TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Inspirasi Kebaya Simple ala Artis untuk Menghadiri Wisuda Anak

Tampil pangling dengan kebaya? Ada Kebaya Kartini dan Kutu Baru yang dikenakan Maudy Ayunda, lho!

Instagram.com/Maudyayunda

Hari wisuda merupakan hari yang penting untuk dirayakan, tak hanya anak, tapi juga orangtua. Apalagi, kini, wisuda menjadi salah satu ajang untuk menunjukkan gaya dalam berbusana. Jadi, nggak cuma para anak saja yang akan tampil keren, tapi orangtua, terutama Mama pun tak mau kalah.

Ayo, siapa dari Mama yang sekarang anaknya sedang wisuda atau lagi mau wisuda?

Tapi, bingung mau pakai kebaya model apa? Agar terlihat kompak saat melakukan sesi foto keluarga, berikut Popmama.com punya 7 inspirasi kebaya simple dan elegan saat menghadiri wisuda anak. 

Yuk, simak inspirasi kebaya dari para artis Indonesia di bawah ini, ya!

1. Kebaya Bali

Instagram.com/Titiradjopadmaja

Kebaya Bali juga bisa jadi salah satu pilihan baju yang digunakan saat menghadiri wisuda anak, lho. Pada potret di atas, Titi Radjo Padmaja seorang Musikus mengenakan Kebaya Bali dengan tambahan obi yang melilit di bagian pinggang, tentunya membuat Kebaya Bali terlihat modis dan unik.

Ciri khas dari Kebaya Bali adalah motif bunga teratai dan motif bulat, sehingga cukup menjadi perbedaan dari kebaya lainnya. Kebaya Bali biasanya terbuat dari bahan brokat dan katun. 

Nggak afdol kalau nggak pakai aksesoris dong? Yups, Mama bisa menambahkan aksesoris seperti anting dan bros yang simple agar terlihat semakin elegan dan bisa jadi pusat perhatian, lho!

2. Kebaya Encim

Instagram.com/Margaretvivi

Salah satu jenis kebaya basic yang bisa digunakan saat menghadiri wisuda anak adalah Kebaya Encim. Yups, potret di atas Margaret Vivi mengenakan Kebaya Encim yang merupakan kebaya dengan ciri khas gabungan budaya Melayu dan China.

Ciri khas dari Kebaya Encim adalah bordiran berbentuk V dari leher hingga ke bawah baju dengan bahan katun atau organdi, sehingga nggak perlu takut kepanasan. Jenis kebaya ini selalu menjadi pilihan kebaya dengan gaya casual dan santai.

3. Kebaya Kartini

Instagram.com/Maudyayunda

Ingin terlihat anggun dengan kebaya tradisional? Kebaya Kartini adalah kebaya yang biasanya digunakan oleh para anggota kerajaan atau ningrat di era R.A Kartini. Kebaya Kartini memiliki ciri khas kebaya yang menutup bagian pinggul dengan garis vertikal di bagian kerah, sehingga memberikan kesan ramping dan tinggi.

Setelah Kebaya Encim, Kebaya Kartini menjadi salah satu kebaya model minimalis yang nyaman digunakan saat menghadiri wisuda anak. Bahan yang digunakan pada Kebaya Kartini, yaitu katun polos, brokat, atau beludru.

Siapa sih yang nggak kenal potret di atas, Maudy Ayunda yang sedang mengenakan Kebaya Kartini. Nah, untuk bawahannya, Mama bisa kenakan dengan rok batik berwarna gelap agar memberi kesan elegan dan mewah.

4. Kebaya Kutu Baru

Instagram.com/Maudyayunda

Sebenarnya, Kebaya Kutu Baru tak berbeda jauh dengan kebaya lainnya. Perbedaan yang membuatnya mencolok adalah tambahan kain penyambung sisi kiri dan kanan di bagian dada dan perut.

Potret dfi atas, salah satu Aktris Indonesia, Maudy Ayunda sedang mengenakan Kebaya Kutu Baru yang merupakan salah satu kebaya khas Indonesia dan pastinya nyaman saat dipakai. Untuk pelengkap aksesorisnya, Mama bisa menambahkan kalung emas atau bros berbentuk bunga berukuran besar untuk memberi kesan etnik.

5. Kebaya Peplum

Instagram.com/Eiwaonline

Kebaya Peplum menjadi salah satu kebaya modern yang sering dikenakan oleh para selebriti. Kebaya Peplum memiliki model yang modis dan kekinian, tapi tetap terlihat seperti kebaya pada umumnya.

Yang membedakan Kebaya Peplum dengan kebaya lainnya terlihat pada bagian perut yang mengembang, sehingga bisa menutup perut buncit dan terlihat lebih ramping. Namun, Kebaya satu ini tidak disarankan untuk Mama yang memiliki bentuk pinggang besar karena membuat pinggang terlihat lebih berisi. 

Selain itu, hindari aksesoris yang berlebihan di area pinggang karena dapat mengurangi keindahan Kebaya Peplum.

6. Kebaya Sabrina

Instagram.com/Therealdisastr

Kebaya Sabrina merupakan kebaya modern baru dengan bagian leher dan bahu yang terbuka. Kebaya satu ini memberikan kesan indah pada area leher dan bahu, sehingga saat dipakai akan membuat tampilan jadi lebih anggun dan elegan.

Namun, seringkali penggunaan kebaya digabungkan dengan aksesoris yang berlebihan. Eittss, itu salah ya Ma, karena akan menutup keindahan pada kebaya.

Sebaiknya, memilih bahan kebaya yang tidak terlalu ramai motifnya dengan warna seperti gold, silver, maupun putih. Tips terakhir, hindari aksesoris leher yang terlalu ramai.

Bisa Mama jadikan inspirasi pada potret di atas, salah satu aktris Indonesia, Dian Sastrowardoyo, seorang publik figur yang cukup sering mengenakan berbagai kebaya Indonesia.

7. Kebaya Sunda

Bukalapak.com

Jika dilihat sekilas, Kebaya Sunda tak jauh beda dengan kebaya dari Jawa Tengah atau Jawa Timur. Meski demikian, kebaya dari Jawa Barat ini memiliki pembeda yang terletak pada motif di area leher.

Selain itu, warna Kebaya Sunda umumnya lebih cerah yang dipadukan dengan kain jarik sebagai bawahannya.

Nah, dari 7 inspirasi kebaya simple dan elegan di atas, mana favorit Mama?

Baca juga:

The Latest