TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kisah Makayla Rose di Film Sumala, Perankan Dua Karakter Sekaligus!

Perbedaan yang kontras antara kedua karakter justru memudahkan Makayla dalam berganti peran

FilmSumala yang diproduksi oleh Hitmaker Studios menghadirkan cerita horor yang diadaptasi dari kejadian nyata di Kabupaten Semarang pada tahun 1948. Kisah ini menjadi viral berkat thread dari akun Twitter @BangBetz_. 

Kisah Sumala sendiri bercerita tentang perjalanan seorang perempuan yang tampak biasa di siang hari, namun berubah drastis ketika menjelang malam. Kepribadiannya berganti menjadi sosok menakutkan, memicu rangkaian kejadian mengerikan di desa tempat ia tinggal. 

Dibintangi oleh artis terkenal seperti Makayla Rose, Luna Maya, dan Darius Sinathrya, film ini membawa kisah mistis tentang seorang perempuan yang dipercaya sebagai titisan iblis. 

Makayla Rose menjadi pemeran utama di balik film Sumala. Dalam film ini, ia memerankan dua tokoh sekaligus, yakni Kumala dan Sumala. Kedua karakter ini memiliki kepribadian yang sangat berbeda.

Berikut kisah Makayla Rose di film Sumala saat berbagi pengalamannya dengan tim Popmama.com (12/09/2024).

1. Tantangan yang dilalui selama proses syuting film Sumala

Instagram.com/makayla_rose9

Adegan paling sulit bagi Makayla adalah ketika ia harus beralih cepat dari karakter Sumala ke Kumala. Makayla harus bolak-balik memerankan kedua karakter tersebut dalam satu adegan, terutama pada saat pertemuan antara Kumala dan Sumala. Adegan ini menuntut konsentrasi tinggi karena ia harus bisa switch emosi dan gesture dengan cepat.

Selain itu, Makayla Rose juga mengungkapkan bahwa tantangan terbesar selama syuting adalah make up prostetik dan penggunaan softlens khusus. Untuk memerankan karakter Sumala, ia harus mengenakan prostetik dan latex di berbagai bagian tubuhnya, termasuk wajah. 

Tantangan lain adalah softlens putih yang digunakan untuk karakter Sumala, di mana terdapat tiga fase penggunaannya. Pada fase ketiga, pandangannya sangat terbatas, hanya bisa melihat bayangan, yang tentunya mempersulit gerakan saat syuting.

“Jadi, fase satu dan dua bisa melihat, yang ketiga tidak bisa lihat karena ada bayangan putih. Jadi, aku cuma bisa lihat bayangan orang-orang doang, gak bisa lihat apa-apa lagi,” ungkap Makayla kepada tim Popmama.com (12/09/2024).

2. Cara Makayla mendalami karakter Kumala dan Sumala

Dok. Popmama.com

Untuk mendalami kedua karakter tersebut, Makayla lebih fokus pada proses reading yang berlangsung selama tiga minggu, sehingga ketika proses syuting berlangsung, Makayla bisa lebih enjoy.

Menurut Makayla, tantangan mendalami karakter justru lebih banyak datang dari karakter Sumala, karena gesturnya lebih kompleks dibanding Kumala. Saat proses reading, Makayla mengakui bahwa gestur Sumala membutuhkan banyak perhatian, sehingga ia perlu lebih banyak waktu untuk menguasainya​.

Namun, perbedaan yang jelas antara Kumala dan Sumala justru membuat Makayla lebih mudah melakukan perpindahan karakter. Ia fokus pada perbedaan mendasar antara keduanya, sehingga ketika syuting, ia bisa mengatasinya dengan mudah​.

“Untung beda banget, tapi kalau sama banget gimana bedainnya? Gimana kita tau yang mana Sumala dan Kumala? Untungnya beda banget sih, lebih gampang buat nge-switch,” kata Makayla.

3. Tidak boleh membangun chemistry dengan Luna Maya dan Darius Sinathrya

Instagram.com/makayla_rose9

Biasanya, untuk memperkuat chemistry antara karakter orangtua dan anak, aktor atau aktris akan melakukan bonding. Namun, dalam kasus ini, Makayla justru harus menjaga jarak dengan Luna Maya dan Darius Sinathrya. Karena dalam film  Sumala, karakter anak mereka dianggap sebagai aib keluarga. 

Untuk menjaga konsistensi peran ini, interaksi antara Makayla dan kedua lawan mainnya sangat dibatasi. Bahkan selama proses reading, Makayla ditempatkan di ruangan terpisah.

Hal ini bertujuan agar perasaan terasing dan jarak antara karakter tersebut terlihat lebih nyata di layar.

4. Apa yang Makayla paling suka dari peran yang dimainkan?

Dok. Popmama.com

Bagi Makayla, memerankan dua karakter dalam satu film adalah salah satu tantangan terbesar dalam kariernya.

Unik ya, karena karakter yang satunya berkekurangan dan satu jahat banget, iblis,” ujar Makayla kepada tim Popmama.com (12/09/2024).

Ia juga menambahkan bahwa peran ini sebagai role of a lifetime, karena Kumala dan Sumala memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Makayla sangat menikmati kesempatan untuk mengeksplorasi dua sisi kepribadian yang berbeda, yang memungkinkan ia menunjukkan berbagai aspek aktingnya.

Nah itu dia kisah Makayla Rose di film Sumala yang diadaptasi dari kejadian nyata akan memberikan pengalaman horor yang intens bagi para penontonnya. 

Dengan akting memukau dari Makayla Rose, Luna Maya, dan Darius Sinathrya, film ini siap menggetarkan hati para penikmat film horor mulai 26 September 2024. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan kisah menegangkan yang penuh misteri ini di layar lebar.


Baca juga:

 

The Latest