TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Gaya Capres-Cawapres saat Debat Ketiga, Ganjar Pede Tampil Nyetrik

Terdapat makna tersembunyi di balik penampilan para Capres-Cawapres saat debat ketiga Pilpres

YouTube.com/KPU RI

Debat ketiga Pilpres 2024 baru saja diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). Masing-masing Capres (Calon Presiden) hadir didampingi calon wakilnya masing-masing. 

Terlihat masing-masing Capres dan Cawapres datang ke lokasi dengan busana pilihan andalan mereka. Gaya berpakaian seolah mewakili identitas mereka dalam persaingan Pilpres 2024. 

Ada yang tampil formal, ada pula yang percaya diri tampil nyentrik. Penasaran seperti apa?

Berikut Popmama.com siap membahas gaya Capres-Cawapres saat debat ketiga

1. Anies Baswedan-Cak Imin tampil formal dengan setelan jas

YouTube.com/KPU RI

Pada debat ketiga, pasangan Capres-Cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) konsisten menunjukkan penampilan formal mereka. 

Keduanya kompak hadir dalam balutan setelan jas hitam dan dalaman kemeja berwarna putih. Berbeda dengan debat kedua, dua laki-laki berkacamata itu tampil tanpa menggunakan peci. 

2. Makna tersembunyi di balik gaya berpakaian Anies Baswedan-Cak Imin yang konsisten pakai setelan jas

YouTube.com/KPU RI

Tentu ada alasan di balik kesetiaan Anies dan Cak imin mengenakan setelan jas dan kemeja putih. Mereka tetap ingin menonjolkan citra sebagai pejabat publik lewat penampilan formal. 

Jas hitam dan kemeja putih merupakan busana yang kerap dipakai oleh pejabat dalam acara resmi. Perubahan tampilan yang tanpa menggunakan penci seolah menjadi pesan bahwa nomor urut satu ingin menggaet kalangan masyarakat yang lebih luas.

3. Gibran memakai outer biru tua yang melapisi kemeja

YouTube.com/KPU RI

Kemudian, pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga tak kalah konsisten memakai kemeja biru muda. Warna biru muda memang telah menjadi ciri khas mereka. 

Ada sedikit perbedaan tampilan dari Gibran yang sengaja melapisi kemejanya dengan outer berwarna biru tua yang lengannya sedikit dilipat hingga bawah siku. 

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu juga menambahkan sepatu sneakers demi menyempurnakan gayanya. Alhasil, penampilan Gibran membuatnya tampak lebih muda dari usianya. 

4. Prabowo mengandalkan kemeja biru muda untuk ditonjolkan

YouTube.com/KPU RI

Jika dibandingkan Gibran, Prabowo tampil lebih formal lantaran menonjolkan kemeja biru muda sebagai highlight utama. Ia juga menggunakan sepatu pantofel yang menambah kesan stylish pada gaya berpakaiannya

Baik Prabowo maupun Gibrak kompak mengenakan celana bahan berwarna hitam sebagai pelengkap busana mereka di debat ketiga Pilpres kemarin. 

5. Ganjar-Mahfud MD tampil nyentrik ala film Top Gun

YouTube.com/KPU RI

Pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terlihat lebih nyentrik sekaligus berwarna saat debat ketiga Pilpres 2024. 

Keduanya tiba di lokasi mengenakan jaket bomber berwarna hijau army dengan tempelan patch merefleksikan program andalan visi-misi mereka. Ganjar menyebut jaketnya sebagai Top Gan, yang terinspirasi dari film ternama Hollywood berjudul Top Gun

6. Berpose memakai kacamata hitam saat masuk ke podium debat.

YouTube.com/KPU RI

Selain tampil nyentrik lewat busana yang dikenakan, Ganjar dan Mahfud juga sempat berpose memakai kacamata hitam ketika masuk ke podium debat. Mereka hormat dengan memberikan simbol salam tiga jari yang dirapatkan. 

Di balik jaket kenaannya, Ganjar mengenakan kemeja putih yang ditambah aksesori berupa dasi merah. Berbeda dengan Mahfud yang lebih memilih dasi hitam. Keduanya kompak memakai celana panjang cokelat sebagai padanan busana atasan mereka. 

7. Gaya fashion menggambarkan komitmen pada isu yang diangkat dalam debat

YouTube.com/KPU RI

Pasangan nomor urut tiga menambahkan kesan militer lewat dengan memakai sepatu ala militer karya Exodos57.

Sama seperti pasangan Capres dan Cawapres lainnya, penampilan keduanya bukan hanya sekadar gaya, tetapi juga menggambarkan komitmen terhadap isu-isu yang diangkat dalam debat kali ini. 

Demikian gaya Capres-Cawapres saat debat ketiga. Mama sendiri lebih suka penampilannya siapa?

Baca juga: 

The Latest