TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tanda Skincare Kamu Tidak Cocok dan Cara Mencegahnya!

Apakah kulitmu sering bereaksi negatif setelah menggunakan produk skincare? itu tanda tidak cocok!

Skincare telah menjadi rutinitas wajib bagi banyak perempuan dalam merawat kesehatan dan kecerahan pada wajahnya. Namun, memilih produk skincare yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat setiap individu memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. 

Kesalahan dalam memilih skincare dapat berakibat buruk pada kesehatan kulit, padahal harapannya dengan menggunakan skincare ini dapat memperbaiki kulit wajah agar lebih sehat dan mulus.

Meskipun kamu bebas mencoba berbagai produk skincare yang menarik perhatian, tetapi penting untuk mengenali tanda-tanda ketidakcocokan agar tidak memperparah kondisi kulit.

Nah berikut Popmama.com  rangkum tanda-tanda skincare tidak cocok di wajahmu, simak ya! 

1. Wajah menjadi kering parah

Freepik

Tanda skincare tidak cocok yang pertama adalah wajah kamu merasakan kering yang parah hingga bisa terkelupas. Kondisi ini menandakan bahwa adanya iritasi pada kulit wajah yang harus segera ditangani. 

Terkadang gejala ini disertai dengan sensasi kulit yang tertarik dan kencang. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab dengan kandungan ceramide boosters untuk membantu menormalkan kembali kondisi kulit.

 

2. Jerawat baru

Paxles/ Anna nekrashevich

Timbul jerawat baru di lokasi permukaan wajah juga menjadi salah satu tanda skincare tidak cocok. Hal ini terjadi karena adanya kandungan yang merusak kulit hingga memaksa kelenjar sebasea bekerja lebih keras dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Untuk mencegahnya, aplikasikan obat jerawat atau patch yang dapat membantu meredakan jerawat.

 

3. Kulit menjadi sensitif

Freepik/Azerbajian_stockers

Skincare yang tidak cocok dapat meningkatkan sensitivitas kulit karena lapisan pelindung kulit sedang terganggu. Jika kamu merasakan kulit menjadi perih saat disentuh, segera ganti produk atau gunakan gel lidah buaya untuk menenangkan kulit.

 

4. Muncul testur kasar

Freepik/andreas

Jika kulit wajah menjadi kasar atau bertekstur setelah menggunakan skincare baru, bisa jadi produk tersebut tidak cocok dengan kulit wajahmu. Tekstur kulit wajah yang tidak rata dapat disebabkan oleh iritasi atau reaksi negatif dari bahan yang terkandung dalam produk skincare

 

5. Rasa gatal

Pinterest/koranmandala

Gatal pada kulit wajah dapat menjadi tanda skincare tidak cocok.  Ini terjadi akibat reaksi alergi yang tidak dapat ditoleransi oleh kulit. Biasanya, gatal ini disertai dengan kemerahan. Untuk mengatasinya, segera hentikan penggunaan produk dan aplikasikan kompres es untuk meredakan gejala.

 

6. Ruam kemerahan

freepik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ruam kemerahan juga merupakan tanda tidak cocoknya skincare. Tanda ini dapat muncul sebagai bercak merah yang disertai sensasi terbakar pada kulit wajah. Jika ruam disertai dengan sensasi kesemutan (tingling sensation) yang berlangsung lama, sebaiknya penggunaan produk dihentikan segera.

 

7. Kulit kusam atau gelap

Pinterest/Catholicweekly

Tanda-tanda skincare tidak cocok selanjutnya adalah perubahan warna kulit wajah menjadi lebih gelap. Beberapa bahan dalam produk dapat memicu hiperpigmentasi atau produksi melanin berlebih, mengakibatkan kulit tampak lebih gelap dan mengganggu penampilan. Jika ini terjadi, pertimbangkan untuk mengganti produk skincare kamu.

Itulah informasi mengenai tanda-tanda skincare tidak cocok di wajahmu. Jika tanda tersebut dirasakan saat mencoba skincare kamu, segera atasi dan ganti produknya ya! 

Baca juga: 

The Latest