TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tren Fashion dan Hairstyle Korea yang Kemungkinan akan Hits Tahun 2024

Tidak ada salahnya untuk tahu gaya berpakaian dan gaya rambut yang akan tren di tahun 2024 mendatang

Tak bisa dipungkiri, budaya Korea Selatan memiliki pengaruh yang cukup besar di Indonesia. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat tanah air, khususnya anak muda, yang melibatkan budaya Korea dalam kehidupan sehari-hari. 

Banyak dari mereka menjadikan idol atau artis Korea Selatan sebagai kiblat untuk kebutuhan fashion maupun gaya rambut. 

“Kebudayaan Korea adalah salah satu kebudayaan dengan perkembangan yang paling dinamis. Pengaruh yang dihadirkannya juga cukup berdampak di panggung global, termasuk pada masyarakat Indonesia,” kata Chief Marketing Officer iStyle.id, Dennis Fabian, di acara ‘Media Gathering iStyle.id: K-Trend Forecast in 2024’, Kamis (23/11/2023).

Maka dari itu, tak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui prediksi tren fashion dan hairstyle Korea yang kemungkinan akan hits di tahun 2024 dari pandangan orang Korea itu sendiri dan seorang fashion stylist

Yuk, simak ulasan selengkapnya telah Popmama.com rangkum.

1. Tren fashion yang kini tengah digemari masyarakat Korea

Popmama.com/Sania Chandra

Banyaknya selebriti asal Korea Selatan yang mengadakan jumpa penggemar melalui fan meeting atau konser sepanjang tahun 2023 membuktikan bahwa budaya dari Negeri Ginseng tersebut sangat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Berawal dari kegemaran, tak heran banyak dari mereka yang memperlihatkan kecintaan pada Korea lewat style sehari-hari. 

Seorang Konten Kreator berdarah asli Korea bernama Kim Geba memberikan pendapatnya mengenai fashion style yang saat ini tengah digemari oleh masyarakat Korea Selatan. 

“Kalau laki-laki Korea itu lagi suka dandy look, semacam gaya smart casual yang kelihatan rapi. Tapi, nggak terlalu formal. Lebih banyak laki-laki Korea itu tertariknya dengan casual look, seperti pakai white pants dan bajunya oversized,” ungkap lelaki yang lebih dikenal dengan nama Bung Korea.

Sejumlah drama TV di Korea banyak mengadopsi konsep Y2K fashion. Itu sebabnya, banyak perempuan Korea yang kini tengah tertarik untuk bergaya mengusung tema Y2K demi keperluan outfit sehari-hari.

“Kalau perempuan Korea itu lagi ke ranah Y2K, jadi back to tahun 2000-an dengan menggunakan denim atau white pants,” tambahnya.

Selain itu, beberapa gaya Y2K dapat diperhatikan dengan memadukan bawahan hipster, atasan crop top, dan sunglasses yang banyak digunakan oleh Gen Z masa kini.

2. Gaya rambut Korea yang kemungkinan akan menjadi tren di tahun 2024

Popmama.com/Sania Chandra

Berbicara soal penampilan, maka tidak hanya berkaitan dengan gaya berpakaian, tetapi juga gaya rambut. Menurut Kim Geba, kemungkinan besar hairstyle untuk perempuan yang akan menjadi tren ialah rambut bergaya semi curly.

“Kalau dulu banyak perempuan yang rambutnya minta dicurl dengan model rapet-rapet. Bedanya kalo sekarang modelnya tetap seperti itu, tapi dengan tampilan lebih ringan dan natural. Sekarang lebih banyak yang suka gaya natural look, termasuk untuk rambut,” ujar Kim Geba.

Kim Geba mengatakan, dulunya laki-laki Korea lebih banyak yang menyukai gaya rambut panjang. Berbeda dengan sekarang yang justru rambut pendek lebih disukai. Hal ini karena dipengaruhi banyaknya idol Korea yang tampil dengan gaya rambut pendek.

“Kalau laki-laki hairstyle dulu banyak yang panjang, sekarang lebih ke pendek. Ivy league haircut jadi top no 1 di Korea. Idol juga lebih banyak yang rambutnya pendek. Sebenarnya, di Korea standar sebuah style itu dinamis sekali, bisa berubah-ubah. Biasanya pada mengacu ke idol atau drama Korea,” lanjutnya.

3. Semakin banyak masyarakat yang mengedepankan sustainable fashion

Instagram.com/for_everyoung10

Berbicara soal prediksi tren fashion di tahun 2024 mendatang, seorang fashion stylist sekaligus fashionpreneur bernama Bertha Puspita mengatakan bahwa gaya Y2K akan tetap eksis di awal tahun mendatang. 

“Y2K itu masih akan tetap aja, tapi kemungkinan di awal tahun 2024 saja. Tahun depan mungkin akan lebih banyak pakaian yang bahannya print sama mix and match antara pattern,” jelasnya.

Bertha Puspita melanjutkan, sustainable fashion juga akan menjadi salah satu tren yang banyak terjadi di tahun 2024 mendatang. Pasalnya, semakin banyak konsumen menyadari dampak lingkungan atas produk-produk yang mereka konsumsi.

4. Must have fashion items 2024, kira-kira apa saja?

Pexels/Limuel Gonzales

Demi menunjang penampilan tanpa takut ketinggalan zaman, kamu sudah bisa lho menabung untuk mempersiapkan diri membeli barang yang kemungkinan besar akan masuk deretan daftar fashion items yang harus dimiliki di tahun 2024, di antara lain: 

  • Bucket hat.
  • Chunky sneakers.
  • Hoodie.
  • Kemeja bergaya oversized.

“Akan ada muncul lagi itu bucket hat, yang modelnya berbagai macam bisa denim atau lainnya. Lalu, pilihan chunky sneaker. Cobalah pilih sneakers yang warnanya agak ngejreng, tapi meski pakaiannya polos, penampilan kita tetap on point,” ujar Bertha Puspita.

“Kalau menurut saya, hoodie jadi salah satu fashion icon tersendiri. Karena memang sangat nyaman dipakai, khususnya laki-laki. Kemeja oversized juga perlu dipunya,” tambah Kim Geba.

Nah, jadi itu dia ulasan mengenai tren fashion dan hairstyle Korea yang kemungkinan akan hits di tahun 2024. Bagaimana menurutmu?

Baca juga:

The Latest