TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

JMFW 2025: Koleksi 4 Desainer Lokal Mencerminkan Perempuan Indonesia

Wardah menampilkan fashion ramah muslim dengan tema Together in Beauty: Inventing Impactful Journeys

Popmama.com/Sania Chandra

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 resmi digelar pada 9-12 Oktober 2024 di ICE BSD Tangerang. Dalam acara ini, Wardah menggandeng empat desainer lokal untuk menampilkan fashion ramah muslim yang modis dan modern. 

Mengangkat tema Together in Beauty: Inventing Impactful Journeys, setiap desainer memiliki desain unik masing-masing dalam busana muslim yang ditampilkan. Penasaran seperti apa? Berikut Popmama.com siap membahas lebih lanjut. 

1. Barli Asmara menghadirkan victorian dress yang menekankan kekuatan dan keanggunan

Popmama.com/Sania Chandra Wardah x Jakarta Muslim Fashion Week 2025

Barli Asmara menampilkan sembilan busana yang terdiri dari dress. Hitam dan putih menjadi warna utama dalam setiap dress yang ditampilkan saat sesi fashion show

Bukan tanpa alasan, dua warna tersebut memiliki filosofi yang begitu mendalam. Hitam mengandung arti kekuatan, sedangkan putih bermakna keanggunan.

Dua warna tersebut dinilai sangat menggambarkan perempuan zaman sekarang yang kuat dalam menghadapi hidup, namun di sisi lain juga memiliki sifat anggun dalam diri mereka. 

“Kami menampilkan sembilan looks dress. Dress ini lebih ke gaya victorian dress, tapi tetap memperlihatkan sisi modest, “ jelas perwakilan dari Barli Asmara saat acara ‘Press Conference Wardah for Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025’ di ICE BSD, Jumat (11/10/2024). 

2. Cotton Ink x Artkea menghadirkan 10 busana lengkap atasan dan bawahan

Popmama.com/Sania Chandra Wardah x Jakarta Muslim Fashion Week 2025

Ini menjadi kali pertama Cotton Ink berkolaborasi dengan Wardah dan JMFW. Turut menggandeng Artkea, brand satu ini menghadirkan 10 looks yang berfokus pada atasan dan bawahan. 

Warna busana yang dipilih merupakan warna-warna lembut cocok dipakai dalam OOTD sehari-hari. Gaya busana yang ditampilkan terkesan simpel, namun tetap mampu memperlihatkan keanggunan dalam diri. 

3. Studio Tui menampilkan busana yang mencerminkan perempuan Indonesia

Popmama.com/Sania Chandra Wardah x Jakarta Muslim Fashion Week 2025

Sama seperti brand sebelumnya, ini menjadi kali pertama Studio Tui berkolaborasi dengan Wardah dan JMFW. Koleksi yang dihadirkan dibuat eksklusif untuk Wardah. 

Busana tersebut sangat mencerminkan perempuan Indonesia yang berani mengekspresikan diri sendiri, tetapi dengan cara mereka yang lembut. Permainan warna lembut seperti putih, beige, dan off white menjadi palette utama dalam koleksinya. 

“Terdapat 9 looks yang semuanya terdiri dari atasan, seperti outer, blouse, hingga shirt. Busana dibuat khusus memadukan embroidery dengan tekstur berbeda-beda,” ucap perwakilan dari Studio Tui. 

4. Ayu Dyah Andari menghadirkan keindahan bawah laut lewat busana yang ready to wear dan luxury

Popmama.com/Sania Chandra Wardah x Jakarta Muslim Fashion Week 2025

Kolaborasi Ayu Dyah Andari dengan Wardah di JMFW terinspirasi dari keindahan kebun di bawah laut dengan tema Sea of Serenity. Warna sembilan busana dari koleksi tersebut pun mengambil inspirasi dari warna-warna produk Wardah. 

Terdapat dua macam kategori koleksi yang dihadirkan, yaitu ready to wear dan luxury. Untuk koleksi ready to wear, busana mempunyai desain cutting yang simpel. Terdapat detail kerang, hingga bunga mawar laut. Aksen gelombang dihadirkan lewat ruffle

Sea of Serenity, jadi baju yang ditampilkan untuk ready to wear ini terlihat simpel, menunjukkan ketenangan seorang perempuan, namun juga mampu memberikan keindahan di waktu yang sama,” jelas Ayu Dyah Andari. 

Sedangkan, untuk koleksi luxury, desain busana tampak lebih mewah dan elegan. Penggunaan payet dengan kristal mutiara dipilih untuk merepresentasikan keindahan bawah laut. Terdapat sentuhan sifon untuk memberi gelombang seperti di bawah laut. 

Koleksi terasa semakin istimewa karena turut menggandeng aktris muda Amanda Rawles untuk menampilkan busana tersebut. 

Itu dia beberapa koleksi empat desainer lokal yang digandeng Wardah di JMFW 2025. Koleksi siapa yang paling kamu sukai?

Baca juga: 

The Latest