TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Menu Sushi yang Terinspirasi dari Okinawa di Jepang

Terinspirasi dari pulau terbaik di Jepang, makanan Sushi ini hadir di Indonesia!

Popmama.com/Cindini Febriani

Okinawa, sebuah kepulauan di selatan Jepang, dikenal tidak hanya karena keindahan alamnya tetapi juga kekayaan budaya kulinernya. Sushi, salah satu ikon kuliner Jepang, telah berevolusi di Okinawa dengan sentuhan lokal yang unik. 

Salah satu outlet Genksi Sushi di Indonesia telah meluncurkan menu baru yang dipadukan dengan cita rasa Indonesia, mulai dari buah mangga lokal hingga sentuhan pedas dari cabai, untuk memenuhi pasar lokal dan lidah masyarakat Indonesia.

Popmama.com merekomendasikan tujuh menu sushi yang terinspirasi dari Okinawa di Jepang, yang wajib dicoba oleh kamu sebagai pencinta sushi.

1. Oshi sushi

Popmama.com/Cindini Febriani

Oshi sushi, adalah sayuran pahit yang sering digunakan dalam masakan Okinawa. Dalam sushi, oshi memberikan rasa yang menyegarkan dan kontras yang menarik dengan rasa manis dari nasi sushi.

Tambahan irisan mangga lokal dan alpukat diiris tipis dan diletakkan di atas nigiri atau digulung dalam sushi roll bersama bahan lainnya seperti tuna atau tamagoyaki (telur dadar Jepang).

Selain itu, menu sushi juga ditambahkan topping udang kering yang krispi. Perpaduan dari nasi spicy mentai, mangga manis dan irisan wortel serta taburan paha ayam.

Ini sangat cocok bagi kamu penyuka alpukat dan sari mangga yang dipadukan dengan nasi. Bila kamu penggemar masakan Jepang, kamu wajib coba menu ini!

2. Okinawa roll

Popmama.com/Cindini Febriani

Okinawa Roll adalah sushi roll yang menggambarkan esensi kuliner Okinawa. Roll ini biasanya berisi ikan salmon yang dimasak dengan cara khas Okinawa, ditambah dengan sayuran segar dan acar lokal.

Kombinasi ini memberikan rasa gurih dan manis yang khas, serta tekstur yang beragam, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta sushi.

Okinawa Roll sering kali dilapisi dengan nori dan nasi sushi yang lembut, sayuran segar seperti mentimun atau wortel, dan acar lokal seperti takuan (acar lobak kuning), sushi varian ini sering disajikan dengan sedikit saus tare atau mayones untuk menambah cita rasa.

3. Himawari sushi

Popmama.com/Cindini Febriani

Himawari sushi, luarnya memadukan salmon yang ditaburi dan terdapat nasi serta salmon skin juga cukawakame.

Kulit dari skin salmon krispi inilah yang menambahkan rasa lezat tersendiri dan gurih, kulit ikan yang ditaburkan sebagai toping tidak menimbulkan rasa amis. 

Dalam himawari sushi, ikan salmon memberikan rasa segar dan tekstur yang menarik. Biasanya, himawari sushi disajikan di atas onigiri atau ditambahkan ke dalam sushi roll bersama dengan ikan segar.

Rasa segar dan sedikit asin dari bumbu taburan melengkapi rasa manis dari alpukat dan mangga, menciptakan sensasi yang menyegarkan di mulut.

4. Hakata roll

Popmama.com/Cindini Febriani

Hakata adalah hidangan dengan spicy tuna, mayo mangga lokal, alpukat, serta irisan cabai. Semua bahan dijadikan satu, yang menjadikan hakata ini sushi yang unik adalah topping alpukat yang memanjang, mampu memberikan kesan yang menyegarkan mata. 

Dalam versi sushi, hakata roll memiliki irisan mangga tipis dan diletakkan di atas nasi sushi. Dan tentunya membentuk gulungan dalam sushi roll bersama sayuran segar atau acar.

Kombinasi antara rasa manis dari hakata dan kelembutan nasi sushi menciptakan pengalaman kuliner yang berbeda dan menggugah selera.

5. Umaki sushi

Popmama.com/Cindini Febriani

Umaki sushi adalah variasi sushi yang menggunakan varian buah-buahan yang dimasak dengan cara tradisional Jepang dan dilapisi dengan telur dadar tipis.

Umaki sushi memiliki rasa yang kaya dan tekstur lembut dari salmon yang dimasak dengan saus manis, serta kelezatan dari telur dadar yang memberikan kontras tekstur yang menyenangkan.

Buah mangga dan alpukat yang digunakan dalam umaki sushi biasanya dimasak dengan campuran kecap, mirin, dan gula, yang memberikan rasa manis dan gurih yang mendalam.

Telur dadar tipis yang melapisi belut memberikan tekstur yang lembut dan sedikit manis, menciptakan keseimbangan rasa yang sempurna.

Umaki sushi sering kali disajikan dengan sedikit saus tambahan di atasnya dan taburan biji wijen untuk menambah tekstur dan aroma.

6. Ogawa roll

Popmama.com/Cindini Febriani

Ogawa Roll adalah sushi roll yang terinspirasi dari masakan khas Okinawa.

Roll ini biasanya berisi ikan segar seperti tuna atau salmon, disertai dengan sayuran lokal seperti goya (pare) dan umibudo (anggur laut).

Ogawa Roll menggabungkan rasa segar dan unik dari bahan-bahan lokal Okinawa dengan nasi sushi yang lembut, menciptakan perpaduan rasa yang harmonis.

Ogawa Roll biasanya dilapisi dengan nori (rumput laut kering) dan nasi sushi yang lembut, kemudian diisi dengan campuran ikan segar, sayuran, dan sering kali ditambahkan sedikit wasabi atau saus soyu (kecap asin Jepang) untuk memberikan sedikit tendangan rasa.

Rasa segar dari ikan dan tekstur unik dari sayuran lokal menciptakan pengalaman kuliner yang berbeda dan menggugah selera.

7. Okinawa ramen

Popmama.com/Cindini Febriani

Untuk menu terakhir memang bukan bagian dari sushi, namun okinawa ramen adalah hidangan yang wajib dicoba karena menu ini juga terinspirasi dari kepulauan Okinawa.

Ramen ini menggunakan bahan-bahan lokal yang tentunya sebagai varian terbaru, serta kuah kaldu yang kaya dan beraroma.

Mi yang digunakan dalam okinawa ramen juga lebih tebal dan kenyal, memberikan pengalaman makan yang berbeda dari ramen Jepang pada umumnya.

Nah, itulah tujuh rekomendasi menu sushi yang terinspirasi dari pulau Okinawa di Jepang. Apakh kamu tertarik untuk mencoba?

Baca juga: 

The Latest