam

Freepik/ViDIstudio

Selanjutnya cokelat juga terbukti bermanfaat dalam kesehatan kulit lainnya, yakni menyamarkan bintik hitam dan noda. Tentu bintik hitam yang muncul di wajah membuat frustasi.

Untuk menyamarkannya, Mama dapat mengonsumsi cokelat hitam. Tak hanya itu, cokelat hitam juga meningkatkan daya penyembuhan sel dan mengangkat sel kulit mati, lho, Ma!

6. Meningkatkan kesehatan rambut

Freepik/diana.grytsku

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit, dark chocolate juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Mengonsumsi cokelat hitam ini juga dapat menjaga kualitas rambut yang lebih kuat pada setiap helainya.

Selain menguatkan rambut, cokelat hitam juga berkhasiat membuat rambut menjadi lembut dan tampak berkilau.

7. Menambah volume rambut

Freepik/cookie_studio

Selanjutnya cokelat hitam juga menambah volume rambut menjadi lebih banyak dan lebat, Ma. Kandungan beerbagai nutrisi seperti zat besi, seng, serta tembaga berfungsi meningkatkan pertumbuhan sel.

Dengan ini, rambut yang tumbuh juga akan semakin banyak sehingga rambut semakin lebat dan kuat. Cokelat hitam ini juga meningkatkan aliran darah yang memengaruhi kesehatan rambut, Ma.

8. Menyehatkan kulit kepala

Freepik

Salah satu masalah yang terjadi pada kesehatan rambut adalah kondisi kulit kepala yang kerap ketombean hingga infeksi. Kondisi ini tentu membuat kepala menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasinya, Mama dapat mengonsumsi cokelat hitam sebab berfungsi mengurangi peradangan dan mencegah infeksi kulit kepala.

Selain itu, cokelat hitam juga berperan dalam membuat kulit kepala tampak lebih sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang dapat terjadi pada kulit.

9. Membantu mengurangi eksim

Freepik/Freepik

Kondisi kulit eksim dimana muncul bercak-bercak, gatal, hingga kulit kemerahan dan melepuh memang menyiksa dan menyakitkan. Untuk mengatasinya, mengonsumsi cokelat hitam jadi pilihan yang tepat.

Melansir Dutch Health Store, terdapat penelitian yang mengungkapkan cokelat hitam membantu mengurangi eksim. 

Hal ini dikarenakan cokelat hitam membantu fermentasi makanan pada usus dan mengubahnya menjadi senyawa anti-inflamasi yang mengurangi peradangan.

10. Mengurangi stres

Pexels/Andrea Piacquadio

Stres dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan muncul. Hormon kortisol yang diproduksi dari kondisi stres dapat menyebabkan kerusakan kolagen pada kulit.

Hal ini menyebabkan kulit menjadi tampak kusam dan tidak sehat. Dengan mengonsumsi cokelat hitam, kulit akan tampak lebih muda dan berseri sebab mengandung berbagai nutrisi yang mendorong pertumbuhan sel.

Nah, demikian manfaat konsumsi dark chocolate untuk kecantikan. Bukan sekadar pelengkap hidangan, cokelat hitam ini memiliki banyak manfaat yang menjaga kesehatan kulit hingga rambut.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

The Latest