TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Fitur Flipside Instagram Viral, Apa Bedanya dengan Second Account?

Pastinya fitur Flipside Instagram jauh lebih terlihat simpel

Pexels/Pixabay

Instagram akhirnya resmi merilis fitur terbarunya yang sedang ramai diperbincangkan oleh warganet, yaitu Flipside. Flipside merupakan sebuah fitur yang dapat memberi penggunanya keleluasaan, terutama untuk mengekspresikan diri tanpa harus jaim atau bikin second account.

Kebiasaan membuat second account memang mulai ramai dikalangan pengguna Instagram, terutama anak muda. Tujuannya untuk menampilkan berbagai konten yang kesannya lebih personal dan jujur.

Dengan hadirnya fitur Flipside ini membuat pengguna akun tidak perlu repot bolak-balik dari satu akun ke akun lainnya, karena semua sudah bisa kamu dapatkan dengan mengaktifkan fitur terbaru ini di satu akun saja.

Nah buat Mama yang ingin tahu bagaimana cara mengaktifkannya dan apa bedanya dengan secondaccount, berikut Popmama.com jelaskan soal fitur Flipside Instagram yang lagi viral.

Simak juga perbedaan Flipside dengan second account ya, Ma.

1. Apa itu Flipside?

Popmama.com/Farikh Ali

Buat Mama yang sering menggunakan second account untuk mengunggah konten dengan persona berbeda, kini tidak perlu ribet switch akun lagi. Pasalnya, fitur Flipside sudah hadir di Instagram, sehingga dapat memfasilitasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Sederhananya fitur Flipside ini adalah bagian privat dari akun Instagram milikmu. Di dalamnya, kamu tetap bisa mengunggah InstaStory dan feed seperti biasa, tetapi hanya dibagikan ke orang-orang terpilih yang sudah ditentukan sebelumnya. 

TechCrunch sendiri menjelaskan bahwa fitur Instagram ini pada dasarnya menghasilkan finstas. Finstas sendiri merupakan istilah slang untuk akun Instagram alternatif alias tempat bagi pengguna mengunggah foto kehidupan nyata tanpa harus membingungkan tone feed maupun pandangan orang lain.

2. Cara mengaktifkan fitur Flipside di akun Instagram

Popmama.com/Farikh Ali

Bisa cek dulu ke akun Instagram kamu, kira-kira sudah mendapatkan Flipside atau belum. Jika belum, kamu bisa coba update aplikasi Instagram terlebih dahulu.

Lalu jika sudah, itu artinya kamu sudah bisa menggunakan fitur Flipside. Begini rincian cara mengaktifkannya, antara lain: 

  1. Buka Instagram, lalu login ke akun Flipside yang ingin digunakan
  2. Pada halaman beranda, masuk ke bagian profil di pojok kanan bawah
  3. Pada tampilan akun, temukan ikon kunci yang ada di bagian kanan bawah
  4. Ketuk tombol yang bergambar kunci tersebut untuk masuk ke profil Flipside

3. Cara menggunakan fitur Flipside di akun Instagram

IDN Times/LailiZain

Setelah sudah masuk ke profil Flipside, sebenarnya semua kegunaan fiturnya sama dengan profil Instagram pada umumnya.

Bisa mengunggah story, foto, hingga feed seperti biasa. Berikut rincian cara mengatur profil dan mengunggah konten di Flipside, antara lain: 

  • Cara mengubah profil Flipside 

Pertama, kamu mungkin perlu memasukkan identitas untuk profil Flipside. Alternatif lainnya, kamu bisa menyamakannya dengan halaman utama akunmu. Berikut langkah-langkahnya, yakni: 

  1. Masuk ke halaman akun Flipside milikmu  
  2. Klik ikon pena di bagian pojok kanan atas 
  3. Nah, masukkan nama dan bio sesuai keinginan. Kamu bisa klik 'Tambahkan dari profil utama' untuk menyamakan dengan sisi depan profilmu 
  4. Di bagian 'Pengaturan Flipside', atur siapa yang dapat melihat Flipside milikmu 
  5. Klik 'Selesai' untuk menyimpan pengaturan  

Profil Flipside kamu pun sudah berganti nama dan keterangan bionya sudah sesuai dengan apa yang sudah kamu atur sebelumnya.

Lalu selanjutnya, bagaimana cara untuk mengunggah konten? Berikut caranya, yakni: 

  1. Masuk ke halaman akun Flipside milikmu 
  2. Klik ikon '+' di bagian kanan atas, samping tombol untuk edit profil 
  3. Pilih jenis konten yang ingin kamu unggah. Ada 'Kirim' untuk mengunggah konten di feed dalam bentuk gambar atau video, 'Reel' untuk mengunggah video panjang, 'Cerita' untuk membuat unggahan Story. 
  4. Ikuti tahap mengunggah konten seperti biasa. Termasuk mengatur caption, menambahkan lagu, mengatur tag orang di Instagram dan lokasi, dan sebagainya sesuka hati kamu.  

Setelah semua proses selesai, dan kamu telah mengunggah sesuatu di Flipside, maka teman di akun Instagram utamamu tidak akan dapat melihatnya. Jadi, hal-hal yang lebih privasi akan lebih mudah untuk dilakukan.

Lantas, bedanya dengan second account apa, ya? 

4. Perbedaan Flipside dengan Second Account

Pexels/Pixabay

Lantas, yang menjadi banyak pertanyaan netizen, apa yang membedakan antara fitur Flipside dengan Second Account? Hal pertama tentu saja kemudahan dan kepraktisannya, sebab kamu tidak perlu lagi membuat akun baru jika ingin mengaktifkan Flipside. 

Berbeda jika kamu memilih gunakan second account untuk urusan membagikan konten private. Kamu harus memasukkan email lagi, identitas diri, hingga berpindah akun guna mendapatkannya. 

Soalnya, second account itu sudah pasti terpisah dari akun utama. Jadi, buat yang lebih pilih pakai Flipside, maka kamu akan lebih simpel dalam membagikan konten-konten yang jujur dan personal, karena hanya bisa dinikmati oleh orang-orang terdekat, tanpa harus bikin akun baru. 

Nah, jadi itulah tadi penjelasan rinci mengenai fitur Flipside Instagram viral, apa bedanya dengan second account? Kalau buat mama sendiri gimana? Lebih pilih pakai fitur baru Flipside apa tetap setia buat pakai second account karena sudah banyak followers-nya? Share kolom komentar ya Ma!  

Baca juga: 

The Latest