TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Membuat Usaha Kosmetik Rumahan, Desain Toko Perlu Estetik

Pencinta makeup atau skincare? Saatnya menjadikan hobi sebagai cuan!

Freepik/freepik

Siapa di antara kamu yang memiliki hobi makeup alias merias diri?

Di jaman serba canggih ini, kamu bisa memanfaatkan hobi yang ada untuk dijadikan cuan lho. Berbisnis di bidang kosmetik memang selalu memiliki pesaing baru yang lebih mapan tiap tahunnya.

Oleh karena itu, kamu harus tahu strategi membuat usaha kosmetik rumahan. Permintaan semua jenis produk kosmetik kian meningkat dari berbagai lapisan masyarakat, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Sebelum memutuskan untuk membuka toko kosmetik, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu ya sekiranya produk atau brand apa saja yang ingin kamu pajang di etalase toko. Selain itu, kira-kira strategi apalagi ya yang perlu diterapkan?

Berikut Popmama.com siap membahas tips membuat usaha kosmetik rumahan.

1. Punya desain toko estetik dan Instagramable

Popmama.com/Sania Chandra

Di zaman sekarang, banyak orang mendatangi toko tidak hanya untuk membeli produk, tetapi juga mencari spot Instagrambale untuk mengabadikan foto. Toko yang memiliki desain menarik dipercaya dapat menarik pembeli dibanding toko berdesain biasa-biasa saja.

Desain toko yang estetik diyakini dapat membuat pembeli merasa lebih nyaman ketika berbelanja di sana. Hal ini seperti yang diterapkan toko kecantikan MY BESTIE.

Area toko memiliki desain estetik dan dekoratif, serta didominasi warna pink cerah untuk menyimbolkan keceriaan, kelembutan, semangat, manis, dan tulus.

“Toko ini memang sengaja mempunyai spot menarik dengan desain estetik untuk menarik pengunjung dan para beauty enthusiast. Kami ingin memberikan keceriaan serta kenyamanan bagi setiap customer yang berbelanja,” kata Christina Willy selaku Brand Manager MY BESTIE saat diwawancarai dalam acara ‘Grand Opening Store MY BESTIE’ di kawasan PIK, Selasa (14/2/2023).

2. Mengembangkan rencana pemasaran dengan baik

Freepik/Rawpixel-com

Marketing plan alias rencana pemasaran dapat membantu mengarahkanmu agar segala aktivitas yang berkaitan dengan jual-beli bisa tetap berjalan baik. Hal ini juga dapat menjadi acuanmu untuk bertindak.

Penting untuk memiliki strategi pemasaran yang matang terkait harga, biaya, dan cara efektif untuk menjual produk kosmetik ke pasaran. Tanpa rencana pemasaran, dapat dipastikan usahamu tidak akan berlangsung lama.

3. Menjual produk dengan harga bersaing

Instagram.com/ArtPhoto_studio

Ketika memulai sebuah usaha untuk pertama kalinya, beberapa orang merasa bingung dalam menentukan harga produk yang akan mereka jual. Tak dapat dipungkiri, dalam berbisnis pastinya kita akan menemukan persaingan harga.

Jarang ditemui di store kecantikan lain, harga produk yang dijual di MY BESTIE mulai dari Rp 2 ribuan lho. Penerapan harga yang terjangkau dilakukan agar tetap bisa menjangkau remaja dan bahkan anak-anak. Cara yang dilakukan tersebut bisa menjadi acuan bagimu dalam menentukan harga.

4. Pasarkan produk secara online

freepik/tirachardz

Pilihan efektif untuk memulai bisnis kecantikan di rumah adalah dengan aktif pula menjual produknya secara online. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia kini lebih memilih untuk berbelanja via internet.

Setidaknya, kamu perlu membuat toko di e-commerce untuk menjual produk kecantikamu. Tampilkan foto produk yang mengesankan untuk menarik perhatian banyak orang. Semua detail, seperti deskripsi produk, kandungan produk, serta harga perlu disertakan dengan jelas.

5. Pilih nama dan logo yang berkesan

Freepik/rawpixel.com

Sadarkah kamu? Pelanggan mengidentifikasi sebuah bisnis dengan melihat logo dan nama perusahaan di iklan maupun internet. Bahkan, mereka cenderung bisa langsung membangun opini sendiri setelah mengetahui melihat sekilas nama dan logo perusahaan.

Hal ini juga berlaku dalam bisnis kosmetik. Oleh karena itu, pikirkan secara matang untuk memutuskan nama toko. Kemudian, minta desain grafis profesinal untuk membuat desain logo yang mudah diingat.

6. Kelola modal dengan baik dan benar

Freepik/wirestock

Tentu bisnis kamu tidak akan bisa berkembang tanpa memiliki dana yang cukup. Penting untuk mengelola modal dengan baik dan benar untuk membeli bahan baku, dekorasi toko, serta keperluan lainnya.

Jangan lupa untuk membuat kartu nama agar bisa disebarkan kepada teman atau klien. Tipsnya, buatlah desain kartu nama dengan desain menarik dan cantumkan kontakmu. Ingatlah, kartu nama berfungsi untuk memperkenalkan bisnismu kepada orang lain.

7. Berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli

Freepik/pressfoto

Jika kamu termasuk baru dalam membangun bisnis kecantikan, anggaplah segala kesalahan yang dilakukan sebagai bagian dari proses pembelajaran. Membuat kesalahan adalah manusiawi.

Kamu perlu belajar untuk bisa bergerak maju dengan cara yang benar. Maka dari itu, ada baiknya kamu bisa aktif berkonsultasi atau meminta pendapat dari mereka yang telah membangun bisnis kosmetik sedari dulu.

Sebagai contohnya, jika temanmu yang kini telah sukses mempunyai bisnis kosmetik menyarankanmu untuk memperbaiki logo toko karena terkesan monoton, maka pertimbangkan untuk mengikuti sarannya.

Nah, itu dia sejumlah tips membuat usaha kosmetik rumahan. Semoga informasinya membantu ya, Ma!

Baca juga:

The Latest