TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apa Itu Collagen Remodeling? Perawatan Klinik untuk Mengatasi Penuaan

Inovasi terbaru ini dirancang untuk merangsang produksi kolagen alami kulit

Popmama.com/Sania Chandra

Collagen remodeling merupakan salah satu inovasi terbaru dalam dunia perawatan kulit yang masih jarang diketahui banyak orang. Perawatan ini dirancang untuk merangsang produksi kolagen alami kulit.

Aestheglow menjadi klinik kecantikan baru yang berfokus pada collagen remodeling. Berbagai pendekatan modern diterapkan untuk memperkenalkan rangkaian perawatan inovatif demi memperbaiki penampilan alami pasien. 

“Klinik ini berfokus pada collagen remodeling. Tugas kami membantu mengembalikan kembali fungsi sel untuk diperbaiki,” kata dr. Aileen Seto saat acara ‘Media Session: Introducing Collagen Remodeling’ di Klinik Aestheglow, Kamis (10/10/2024). 

Lantas, sebenarnya apa itu collagen remodeling? Apa saja manfaat yang ditawarkan dari perawatan ini? Simak pembahasan selengkapnya telah Popmama.com siapkan khusus untuk Mama. 

Apa Itu Collagen Remodeling?

Popmama.com/Sania Chandra Acara 'Media Session: Introducing Collagen Remodeling' di Klinik Aestheglow, Kamis (10/10/2024)

Collagen remodeling adalah prosedur perawatan kulit yang bertujuan untuk merangsang produksi kolagen baru dan memperbaiki struktur kolagen yang rusak di lapisan kulit.

Kolagen adalah protein penting yang memberikan kekencangan, elastisitas, dan ketahanan pada kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami dalam tubuh menurun.

Hal tersebut membuat kulit mengalami tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan kendur. Collagen remodeling bekerja dengan memicu proses regenerasi kulit secara alami. 

“Seperti yang kita tahu, kolagen memerankan peran penting untuk kesehatan kulit. Jadi, collagen remodeling itu pada dasarnya berfungsi membantu memproduksi kolagen alami kulit,” jelas dr. Aileen Seto.

Manfaat Perawatan Collagen Remodeling

Freepik/cookie_studio

Collagen remodeling menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan dan penampilan kulit. Manfaat utamanya adalah mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis halus, dan kulit yang kendur. 

“Perawatan ini (collagen remodeling) berfungsi merangsang produksi kolagen baru yang membantu mengencangkan kulit,” ungkap dr. Aileen Seto.

Menariknya lagi, collagen remodeling juga terbilang efektif dalam mengatasi bekas jerawat, bekas luka, serta serta mempercepat regenerasi jaringan yang rusak. Tekstur kulit juga dapat diperbaiki, sehingga kulit terasa lebih halus. 

Collagen remodeling cocok juga untuk mengatasi scar, bopeng, dan wrinkles,” tambahnya. 

Proses stimulasi kolagen yang berkelanjutan tidak hanya memperbaiki penampilan kulit saat ini, tetapi juga mencegah penuaan dini. Dengan begitu, perawatannya dapat menjadi  solusi jangka panjang untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Tahapan Perawatan Collagen Remodeling

Popmama.com/Sania Chandra Ruang Perawatan di Aestheglow Clinic

dr. Aileen Seto menjelaskan bahwa setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda, sehingga perawatan yang disarankan dapat berbeda-beda tergantung masing-masing individu. 

Tahapan proses collagen remodeling bisa melibatkan berbagai prosedur teknologi modern untuk merangsang produksi kolagen. Berikut beberapa penjelasan prosedur yang sempat dijelaskan oleh dr. Aileen Seto, di antara lain: 

1. Laser

Laser menjadi tahapan pertama yang dilakukan dalam rangkaian perawatan collagen remodeling. Pasalnya, tahapan ini berfokus pada kulit bagian paling luar. 

Perawatan laser bekerja dengan memanfaatkan energi cahaya untuk menembus lapisan kulit, merangsang produksi kolagen, serta memperbaiki tekstur kulit.

“Pada dasarnya, kulit paling luar musti kita laser. Laser ini terbaik di panas tertentu, jadi menstimulasi kolagen,” ucap dr. Aileen Seto.

2. Potenza 

Potenza adalah prosedur kecantikan yang melibatkan teknologi jarum-jarum kecil sambil memberikan energi radiofrekuensi untuk merangsang produksi kolagen dan elastin. 

Proses ini efektif untuk mengencangkan kulit, memperbaiki tekstur, serta mengurangi kerutan dan bekas luka. Karena bekerja dari dalam kulit, Potenza secara langsung berperan dalam collagen remodeling.

“Lapisan kedua kulit, dilakukan Potenza, biasanya prosedur ini kami beri anti sakit terlebih dahulu. Kurang lebih pengerjaannya 2 jam. Pengerjaannya dengan memasukkan serum,” ungkap dr. Aileen Seto.

3. Sofwave

Sofwave adalah teknologi ultrasound berbasis energi yang digunakan untuk merangsang produksi kolagen di lapisan tengah kulit. 

Sofwave bekerja dengan memberikan panas yang terfokus ke jaringan kulit untuk merangsang produksi kolagen baru, tanpa melukai permukaan kulit. 

Proses ini membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Pada dasarnya, sofwave merupakan bagian dari prosedur collagen remodeling yang berfungsi memperbaiki struktur kulit.

“Yang ketiga adalah Sofwave. Ini menggunakan teknologi ultrasound untuk menstimulasi kolagen dengan cara baik, jadi pasien bisa langsung dapat lifting tanpa meninggalkan luka. Dua minggu biasanya kelihatan kerutannya hilang. Pasien kami beri efek instan, tapi kami edukasi juga kalau treatment jangka panjang lebih baik,” ujar dr. Aileen Seto.

4. Emface

Emface adalah teknologi baru yang berfokus pada otot wajah untuk mengencangkan kulit dan merangsang produksi kolagen. Emface menjadi tahapan pada collagen remodeling dengan fungsi membantu memperbaiki dan meremajakan kulit dari dalam.

“Terakhir itu Emface yang berfokus pada otot wajah. Semakin tua usia, semakin menyusut juga ototnya, jadi membuat wajah bisa kendur. Untuk sekali perawatan Emface memakan waktu kurang lebih 20 menit,” jelas dr. Aileen Seto.

“Empat alat ini saling mendukung untuk collagen remodeling,” lanjutnya. 

Kapan Sebaiknya Melakukan Collagen Remodeling?

freepik/freepik

dr. Aileen Seto merekomendasikan sebaiknya collagen remodeling dilakukan saat kulit sudah membutuhkan perawatan ekstra dalam meningkatkan produksi kolagen, seperti usia 30 tahunan.

“Perawatan collagen remodeling rata-rata dilakukan pasien berusia 30 tahun, karena pada usia itu biasanya sudah mulai muncul kerutan,” jelasnya. 

Namun, tak menutup kemungkinan juga bagi para pasien muda untuk melakukan perawatan ini. Biasanya, permasalahan pasien yang usianya di bawah 30 tahun adalah untuk mengatasi bopeng atau bekas luka. 

“Tapi, banyak juga pasien muda. Kalau punya scar atau bopeng dari usia berapa pun bisa juga. Collagen remodeling cocok untuk mengatasi scar, bopeng, dan wrinkles,” pungkasnya. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu collagen remodeling. Jadi, apakah Mama tertarik untuk melakukan perawatan ini?

Baca juga: 

The Latest