TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cinta Laura Menginspirasi Generasi Muda di IMGS 2024

IMGS 2024 di hari kedua menghadirkan Cinta Laura di salah satu sesinya

Hari kedua Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) 2024 menampilkan sesi inspiratif berjudul Skill Development: Preparing for Sustainable Career of the Future.

Dalam sesi ini, Cinta Laura sebagai seorang entertainer dan sociopreneur, membagikan pengalaman serta wawasannya. Cinta membagikan mengenai pentingnya mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan karier yang berkelanjutan di masa depan. 

Bersama Junaid Murtaza (President Director L’Oreal Indonesia) dan Suherman (Director of HR PT Bukit Asam), mereka membahas berbagai aspek yang dibutuhkan untuk menciptakan karier sukses dan bermakna di dunia yang terus berubah.

Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai sesi bersama Cinta Laura menginspirasi generasi muda di IMGS 2024.

1. Pentingnya visi dan misi sosial dalam karier

Dok. IMGS 2024

Cinta Laura memulai dengan menjelaskan bagaimana sukses dalam karier tidak hanya diukur dari pencapaian pribadi, tetapi juga dari dampak sosial yang diberikan. 

Melalui perusahaannya, PT Cinta Paras Semesta, Cinta menekankan bahwa setiap lini bisnis yang ia dirikan didasarkan pada keinginan untuk mendukung dan membina anak-anak Indonesia.

“3-4 tahun terakhir aku sama tim ku membangun 7 lini bisnis semuanya berhubungan dengan entertainment,” ujar Cinta Laura di IMGS 2024 (23/10/2024)

Menurutnya, penting bagi generasi muda untuk memiliki growth mindset dan berpikir jauh ke depan dalam setiap langkah karier yang mereka ambil.

Bagi Cinta, hal ini juga termasuk bagaimana kita dapat menggunakan keahlian dan pencapaian kita untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

2. Tidak hanya kepintaran, etos kerja yang baik mendorong kesuksesan

Dok. IMGS 2024

Cinta Laura mengungkapkan bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi ketika memulai karier. Terutama sebagai seorang wirausaha atau kreator adalah tidak adanya keseimbangan, antara pekerjaan dan kehidupan pribadi di awal perjalanan karier. 

“Tidak ada yang namanya work-life balance di awal,” tegasnya. 

Ia menjelaskan bahwa banyak pengorbanan harus dilakukan, terutama dalam hal waktu bersama keluarga atau waktu untuk bersenang-senang, demi membangun fondasi karier yang kokoh.

3. Etos kerja dan pandangan tentang kepemimpinan

Dok. IMGS 2024

Cinta Laura juga berbagi pandangan tentang pentingnya memiliki etos kerja yang kuat dalam menjalankan karier.

Cinta mengungkapkan ketika ia ingin merekrut karyawan, dirinya pernah mengira bahwa memilih kandidat yang pintar dapat mengantarkan kontribusi bagus untuk perusahaan. Namun, work ethic juga sangat penting karena bekerja juga harus memiliki etos kerja yang baik.

Cinta juga menyatakan, bahwa permasalahan yang sering terjadi pada generasi saat ini adalah generasi sekarang terkadang memiliki ekspektasi terlalu tinggi. Mereka menginginkan kompensasi secepatnya hanya dalam waktu beberapa tahun bekerja. 

“Kalau kita bekerja hanya berekspektasi bahwa kompensasi hanya terus naik, let me tell you mayoritas dari pemimpin kalian tidak akan mengapresiasi kalian,” ungkap Cinta Laura.

Menurutnya, kesuksesan karier tidak hanya datang dari kompensasi materi, tetapi dari pengakuan yang didapat karena etos kerja yang luar biasa.Ia menekankan bahwa pemimpin yang baik akan melihat potensi dari cara seseorang bekerja, bukan dari seberapa keras mereka menuntut kompensasi.

Cinta juga menekankan bahwa generasi muda, terutama Gen Z, sangat kreatif, namun mereka juga harus belajar dari pengalaman untuk bisa berkembang lebih baik di masa depan.

Nah, itu dia Cinta Laura menginspirasi generasi muda di IMGS 2024. Sesi Skill Development: Preparing for Sustainable Career of the Future di IMGS 2024 pada hari kedua yang menghadirkan Cinta Laura ini memberikan wawasan berharga bagi generasi muda tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk karier.

Baca juga:

The Latest