TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jadi Karya Eksplorasi, Donne Maula Rilis Lagu Terbaru Menjadi Manusia

Donne Maula hadirkan eksplorasi alternative-pop, chamber-folk, dan soft-rock di 'Menjadi Manusia'

Donne Maula

Pasca memperoleh nominasi ‘Pencipta Lagu Pop Terbaik’ untuk karya mahakarya Yura Yunita bertajuk ‘Tutur Batin’ pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2022 yang lalu, penyanyi, penulis lagu dan produser Donne Maula kembali menyuguhkan kepiawaiannya sebagai musisi produktif.

Sebagai musisi paling produktif, Donne merilis karya solo terbarunya berjudul Menjadi Manusia.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai karya lagu terbarunya, simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Sebagai musisi, lagu Menjadi Manusia bukan hanya sekedar transisi kreatif

Dok. Donne Maula 'Menjadi Manusia'

Seperti judul lagu barunya, Menjadi Manusia bukanlah karya musik pop biasa dari Donne Maula. Tidak hanya sekedar transisi kreatifnya yang mengeksplorasi ranah musik soft pop, lagu ini juga merupakan penghayatan jiwa Donne Maula yang sarat akan kerapuhan.

Lagu ini berdurasi sepanjang 3 menit dan 53 detik, yang dikemas sebagai bentuk pengakuan diri Donne Maula yang kerap kali memendam tekanan mental, gerhana batin, dan awan kelabunya.

2. Hadirkan aransemen musik syahdu dan kelam

Dok.Donne Maula

Lagu milik Donne Maula ini menghadirkan aransemen musik yang syahdu dan kelam. Donne Maula melantunkan kidung nestapa miliknya:

Gaung kesedihan

Ku lelah ku lelah

Ku ingin kembali lagi

Menjadi manusia

Ia mengungkapkan, Menjadi Manusia adalah salah satu karya paling personal yang pernah digarapnya. Lagu ini sebenarnya sudah rampung sejak empat tahun yang lalu, namun dia memutuskan untuk merilis lagu di momen yang tepat, yakni 21 Oktober 2022.

“Terus terang saja, sesungguhnya saya masih merasa takut untuk merilis lagu ‘Menjadi Manusia’ ini,” ungkap Donne Maula lewat keterangan yang diterima oleh Popmama.com.

“Karya ini berakar dari sebuah peristiwa yang terjadi sekitar tahun 2011 lalu, di mana hati dan jiwa saya terasa kebas dan mati suri. Tanpa saya sadari, ternyata selama ini saya selalu memendam nestapa yang cukup menyakitkan, sampai-sampai saya sulit menemukan kembali terang harapan di dalam hidup saya,” lanjut Donne.

3. Untuk menyampaikan pesan lewat lagu terbarunya, Donne butuh produksi musik yang lain

instagram.com/donne_maula/

Donne Maula memahami betul, bahwa untuk menyampaikan sebuah pesan dalam lagu, dibutuhkan musik yang lain daripada yang lain. Alhasil, berbeda dengan karya-karya Donne sebelumnya.

Lagu ini lahir menjadi balada yang memadukan elemen alternative-pop, chamber-folk, dan soft-rock.

“Secara spesifik, saya terinspirasi dari musik chamber Skotlandia dan ragam musik folk dari Afrika. Warna musik tersebut memancarkan semacam mantra magis yang menurut saya sangat cocok untuk narasi lirik yang sangat personal,” terang Donne lagi.

4. Lagu ‘Menjadi Manusia’ berharap bisa menjadi pelipur lara audiens

Donne Maula 'Menjadi Manusia'

Donne Maula memaklumi kalau audiens musik Indonesia akan terkejut dengan karya terbarunya ini, terutama para audiens yang mengharapkan alunan romansa khas seperti di lagu Sejuk dan Menari Sampai Tua.

Meski demikian, Donne Maula percaya bahwa lagu Menjadi Manusia ini sanggup menjadi pelipur lara bagi semua orang di luar sana yang pernah atau sedang mengalami pergumulan.

“Lagu ‘Menjadi Manusia’ ini bisa dibilang merefleksikan gejolak dan kemelut yang ada di dalam kepala saya,” ujar Donne.

“Dan mungkin lagu ini bisa menjadi cermin bagi semua orang yang sedang berjuang melawan gejolak yang sama. Pada akhirnya, kita menjadi manusia ketika menolak untuk menyerah,” kata Donne.

Donne Maula berharap, lagu ini sanggup mematahkan stereotip kaum Adam yang seolah-olah dipaksa untuk senantiasa menjadi ksatria dan bermental baja.

“Seorang pria tidak harus selalu tampil kuat setiap saatnya. Tidak apa-apa bagi seorang pria untuk menunjukkan sisi rapuhnya, dan tidak apa-apa bagi seorang pria untuk mengekspresikan kepedihan di dalam hatinya. Apapun jenis kelamin kita, kita semua sama-sama manusia,” pungkas Donne Maula.

Lagu terbarunya ini bisa didengar di semua digital streaming seperti Spotify, Apple Music, JOOX, dan Resso.

Demikian informasi tentang lagu terbarunya Donne Maula. Semoga lagu ini bisa diterima masyarakat luas ya.

Baca Juga:

The Latest