TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Daftar Vitamin Penting untuk Laki-Laki di Usia Lebih dari 40 Tahun

Sebaiknya mengambil langkah proaktif untuk menjaga kesehatan

Freepik/drobotdean

Papa sudah memasuki usia empat dekade?

Sebaiknya bagi mereka yang berusia 40 ke atas, maka benar-benar memerhatikan kehidupannya secara fisik maupun mentalnya. Ketika menginjak usia 40, berarti perlu menjaga pola makan.

David Cutler, MD, dokter keluarga di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California berkata kepada Health bahwa setelah kamu mencapai usia 40 semua mungkin berubah atau tidak. Minta penyedia layanan kesehatan untuk membagikan kondisi pada pasien pada usia ini.

Selain itu Papa harus mengambil langkah proaktif, caranya dengan mengonsumsi asupan vitamin. Berikut Popmama.com berikan 5 daftar vitamin yang dibutuhkan laki-laku di usia 40 tahunan. 

1. Vitamin A untuk menjaga penglihatan

Freepik/bublikhaus

Di usia 40 ke atas, biasanya masih dapat melihat secara normal di siang hari. Tetapi penglihatannya berkurang dalam kegelapan. Ini karena mata mereka berjuang untuk menangkap cahaya pada tingkat yang lebih rendah.

Nah, sebaiknya Papa mulai mencegah rabun senja. Caranya dengan makan beta-karoten dalam jumlah yang cukup. Langkah tersebut dapat membantu memperlambat penurunan penglihatan.

Jadi penting untuk memiliki diet seimbang. Papa bisa mengonsumsi vitamin A guna menjaga penglihatan. Cobalah menikmati berbagai macam makanan bergizi setiap hari. Termasuk buah dan sayuran seperti pepaya, wortel maupun bayam.

2. Vitamin B6 suplemen penting yang harus ditambahkan

Freepik

Banyak laki-laki di usia 40 mungkin mulai menyadari penurunan kemampuan mereka untuk mendapatkan ereksi. Sering kali disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti obesitas, hipertensi maupun sindrom metabolik.

Sementara vitamin B6 salah satu vitamin penting bagi Papa yang menginjak usia 40 tahun. Dimana vtamin ini diperlukan untuk menjauhi dari aneka permasalahan prostat. Terutama dibutuhkan tubuh untuk beberapa fungsi. Vitamin B6 sendiri ada pada kentang, pisang atau hati sapi.

Dikutip dari Medicalnewstoday, vitamin B6 adalah vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf pusat dan metabolisme. Perannya termasuk mengubah makanan menjadi energi dan membantu menciptakan neurotransmiter, yaitu serotonin dan dopamin. Bahkan membuat sel darah dan menjaga sel tetap sehat. 

3. Vitamin B12 nutrisi utama untuk tubuh

Freepik/KamranAydinov

Ingatlah, penuaan menyebabkan tendon kehilangan elastisitas. Bahkan menimbulkan kekakuan dan peradangan. Dimana risiko itu lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas 40 tahun. Sedangkan bagi Papa yang ingin tetap sehat, asupan vitamin B12 nutrisi utama untuk fungsi optimal tubuh.

Dilansir dari Webmd, nyeri sendi dan kekakuan tampaknya berjalan seiring dengan penuaan. Mulai sekitar usia 30, kamu bisa kehilangan kepadatan tulang dan massa otot. Keduanya dapat mengakibatkan ketegangan dan nyeri pada persendian.

Jadi vitamin B12 termasuk salah satu suplemen penting yang harus ditambahkan. Banyak sumber makanan seperti telur, daging tanpa lemak, ikan dan produk susu. Pastikan tubuh Papa mendapat asupan vitamin B12, ya!

4. Vitamin D untuk penyerapan kalsium

Freepik/bublikhaus

Ketika seorang laki-laki mencapai usia empat puluhan, dia menghadapi cukup banyak masalah kesehatan seperti penurunan libido. Termasuk metabolisme yang lambat dan tulang rapuh. Meski penuaan tidak dapat dihindari, tapi Papa perlu asupan vitamin D yang berfungsi untuk melawan penyakit terkait usia dan membantu tetap bugar.

Ya, vitamin D memiliki segala macam manfaat bagi tubuh. Vitamin D mempromosikan penyerapan kalsium dalam usus. Termasuk membantu menjaga kadar kalsium dan fosfat. Ini membuat tulang tetap sehat dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Bahkan mencegah kram dan kejang pada otot.

Sedangkan jika kekurangan vitamin D yang parah meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan kolorektal. Jadi sangat ideal memasukkan suplemen vitamin D ke dalam makanan Papa. Cobalah mengonsumsi kuning telur, jamur maupun salmon.

5. Vitamin E menetralkan efek radikal bebas

Freepik/Racool_studio

Bahwa beberapa faktor risiko dapat berkontribusi terhadap penyakit tertentu di usia 40 ke atas, ini termasuk kanker. Kanker kulit adalah salah satu masalah kulit utama seiring bertambahnya usia. Terutama melanoma disebabkan oleh paparan sinar matahari bersama dengan genetika.

Untuk membantu Papa tetap sehat, maka sebaiknya konsumsi asupan vitamin E. Manfaatnya sendiri berfungsi sebagai antioksidan kuat yang larut dalam lemak dalam sel dan jaringan. Dimana antioksidan menetralkan efek radikal bebas.

Jadi vitamin E adalah satu vitamin yang penting bagi laki-laki. Terpenuhinya asupan Vitamin E dalam tubuh bisa membantu tubuh untuk mengurangi dari hal buruk dari polusi, terkena kanker dan masalah kulit. Vitamin E bisa Papa dapatkan dari almond, brokoli dan masih banyak lagi.

Pa, itulah kelima vitamin untuk laki-laki di usia 40 tahun lebih. Yuk, menjaga kesehatan fisik dengan membuat pilihan makanan sehat!

Baca juga:

The Latest