TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tinggi Serat, Ini Dia 5 Manfaat Kulit Kentang Rebus untuk Kesehatan

Apakah kamu suka mengonsumsi kentang rebus?

Pixabay/Anestiev

Kentang memang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Itu artinya, mengonsumsi kentang membuat tubuh semakin sehat. Ini termasuk dapat mengontrol kadar gula darah, pengurangan risiko penyakit jantung dan kekebalan yang lebih tinggi.

Kentang adalah umbi yang dapat dimakan dan kaya nutrisi. Kentang termasuk makanan rendah karbohidrat, tinggi serat, vitamin, mineral dan fitokimia yang membantu menangkal penyakit.

Namun saat mengonsumsi kentang, ada baiknya tidak mengelupas bagian kulitnya agar mendapatkan kesehatan yang lebih optimal.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 manfaat baik kulit kentang rebus untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Freepik/cookie_studio

Mengonsumsi kentang rebus yang masih ada kulitnya, ternyata sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ini berkat kandungan serat yang ada pada kulit kentang.

Dilansir dari Livescience, kulit kentang memiliki lebih banyak kalium daripada pisang. Bahwa kulit kentang bagian luar mengandung banyak serat dan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, serat pada kulit kentang berfungsi mengikat zat sisa yang terdapat pada sistem pencernaan untuk kemudian dibawa keluar dan dibuang.

2. Membantu mengurangi berat badan

Pixabay/Anestiev

Ternyata, kulit kentang mengandung sekitar 40-50% serat makanan dan telah dianggap dapat mengurangi berat badan dan mengikat lemak berlebih yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dikutip dari Healthbenefitstimes, kulit kentang juga memberikan berbagai manfaat seperti menurunkan berat badan. Kentang yang mengandung karbohidrat tinggi memiliki peran vital dalam mengatur berat badan. 

Selain itu, kulit kentang memiliki kandungan lemak, natrium dan kolesterol. 

Itu artinya, kulit kentang bisa dijadikan sebagai bagian dari diet penurunan berat badan.

3. Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Freepik/jcomp

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, salah satunya menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Mengonsumsi kentang rebus yang disertai kulitnya, ini merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Dikutip dari Thehealthsite, mengonsumsi kulit kentang bermanfaat bagi kesehatan yang mengejutkan. Kulit kentang sarat dengan kalium, mineral penting dan esensial untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Pasalnya, potasium dan asam lemak omega 3 berperan penting dalam meminimalisir tekanan darah dan membuat jantung bekerja secara optimal.

4. Berperan penting untuk menjaga sistem metabolisme tubuh

Pixabay/DzeeShah

Ternyata konsumsi kentang rebus beserta kulitnya sangat penting untuk metabolisme tubuh.

Dilansir dari Healthline kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya.

Selain itu, bahwa vitamin B1, B2 dan B6 yang ada dalam kulit kentang sangat krusial dalam sistem metabolisme.

Dengan memiliki metabolisme yang baik, maka makanan akan dicerna menjadi energi.

5. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

Freepik/Racool_studio

Mengonsumsi makananan sehat seperti kentang rebus dengan kulitnya, ini termasuk cara membuat kandungan nutrisinya terserap dengan baik.

Kentang menyediakan mineral yang sangat mudah diserap. Kentang memiliki kalium, magnesium, tembaga, kalsium, fosfor, seng dan mineral penting besi untuk beberapa fungsi tubuh. 

Kandungan asam fitat yang rendah pada kulit kentang, maka sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Itu artinya, semua nutrisi yang terdapat dalam makanan akan diserap secara optimal.

Baca juga:

The Latest