TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Biotin untuk Kecantikan dan Kesehatan, Rambut Lebih Kuat!

Biotin memiliki beragam manfaat yang jarang diletahui banyak orang

Freepik/freepik

Biotin atau yang lebih dikenal dengan vitamin B7 adalah sebuah nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kecantikan.

Termasuk salah satu jenis vitamin B kompleks, biotin dapat berfungsi sebagai enzim yang mampu merubah lemak dan karbohidrat dari makanan menjadi energi.

Serta, bertugas menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, biotin juga memiliki beragam manfaat lainnya yang jarang diletahui banyak orang.

Apa saja ya? Berikut Popmama.com siap membahas manfaat biotin untuk kecantikan dan kesehatan.

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

Freepik/aleksandarlittlewolf

Mengonsumsi biotin yang disertai pola makan dan gaya hidup sehat dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Selain itu, biotin juga dapat menurunkan low-density lipoprotein, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah kelainan bawaan pada janin di kandungan

Freepik/onlyyouqj

Selama masa kehamilan, janin di dalam kandungan ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi demi pembentukan organ dan jaringan tubuh. Sejumlah nutrisi yang diperlukan meliputi karbohidrat, asam folat, protein, dan biotin.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi saat hamil dapat meningkatkan risiko janin mengalami cacat bawaan lahir serta berat badan lahir rendah.

Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan nutrisi, termasuk mengonsumsi biotin. Jika diperlukan, ibu hamil dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk mendapatkan suplemen biotin selama masa kehamilan.

3. Membantu memelihara kekuatan kuku

Freepik/KamranAydinov

Siapa di antara kamu yang memiliki kuku tangan dan kuku kaki mudah patah?

Untuk mengatasi kuku agar tidak rapuh, salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi suplemen biotin. Hal ini dikarenakan biotin mampu mendukung pertumbuhan jaringan kuku dan menjaganya agar tetap kuat.

4. Menjaga kesehatan rambut

Freepik/benzoix

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan rambut atau suplemen yang mengandung biotin bermanfaat untuk menyuburkan rambut.

Tak hanya itu, biotin juga dapat membantu menebalkan rambut dan membuat tampilan rambut lebih berkilau serta mencegah terjadinya kerontokan.

5. Mengatur kadar gula darah

Freepik/xb100

Biotin menjadi salah satu jenis nutrisi yang diyakini dapat mendukung kerja hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin.

Bahkan, sejumlah studi telah membuktikan bahwa asupan biotin yang tercukupi mampu mencegah terjadinya diabetes tipe dua dan membantu terhindar dari kerusakan saraf akibat penyakit diabetes.

6. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Freepik/Benzoix

Biotin dapat membantu mengatur dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pasalnya, vitamin ini menggunakan protein, karbohidrat, dan lemak dalam tubuh untuk mengubahnya menjadi energi.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Freepik

Manfaat biotin lainnya untuk kesehatan adalah melindungi jantung dari penyakit berbahaya. Mengonsumsi biotin secara teratur dalam jumlah tercukupi dapat merangsang aliran darah di dalam jantung, sehingga bisa melindungi jantung dari berbagai masalah.

Selain itu, vitamin B kompleks ini juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena mampu meningkatkan high-density lipoprotein (kolesterol baik) dan menurunkan low-density lipoprotein.

Itu dia beberapa manfaat biotin untuk kecantikan dan kesehatan. Tidak ada salahnya mencukupi kebutuhan biotin baik dari suplemen rekomendasi dokter maupun makanan bergizi seimbang.

Baca juga: 

The Latest