TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Fatal! Ini Dampak Akibat Kesalahan Diagnosis Medis oleh Dokter

Akibat kesalahan diagnosis tentu sangat merugikan pasien, baik dari sisi kesehatan maupun finansial

Freepik/rawpixel.com

Diagnosis merupakan istilah yang lekat dengan bidang kesehatan atau medis. Biasanya, diagnosis dilakukan oleh dokter maupun seorang ahli penyakit tertentu. Kegiatan ini adalah langkah awal dokter untuk menentukan suatu jenis penyakit yang diderita oleh pasien maupun membantu memahami kondisi seseorang.

Umumnya, dokter atau pelayanan kesehatan akan mengidentifikasi gangguan kesehatan melalui tanda atau gejalanya.Dikutip National Cancer Institute, melihat riwayat kesehatan, memeriksa fisik hingga melakukan tes dapat membantu dokter untuk mendiagnosis secara tepat.

Sayangnya, masih kerap ditemukan kasus-kasus kesalahan diagnosis atau misdiagnosis. Kekhilafan ini dapat dilakukan baik oleh dokter, rumah sakit, maupun tenaga medis lainnya. Salah mendiagnosis kondisi pasien sangat berakibat fatal.

PT Prodia Widyahusada Tbk sebagai salah satu penyedia jasa layanan laboratorium pun memiliki pandangan yang sama. Dewi Muliaty selaku Direktur Utama Prodia mengungkapkan, “Dasar dari kualitas yang unggul, yaitu diagnosa yang lebih baik sehingga tidak terulang kembali kasus salah diagnosis yang menjadi cikal bakal pendirian Prodia.”

Dimana pada awal pendirian PT Prodia Widyahusada Tbk, Andi Widjaya sebagai Founder menceritakan kejadian dokter salah mengecek golongan darah. Saat itu, dokter bedah mendiagnosis Andi bersama tiga rekannya mempunyai golongan darah O.

Padahal, golongan darah Andi adalah A. Melihat hal tersebut, ia sebagai ahli dan pengajar klinik medis mewanti-wanti agar dokter lebih teliti dalam mendiganosis kondisi kesehatan seseorang. 

“Dari masa ke masa, perjalanan Prodia lima puluh tahun lalu yang berasal dari Kota Solo berkomitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan atau diagnosis terbaik. Prodia pun membangun fondasi internal yang kuat sehingga mampu mengawinkan antara bisnis dan sains. Lantas pada akhirnya mampu mewujudkan perusahaan laboratorium berkelas dunia”, ungkap Andi Widjaya.

Sejalan dengan itu, Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis & Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk menambahkan bahwa brand identity Prodia adalah trust. Kepercayaan ini dibangun dari kualitas layanan pemeriksaan yang prima. Hal tersebut diwujudkan dengan diperolehnya berbagai sertifikasi di bidang kesehatan baik dari lembaga dalam negeri maupun internasional.

Kekeliruan diagnosis sangat berpengaruh fatal. Nah, Popmama.com sampaikan ulasan akibat kesalahan diagnosis yang berpotensi memengaruhi kondisi kesehatan pasien. 

1. Salah meresepkan obat untuk pasien

Freepik/lenetstanfree

Efek pertama akibat salah diagnosis adalah salah meresepkan obat sehingga pasien tidak mendapatkan penawar yang sesuai atas penyakitnya. Melansir Upton & Hatfield, jika obat yang tepat tidak diberikan kepada pasien mengakibatkan kondisi kesehatan mereka tidak akan membaik dengan cepat.

Misalnya,  pasien A berusia 35 tahun mengeluhkan mati rasa, sulit berbicara, penglihatan kabur. Dokter kemudian mendiagnosis pasien tersebut mengalami migrain. Padahal, penyakit sebenarnya adalah stroke. Kesalahan diagnosis itu terjadi karena dokter mengambil kesimpulan stroke jarang dialami orang di bawah usia 50 tahun. 

Pasien bahkan memungkinkan mengalami efek samping membuat mereka menghadapi konsekuensi penyakit jangka panjang lainnya. Dimana, sebenarnya hal ini tidak perlu apabila obat yang diresepkan tepat. .

2. Keterlambatan memperoleh perawatan

Freepik/DCStudio

Dilansir Boohoff Law, kesalahan diagnosis menyebabkan pasien tidak mendapatkan perawatan yang tepat waktu. Lantas, mengakibatkan kondisinya semakin memburuk. Bahkan sangat mungkin ia tidak memiliki kesempatan lebih untuk bertahan dari penyakit yang dideritanya.

Bentuk perawatan meliputi obat yang diberikan, kontrol perkembangan kesehatan, hingga penggunaan alat-alat kesehatan guna menunjang proses kesembuhan.

Hal ini berbeda jika, pasien mendapat pemeriksaan dengan benar. Ia justru bisa sembuh lebih cepat karena penyakit dapat ditangani dengan segera atau setidaknya mempunyai kesempatan bertahan hidup lebih lama. Pasalnya, perawatan yang ia terima sesuai dengan gangguan kesehatan sehingga penyakit tidak menjalar ke bagian lainnya

3. Biaya pengobatan meningkat

Freepik/rawpixel.com

Dikutip dari The Law Office of Dr. Michael M. Wilson, M.D., J.D, misdiagnosis berimbas pada bidang finansial pasien, yaitu meningkatnya biaya pengobatan. Alasannya sangat sederhana karena salah diagnosis menyebabkan pasien tidak mendapatkan penawar dan perawatan yang sesuai. Lantas, ia harus lebih lama menjalani pengobatan maupun memperpanjang rawat inap.

Karena obat, jasa perawatan yang diberikan rumah sakit maupun dokter tentu harus dibayar supaya bisa memberikan hasil yang efektif. Jadi, semakin lama masa pengobatan atau rawat inap maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan pihak pasien.

4. Paling fatal dapat menyebabkan kematian

Freepik Ilustrasi

Pemberian obat yang tidak sesuai serta perawatan yang lamban bukan hanya berdampak pada keuangan pasien saja. Tetapi juga membahayakan keselamatan pasien. Menurut data yang dikumpulkan oleh Armstrong Institute Center for Diagnostic Excellence di Johns Hopkins, sekitar 4 juta pasien yang salah didiagnosis mengalami cedera. Sementara, sebanyak 80.000 meninggal akibat salah diagnosis.

Apabila menjadi salah satu korban salah diagnosis maka kamu berhak untuk meminta ganti rugi. Bahkan, jika pasien yang mengalami misdiagnosis sampai meninggal maka pihak rumah sakit atau klinik kesehatan wajib memberikan kompensasi.

Itulah ulasan mengenai akibat kesalahan diagnosis yang sangat fatal bagi seorang pasien. Manusia memang lumrah melakukan human error tapi untuk tenaga kesehatan hal tersebut sangat dihindari semaksimal mungkin. Ketelitian dan kejelian penting diutamakan supaya bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk para pasien. 

Baca Juga:

The Latest