TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Waktu yang Tepat untuk Berenang, Pagi atau Sore?

Memilih waktu yang tepat untuk berenang membantu mendapatkan manfaat yang diinginkan lho!

Freepik/freepik

Berenang adalah olahraga yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat dilakukan kapan saja sesuai preferensi individu. Namun, memilih waktu yang tepat dapat membantu mendapatkan manfaat maksimal. Apakah lebih baik berenang di pagi hari atau sore hari? Bagaimana dengan durasinya? 

Nah, Popmama.comakan membahas waktu yang tepat untuk berenang, durasi yang ideal, manfaatnya, serta tujuan dari aktivitas berenang ini, yuk simak!

Waktu yang tepat untuk berenang

Freepik/freepik

Sebuah penelitian dari Journal of Sports Science & Medicine menemukan bahwa waktu latihan pagi dan sore sama-sama baik, namun pagi hari dapat meningkatkan energi dan metabolisme sepanjang hari. Sedangkan menurut Journal of Strength and Conditioning Research, berenang di sore hari membantu melepaskan stres dan lebih aman karena otot-otot sudah lebih hangat. 

Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya pilihan waktu berenang tergantung pada preferensi individu dan hasil apa yang ingin didapatkan. Jika ingin meningkatkan energi dan metabolisme di sepanjang hari, maka bisa memilih waktu berenang pada pagi hari. Namun, jika ingin melepas stres setelah seharian beraktivitas, kamu bisa memilih waktu berenang di sore hari. 3-5 kali seminggu adalah waktu yang ideal untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara optimal.

Berapa lama berenang yang baik?

Freepik

Durasi ideal untuk berenang bervariasi tergantung pada tujuan dan kondisi fisik masing-masing individu. Secara umum, sesi berenang dilakukan selama 30 hingga 90 menit setiap sesi secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar hasilnya lebih optimal untuk kesehatan.

Jika tujuan berenang untuk meningkatkan kebugaran atau menurunkan berat badan, maka disarankan untuk berenang lebih intensif dengan interval waktu yang lebih lama.

Namun, penting untuk diingat bahwa berenang tidak harus dilakukan dalam waktu yang sangat lama untuk memberikan manfaat. Bahkan sesi singkat 20-30 menit sudah cukup untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kapasitas paru-paru, serta menjaga kesehatan jantung.

Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh

Freepik

Journal of Sports Science & Medicine menegaskan bahwa berenang meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta kebugaran secara menyeluruh tanpa menimbulkan risiko cedera.

Berenang juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah memperbaiki kesehatan jantung dan paru-paru. Aktivitas berenang yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kapasitas paru-paru serta memperbaiki sirkulasi darah. Selain itu, berenang juga dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi, sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk mereka yang memiliki masalah sendi.

Selain manfaat fisik, berenang juga memberikan manfaat mental. Berenang di air dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Air memberikan efek menenangkan yang membantu tubuh dan pikiran lebih rileks.

Tujuan berenang untuk kesehatan

Freepik/drobotdean

Setiap orang mungkin memiliki tujuan yang berbeda saat berenang. Beberapa orang berenang untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, sementara yang lain mungkin berenang untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan stamina. Berenang juga menjadi pilihan ideal bagi mereka yang sedang dalam tahap pemulihan dari cedera karena sifat air yang membantu mengurangi tekanan pada tubuh.

Bagi atlet atau mereka yang terlibat dalam olahraga kompetitif, berenang sering dijadikan sebagai bagian dari program latihan lintas disiplin. Ini karena berenang melibatkan semua kelompok otot utama tubuh, membantu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan tanpa risiko cedera yang besar.

Itulah dia pemilihan waktu yang tepat untuk berenang dan durasi yang tepat untuk berenang, disertai dengan tujuan yang jelas, akan membantu untuk mendapatkan hasil optimal. Ternyata berenang juga bisa dinikmati oleh semua kalangan, dengan berbagai manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, loh!

The Latest