TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Review Jujur Sunscreen dari Dokter Richard Lee, Perlu SPF Tinggi?

Ketahui sunscreen terbaik yang bisa jadi andalanmu!

Freepik/Freepik

Dalam dunia perawatan kulit, sunscreen menjadi langkah penting dalam menjaga kulit dari efek negatif sinar UV. Itu sebabnya, pemilihan sunscreen yang tepat dapat menjadi langkah krusial. 

Tidak hanya sebagai pelindung dari paparan sinar UV, namun juga sebagai bagian penting dari rutinitas perawatan kulit. dr. Richard Lee menjadi salah satu dokter ahli di bidang kecantikan sekaligus konten kreator yang kerap mengulas produk kecantikan, seperti sunscreen. 

Bisa menjadi bahan pertimbangan, berikut Popmama.com siap membahas 5 review jujur sunscreen dr. Richard Lee melansir dari kanal YouTube dr. Richard Lee, MARS. 

1. Biore UV SPF 50/PA++++

shopee.com

Sunscreen Biore UV memiliki kandungan SPF 50 dan PA ++++ yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Dokter Richard menyarankan untuk menggunakan sunscreen ini ketika hendak bepergian ke pantai. 

"Ini mungkin untuk dipakai untuk ke pantai atau ke mana-mana ya kalau untuk pergi sehari-hari ini terlalu berat sih menurut saya," ucap dr. Richard Lee. 

Produknya memiliki tekstur yang cair dan ringan saat diaplikasikan ke kulit. Meski cair, produk pelindung kulit tersebut masih lebih kental serta lengket dibanding sunscreen pada umumnya. 

"Tapi ada whitecast-nya, ada sedikit lengketnya," jelas dr. Richard Lee.

Bau dari sunscreen Biore UV SPF50/PA++++ Tidak terlalu mencolok dan hampir mirip dengan bau air.

2. Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

shopee.com

Sunscreen Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ sudah lulus uji BPOM. Ketika diaplikasikan pada kulit, teksturnya terasa cair dan tidak berat. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi SPF yang tertera, maka produknya semakin terasa berat. 

“SPF semakin tinggi itu semakin berat. Semakin berat SPF, maka produknya semakin berminyak. Semakin berminyak, maka semakin menutup pori-pori,” jelas dr. Richard Lee. 

Untuk penggunaan sehari-hari seperti keluar rumah atau agenda ke kantor, dr. Richard Lee menyarankan untuk menggunakan SPF 30 saja seperti produk emina ini. Sunscreen SPF 50 bisa digunakan ketika hendak ke cuaca panas, seperti pantai. 

“Menurut saya pribadi, SPF 30 itu sudah maksimal. Kalau SPF 50 itu bisa digunakan pas mau ke pantai. Kalau ke kantor atau di dalam rumah SPF 15/30 saja cukup,” tambahnya. 

Untuk wangi yang ditawarkan, dr. Richard Lee mengatakan sunscreen Emina memiliki wangi terkesan lembut dan tidak menyengat. 

3. Banana Boat SPF 50/PA++++

shopee.com

Sedang mencari produk sunscreen yang bisa digunakan saat berjemur di pantai? Maka produk Banana Boat SPF50/PA++++ bisa menjadi bahan pertimbangan karena dilengkapi perlindungan UVA dan UVB. 

dr. Richard Lee menjelaskan jika produk ini memiliki tekstur yang cair, namun ketika dioleskan ke tangan teksturnya terasa cukup lengket. Meski sudah memiliki SPF tinggi, kamu tetap harus melakukan re-apply setiap 2 atau 3 jam sekali. 

“Produk ini amat disarankan buat yang nyari SPF 50, apalagi kalau berniat untuk berjemur. Tapi tetep namanya sunscreen harus tetap re-apply,” ungkap dr. Richard Lee. 

4. Goddesskin Sunscreen Spray SPF 50/PA++++

shopee.com

Goddesskin by Athena merupakan produk milik dr. Richard Lee. Secara pribadi, dr. Richard Lee lebih sering menggunakan Goddesskin Sunscreen Spray SPF 50/PA++++ untuk keperluan ke pantai. 

“Biasanya pakai ini pas ke pantai karena memiliki bentuk spray, jadi lebih simpel,” ujar dr. Richard Lee. 

Ketika dioleskan pada kulit, teksturnya tidak terasa tebal meski memiliki kandungan SPF tinggi. Produk bersifat multifungsi karena aman digunakan untuk area tubuh maupun wajah. 

“Produk ini jadi item wajib untuk bepergian doang. Wanginya enak. Tapi, sunscreen nggak penting untuk soal wangi kecuali kalau itu body lotion,” pungkasnya. 

5. NUFACE SPF 30/PA++++

blibli.com

Pada dasarnya, sunscreen akan lebih sulit hilang ketika bertemu air dibandingkan body lotion yang teksturnya lebih ringan. Produk sunscreen NUFACE SPF 30/PA++++ memiliki tekstur yang sedikit berat ketika dioleskan ke kulit.

“Untuk SPF 30 ini agak sedikit berat, harusnya ringan dan mudah diratain, tapi produk ini nggak,” ungkap dr. Richard Lee. 

Produknya terkesan lebih sulit untuk diblend serta menimbulkan whitecast pada kulit. 

Demikian informasi seputar 5 review jujur sunscreen dr. Richard Lee. Semoga bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam memilih produk sunscreen terbaik, ya!

Baca juga: 

The Latest