TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Kelompok Orang yang Tidak Boleh Minum Bunga Telang, Ada Ibu Hamil

Bagi sebagian orang bunga telang berbahaya!

Freepik/jcomp

Butterfly pea atau bunga telang merupakan salah satu tanaman yang dikenal untuk pembuatan minuman herbal. Minuman ini memiliki bebeapa manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat. 

Melansir Healthline, bunga telang kaya akan antioksidan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti penururnan berat badan, pengendalian gula darah, serta kesehatan rambut dan kulit. 

Bunga ini sering digunakan dalam kosmetik hingga teh herbal. Bunga telang adalah bahan yang terkenal dengan rona birunya yang cemerlang. 

Secara khusus, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga telang dapat membantu memastikan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan penurunan berat badan, dan menurunkan kadar gula darah.

Bunga telang seringkali diseduh menjadi teh herbal dan dicampur dengan bahan-bahan seperti serai, madu, dan lemon. 

Ahli gizi umumnya menganggap bunga telang aman bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, terdapat beberapa kelompok yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bunga telang karena efek sampingnya.

Lantas, siapa saja yang tidak dianjurkan mengonsusi bunga telang? Berikut Popmama.com telah merangkum kelompok orang yang tidak boleh minum bunga telang

Simak berikut ini ya, Ma! 

1. Perempuan yang sedang menstruasi

Pexels/Andrea Piacquadio

Sama dengan teh herbal lainnya, jika meminum terlalu banyak atau terlalu pekat dapat menyebabkan efek samping yang tidak di inginkan. 

Dikutip dari Vinmec, perempuan yang sedang dalam siklus menstruasi sebaiknya tidak minum bunga telang, karena dikhawatirkan bisa meningkatkan sirkulasi darah yang dapat memengaruhi menstruasi. 

2. Penderita darah rendah

Pexels/Karolina Grabowska

Penderita darah rendah sebaiknya tidak mengonsumsi teh bunga telang. Pasalnya minuman ini dapat menyebabkan penurunan darah, sehingga penderita darah rendah dikhawatirkan dapat mengalami tensi drop.

3. Ibu hamil

Pexels/Leah Kelley

Ibu hamil sebaiknya tidak meminum teh bunga telang karena bahan aktif di dalam teh dapat merangsang rahim dan dikhawatirkan akan mengalami kontraksi kuat sehingga berdampak pada janin. 

Maka dari itu jika Mama sedang mengandung, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi minuman ini. 

4. Ibu menyusui

Pexels/Wendy Wei

Selain ibu hamil, ibu menyusui juga harus berhati-hati saat mengonsumsi bunga telang. Ada baiknya jika Mama konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kandungan bunga telang yang dapat memengaruhi si Kecil.

5. Anak-anak

Pexels/cottonbro studio

Anak-anak juga tidak dianjurkan untuk meminum bunga telang, terutama pada bagian teh yang terdapat bijinya.

Hal ini karena memiliki efek samping yang menyebabkan mual, muntah, dan diare pada anak-anak. 

6. Orang yang minum obat pengencer darah

Pexels/Jeeshoots

Orang yang meminum obat antikogulan atau pengencer darah dianjurkan untuk tidak mengonsumsi bunga telang. Obat itu berfungsi untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah, terutama pada penderita penyakit jantung. 

Hubungan kandungan bunga telang dan obat tersebut dapat memengaruhi efektivitas obat dan bersampak pada tubuh.

7. Penderita alergi

Freepik/freepik

Dilansir dari Greatist, seperti pada tanaman lainnya, selalu ada kemungkinan reaksi alergi. 

Jika kamu memiliki riwayat alergi nabati, sebaiknya hindari mengonsumsi bunga telang. Penderita alergi berisiko mengalami gatal-gatal, bentol dikulit, sampai sesak napas. 

8. Penderita gangguan pencernaan

exels/Sora Shimazaki

Mengutip laman Medical Harpan Media House, penderita gangguan pencernaan harus berhati-hati mengonsumsi bunga telang. 

Efek samping bunga telang dapat menyebabkan sakit perut, mual, bahkan diare. 

9. Pasien operasi

Pexels/Andrea Piacquadio

Pasien yang akan atau baru menjalankan operasi pada umumnya dianjurkan untuk diet dengan menu yang diatur oleh tenaga kesehatan. 

Pasien operasi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bunga telang karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan berisiko pendarahan pascaoperasi. 

10. Orang yang sedang menjalani pengobatan

Pexels/Mart Production

Orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi bunga telang selanjutnya adalah orang yang sedang menjalani pengobatan dengan meminum obat. 

Sebaiknya, kamu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kandungan bunga telang tidak berbahaya bagi pengobatan dan tidak membuat kinerja obat menjadi kurang efektif. 

Nah itu dia informasi mengenai kelompok orang yang tidak boleh minum bunga telang. Semoga bermanfaat! 

Baca juga:

The Latest