TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hapus Makeup dengan Remover Minyak Almond, Tuntas Bersihnya!

Selain bersih, kulit Mama juga lebih sehat dan terhindar dari bahan kimia

Freepik/cookie_studio

Beberapa produk makeup remover mungkin terasa perih atau mengiritasi wajah Mama setelah penggunaannya. Mungkin karena kandungan bahan kimia pada produk yang kurang cocok dengan kulit wajah Mama.

Ada cara lain untuk membersihkan riasan wajah hingga tuntas dengan risiko iritasi yang minim, yaitu menggunakan minyak almond. Minyak ini diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kulit.

Praktik Tiongkok kuno dan Ayurveda telah menggunakan minyak almond selama berabad-abad untuk membantu menenangkan dan melembutkan kulit, serta mengobati luka ringan dan luka sayatan.

Saat ini pun minyak almond kerap kali ditemukan dalam berbagai macam produk kosmetik dan kecantikan.

Berikut Popmama.com jelaskan manfaat minyak almond bagi kulit wajah serta cara penggunaannya sebagai makeupremover.

1. Nutrisi yang terkandung dalam minyak almond beserta fungsinya

healthline.com

Minyak almond memiliki dua jenis, yaitu manis dan pahit. Minyak almond manis adalah jenis yang lebih cocok untuk kulit kita. Minyak ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Berikut daftar nutrisinya.

  • Mengandung vitamin A yang di dalamnya terdapat retinol untuk merangsang produksi sel kulit baru dan menghaluskan garis halus.
  • Mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan sel dan membantu mengurangi kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit yang disebabkan oleh matahari.
  • Mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Mengandung seng yang bisa menyembuhkan jerawat atau bekas luka wajah lainnya, jika dikonsumsi secara oral.

2. Beberapa manfaat mengoleskan minyak almond pada kulit wajah

Freepik/lifeforstock

Mungkin tidak banyak bukti ilmiah tentang manfaat penggunaan minyak almond pada kulit. Namun, menurut beberapa studi klinis dan bukti anekdot, mengoleskan minyak almond ke kulit memiliki manfaat berikut:

  • Kelembapan alami kulit terjaga karena minyak almond mengembalikan pH normalnya.
  • Minyak almond mencegah hilangnya air dari kulit sehingga kulit terhidrasi dengan baik, lebih lembut, dan halus tanpa rasa berminyak.
  • Kulit terlindung dari matahari karena sifat antioksidan vitamin E dalam minyak dapat mencegah kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.
  • Kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, bitnik penuaan, dan lain sebagainya. Itu karena minyak almond membantu kulit melawan efek radikal bebas yang dapat merusak sekaligus merangsang produksi sel-sel baru.
  • Menenangkan kulit sekaligus membantu penyembuhan jerawat.
  • Lingkaran hitam di bawah mata dapat teratasi.
  • Menyamarkan bekas luka lama di kulit.

3. Cara menggunakan minyak almond untuk makeup remover

glamour.com

Mama bisa menggunakan minyak almond untuk membersihkan makeup secara tuntas dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tuangkan 3-4 tetes minyak almond manis ke telapak tangan Mama, lalu oleskan ke seluruh wajah. Jika memakai riasan mata (terutama maskara) fokus oleskan minyak ke area mata dan sekitarnya.
  2. Pijat dengan lembut menggunakan ujung jari. Lakukan gerakan melingkar kecil untuk membantu kulit menyerap minyak dengan cepat.
  3. Basahi bola kapas atau kapas dengan air mawar (jika tidak ada, air biasa boleh). Gosok riasan wajah dengan lembut.
  4. Basuh wajah dengan air hangat, kemudian gunakan pembersih wajah yang lembut dan bilas hingga bersih.

4. Amankah menggunakan minyak almond sebagai makeup remover?

Freepik/cookie_studio

Meskipun minyak almond umumnya dianggap aman digunakan pada kulit karena tidak mengandung bahan kimia, namun ada beberapa tindakan pencegahan keamanan yang perlu diingat.

  • Apabila Mama memiliki alergi terhadap kacang-kacangan makan disarankan untuk tidak menggunakannya pada kulit.
  • Jika baru pertama kali, lakukan patch test sebelum mengoles minyak ke wajah. Coba oleskan sedikit minyak almond pada bagian dalam pergelangan tangan atau siku. Jika tidak gatal, kemerahan, perih, atau bengkak dalam beberapa jam, kemungkinan aman.

Jika minyak almond cocok sebagai makeup remover di kulit wajah, Mama bisa mengucapkan selamat tinggal pada produk-produk pembersih wajah yang mengandung bahan kimia.

Bacajuga:

The Latest